Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Editor - Tourism worker until 2010; Digipreneur since 2010

you can contact me at bolafanatik(at)Gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Raket Pilihan

Aldila Sutjiadi Jaga Asa Juara Indonesia di Dua Nomor Tenis Asian Games

27 September 2023   22:52 Diperbarui: 28 September 2023   07:27 459
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Aldila Sutjiadi yang sekarang menempati ranking 29 ganda WTA, memperlihatkan kualitas hebatnya sebagai petenis elit dunia dalam ajang Asian Games Hangzhou 2023.

Aldila Sutjiadi jaga asa juara Indonesia di dua nomor tenis Asian Games di Hangzhou.

Bersama Christopher Rungkat berstatus sebagai juara bertahan ganda campuran, Aldila Sutjiadi lolos ke perempat final usai mengatasi perlawanan sengit pasangan dari Thailand, Pruchya Isaro/Peangtarn Plipuech.

Christo dan Dila menang mutlak 6-2 di set pertama. Namun, Pruchya dan Peangtarn mampu merebut set kedua dengan skor 7-5.

Untunglah Rungkat/Sutjiadi berhasil memenangkan super tie break di set ketiga yang berujung dengan skor 10-5.

Christopher Rungkat/Aldila Sutjiadi di babak delapan besar akan menghadapi duet dari Chinese Taipei, Hsu Yu-hsiou/Chan Hao-ching

Chan Hao-ching adalah peraih medali perak ganda campuran Asian Games 2014 yang kini tempati ranking 24 ganda WTA. 

Dua pekan lalu Aldila Sutjiadi mengalahkan Chan Hao-ching di babak pertama ganda putri San Diego Open.

Hsu Yu-hsiou sedang menjalani debut di Asian Games. Dia adalah petenis putra Chinese Taipei terbaik saat ini yang berperingkat 183 tunggal dan 234 ganda ATP. 

Prestasi Hsu Yu-hsiou sedang bagus. Dia sebulan lalu untuk pertama kalinya menang pada pertandingan babak utama Grand Slam di turnamen US Open.

Di nomor ganda putri, Aldila Sutjiadi/dan pasangannya Janice Tjen memastikan dapat medali Asian Games Hangzhou, setelah berhasil lolos ke semifinal.

Janice Tjen dan Aldila Sutjiadi/sumber foto: Berita Tenis Indonesia- - Dharu Kusuma Hady
Janice Tjen dan Aldila Sutjiadi/sumber foto: Berita Tenis Indonesia- - Dharu Kusuma Hady

Aldila dan Janice di perempat final menang straight set 6-2, 6-3, atas ganda Korea Selatan, Park So-hyun/Ku Yeon-woo.

Setelah dua dekade lebih lamanya, akhirnya ada lagi ganda putri Indonesia yang meraih medali Asian Games.

Wynne Prakusya/Angelique Widjaja petenis ganda putri Indonesia terakhir yang meraih medali Asian Games pada tahun 2002.

Lawan berat menanti Aldila Sutjiadi/Janice Tjen di semifinal, yaitu pasangan unggulan kedua, Chan Hao-ching/Latisha Chan. 

Aldila Sutjiadi sudah beberapa kali mengalahkan Chan Hao-ching maupun Latisha Chan di turnamen WTA Tour.

Namun, Janice Tjen masih minim pengalaman menghadapi petenis elit dunia.  

Janice setahun lalu pernah sekali menghadapi pemain level dunia asal Meksiko, Giuliana Olmos yang merupakan pasangan Chan Hao-ching di beberapa turnamen WTA tahun ini.

Latisha Chan pada masa jayanya pernah berada di ranking 1 dunia ganda. Latisha yang pernah empat kali juara ganda Grand Slam, kini ranking 34 ganda WTA.

Di nomor tunggal putri, rising star Filipina, Alex Eala, lolos ke semifinal usai menyingkirkan Kyoka Okamura.

Alex Eala di semifinal menantang pemain tuan rumah unggulan pertama ranking 23 dunia WTA, Zheng Qinwen.

Alex Eala/foto: Rappler com
Alex Eala/foto: Rappler com

Semifinal tunggal putri lainnya mempertemukan unggulan kedua asal China, Zhu Lin, dengan unggulan 6 dari Jepang, Haruka Kaji.

Sedangkan empat pemain tunggal putra yang lolos ke semifinal berasal dari negara berbeda. Yaitu, Zheng Zhizhen (China), Khumoyun Sultanov (Uzbekistan), Yosuke Watanuki (Jepang), Hong Seong-chan (Korea Selatan).

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Raket Selengkapnya
Lihat Raket Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun