Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Musisi - Bytedance Sport Contributor

Olynpics Paris and Grand Slam US Open 2024 will be my last article series. Ready to finish in a month.

Selanjutnya

Tutup

Raket Pilihan

Pemain Indonesia Siap Rebut Tiga Gelar Juara Hong Kong Open Mengulangi Prestasi 30 Tahun Silam

16 September 2023   20:30 Diperbarui: 17 September 2023   00:32 413
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Jonatan Christie/foto: bwfbadminton.com

Pebulutangkis Indonesia berpeluang merebut tiga gelar juara Hong Kong Open, mengulangi prestasi 30 tahun silam 

Tiga wakil Indonesia yang siap merebut gelar juara Hong Kong Open 2023 adalah Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Jonatan Christie, serta Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Wakil Indonesia akan mengulangi kembali prestasi gemilang 30 tahun silam di Hong Kong Open, apabila Jonatan Christie,Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, serta Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadanthi, mampu memenangkan pertandingan final melawan pemain dari negara lain.

30 tahun lalu Indonesia menjadi juara umum turnamen badminton Hong Kong Open setelah merebut tiga gelar juara.

Podium juara tunggal putra Hong Kong Open 1993 direbut Indonesia melalui Hermawan Sutanto yang di final mengalahkan pemain Denmark, Thomas Stuer Lauridsen.

Hermawan Sutanto dan Thomas Stuer Lauridsen adalah peraih medali perunggu Olimpiade 1992 di Barcelona.

Peraih medali Olimpiade 1992 badminton tunggal putra, Ardy BW-Alan Budikusuma-Thomas Stuer Lauridsen-Hermawan Sutanto/foto: KOMPAS-  Kartono Ryadi
Peraih medali Olimpiade 1992 badminton tunggal putra, Ardy BW-Alan Budikusuma-Thomas Stuer Lauridsen-Hermawan Sutanto/foto: KOMPAS-  Kartono Ryadi

Indonesia menambah gelar juara Hong Kong Open 1993 lewat pasangan Denny Kantono/Antonius Ariantho yang mengalahkan wakil Thailand, Sakrapee Thongsari/Pramote Teerawiwatana.

Denny Kantono/Kantono kelak merebut medali perunggu Olimpiade 1986 di Atalanta, dan menjadi juara Asia tahun 1997. 

All Indonesian final di ganda campuran Hong Kong Open 1993 dimenangkan oleh duet Rudy Gunawan/Rosiana Tendean yang unggul atas Aryono Miranat/Rosalina Riseu.

Prestasi Rudy Gunawan/Rosiana Tendean saat itu memang sedang bagus-bagusnya. Mereka baru saja tiga tahun berturut-turut merebut juara Piala Dunia.

Indonesia sebenarnya berpeluang raih empat gelar juara di Hong Kong Open 1993. Namun ganda putri Indonesia, Eliza Nathanael/Zelin Resiana, di final kalah oleh wakil China, Wu Yuhong/Chen Ying

Tiga Wakil Indonesia Siap Ulangi Sejarah Gemilang di Hong Kong Open 

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin lolos ke final Hong Kong Open usai menaklukkan juara Olimpiade asal Taiwan, Lee Yang/Wang Chi Lin, 

Leo/Daniel menang dalam pertandingan selama 51 menit yang berkesudahan dengan skor 13-21, 21-8, 21-13.

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin akan menjalani pertandingan final ketiga di tahun 2023. 

Sebelumnya Leo/Daniel sukses juara di Indonesia Masters dan Thailand Masters 2023.

Daniel Marthin dan Leo Rolly Carnando/foto: bwfbadminton.com
Daniel Marthin dan Leo Rolly Carnando/foto: bwfbadminton.com

Pada pertandingan final nanti, Leo/Daniel akan berhadapan dengan runner up Kejuaraan Dunia 2023 asal Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen.

Rekor pertemuan saat ini, Astrup/Rasmussen unggul tipis 3-2 atas Leo Rolly Carnando/Daniel Martin.

Astrup/Rasmussen membatalkan terjadinya all Indonesian final di sektor ganda putra, setelah memenangkan duel rubber set 24-22, 19-21, 21-11, melawan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Anders Skaarup Rasmussen dan Kim Astrup/foto: bwfbadminton.com
Anders Skaarup Rasmussen dan Kim Astrup/foto: bwfbadminton.com

Jonatan Christie lolos ke final Hong Kong setelah berjuang susah payah mengatasi perlawanan sengit dari pemain Malaysia, Ng Tze Yong. 

Jojo yang kecolongan di set kedua setelah sempat match point, akhirnya menang rubber set 21-19, 21-23, 21-13, dalam durasi waktu pertandingan selama 83 menit.

Jonatan Christie/foto: bwfbadminton.com
Jonatan Christie/foto: bwfbadminton.com

Menjadi final ketiga bagi Jonatan Christie di tahun 2023 setelah ajang Indonesia Masters dan Japan Open.

Pemain Jepang, Kenta Nishimoto, lawan yang akan dihadapi oleh Jojo di final Hong Kong Open. 

Kenta Nishimoto mencegah terjadinya all Indonesian final setelah menaklukkan Anthony Ginting secara straight set 21-13, 21-15.

Kenta Nishimoto/foto: Kompas.com
Kenta Nishimoto/foto: Kompas.com

Kenta Nishimoto unggul tipis 8-7 dalam pertemuan melawan Jonatan Christie. Tiga duel terakhir dimenangkan oleh Nishimoto.

Apriyani Rahayu dan Siti Fadia Silva Ramadhanti menjaga tren positif prestasi mereka belakangan ini, lolos ke final Hong Kong Open setelah unggul 21-16, 23-22, atas Maiken Fruergaard/Sara Thygesen.

Apriyani Rahayu dan Siti Fadia Silva Ramadhanti/foto: PBSI
Apriyani Rahayu dan Siti Fadia Silva Ramadhanti/foto: PBSI

Apriyani/Siti di pertandingan final menghadapi ganda putri Malaysia, Pearly Tan/Thinaah Muralitharan. Head to head kedua pasangan seimbang 2-2.

Pearly/Thinaah tampil apik di semifinal mengalahkan Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard, dengan skor 21-13, 21-18.

Duet Pemain Tuan Rumah Siap Cetak Sejarah

Duet Tang Chun Man/Tse Ying Tsuet, butuh satu kemenangan lagi untuk mencetak sejarah sebagai ganda campuran tuan rumah pertama yang merebut juara Hong Kong Open.

Tang Chun Man/Tse Ying Tsuet lolos ke final Hong Kong Open 2023 usai menang straight set 21-12, 21-12,  atas ganda Malaysia, Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie.

Di final nanti Tang/Tse akan menghadapi pasangan dari China, Guo Xinwa/Wei Yaxin yang di babak empat besar mengalahkan Hiroki Midorikawa/Natsu Saito.

Tang Chun Man dan Tse Ying Tsuet/foto: bwfbadminton.com
Tang Chun Man dan Tse Ying Tsuet/foto: bwfbadminton.com

Sepanjang sejarah penyelenggaraan turnamen badminton Hong Kong Open, hanya tiga pemain tuan rumah yang pernah menjadi juara. 

Pemain putri Wang Chen, wakil Hong Kong pertama yang juara turnamen ini di tahun 2008. 

Dua gelar juara pemain tuan rumah lainnya direbut pemain tunggal putra, Ng Ka Long Angus pada tahun 2016, dan Lee Cheuk Yiu pada tahun 2019. 

Sementara itu, final tunggal putri Hong Kong Open 2023 mempertahankan unggulan pertama asal Jepang, Akane Yamaguchi, dengan pemain non unggulan dari China, Zhang Yiman.

Akane Yamaguchi lolos ke final setelah menjalani pertandingan berat kontra wakil Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung.

Akane Yamaguchi/foto: bwfbadminton.com
Akane Yamaguchi/foto: bwfbadminton.com

Akane butuh waktu 70 menit untuk menang 21-17, 23-25, 21-18, atas Gregoria. 

Sedangkan Zhang Yiman di semifinal unggul straight set 21-14, 21-11, atas pemain Malaysia, Goh Jin Wei.

Akane Yamaguchi favorit juara Hong Kong Open karena dalam tiga pertemuan sebelumnya selalu unggul atas Zhang Yiman.

Akane Yamaguchi di tahun 2023 telah memenangkan empat gelar juara di Malaysia Open, German Open, Malaysia Masters, dan Canada Open.

Zhang Yiman sudah meraih dua gelar juara pada tahun 2023, di turnamen Thailand Masters dan World University Games.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Raket Selengkapnya
Lihat Raket Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun