Turnamen Grand Slam US Open dipastikan punya juara baru tunggal putri, setelah juara bertahan Iga Swiatek takluk di babak 16 besar.
Iga Swiatek yang merupakan unggulan pertama, kalah dalam pertarungan rubber set melawan unggulan 20, Jelena Ostapenko.
Iga Swiatek  memenangkan set pertama dengan skor 6-3. Yang menarik, jumlah 10 pukulan winner Ostapenko di set pertama jauh lebih banyak dibandingkan hanya 4 winner dari Swiatek.Â
Jelena Ostapenko sang juara Grand Slam French Open 2017 yang terkenal dengan pukulan keras forehand, semakin agresif di set kedua dan ketiga.
Ostapenko di dua set berikutnya sukses melancarkan 14 pukulan winner. Dia juga dua kali break point pada set kedua, dan empat kali mematahkan serve Swiatek di set ketiga.
Ostapenko menang telak 6-3, 6-1 di set kedua dan ketiga, dan memastikan lolos ke perempat US Open 2023. Lolos ke perempat final adalah prestasi terbaik Ostapenko di ajang US Open.
video highlight Ostapenko versus Swiatek di babak keempat US Open 2023/sumber: USOpen.org
Jelena Ostapenko melanjutkan dominasinya kepada Iga Swiatek selalu menang dalam empat pertemuan.
Gagal mempertahankan gelar juara US Open membuat Iga Swiatek tergeser dari ranking 1 dunia tunggal WTA pada pekan depan.Â
Aryna Sabalenka yang akan menggantikan Swiatek di posisi ranking 1 Sabalenka baru besok akan tampil di babak 16 besar US Open melawan Daria Kasatkina.
Jelena Ostapenko di perempat final berhadapan dengan petenis favorit tuan rumah yang ditempatkan sebagai unggulan 6, Coco Gauff.
Coco Gauff berhasil melewati pertandingan sulit melawan petenis kawakan mantan ranking 1 dunia, Caroline Wozniacki.
Wozniacki sempat unggul 2-0 di awal set pertama, namun Coco Gauff mampu bangkit setelahnya, melakukan 10 winner dan 3 Ace.Â
Coco Gauff dua kali mematahkan serve Wozniacki di game 4 dan 8, sehingga menang 6-3 pada set pertama.
Set kedua berhasil direbut oleh Wozniacki dengan keunggulan 6-3, setelah mematahkan serve Coco Gauff di game 8.
Pada game pertama set ketiga, Coco Gauff yang memegang serve banyak melakukan unforce error, sehingga Wozniacki break point, unggul 1-0.
video highlight Coco Gauff  versus Wozniacki di babak keempat US Open 2023/sumber: USOpen.org
Namun setelahnya stamina Wozniacki kedodoran. Coco Gauff mampu memanfaatkan kondisi tersebut dengan tiga kali mematahkan serve Wozniacki di game 2, 4, dan 6, sehingga menang mutlak 6-1 pada set ketiga.
Dua slot perempat final tunggal putri US Open 2023 lainnya diisi oleh unggulan 10 Karolina Muchova, dan unggulan 30 Sorana Cirstea.
Karolina Muchova, runner up French Open 2/23, sempat kesulitan untuk mengalahkan pemain China, Wang Xinyu.
Muchova menang rubber set 6-3, 5-7, 6-1, atas Xinyu, dan akan berduel dengan Sorana Cirstea di perempat final.
Sorana Cirstea untuk pertama kali dalam kariernya lolos ke perempat final US Open usai menang 6-3, 6-3, atas unggulan 15 Belinda Bencic.
Trio Tunggal Putra USA Tembus 8 BesarÂ
Di nomor tunggal putra, untuk pertama kalinya sejak 2005 ada tiga petenis tuan rumah USA yang lolos bersamaan ke perempat final.
Frances Tiafoe, Ben Shelton, Taylor Fritz, trio tunggal putra tuan rumah yang ke perempat final US Open tahun ini.Â
Mengulangi kisah 18 tahun silam ketika Andre Agassi, James Blake, dan Robby Ginepri melaju ke 8 besar US OpenÂ
Tiafoe yang merupakan unggulan 10, melaju ke perempat final usai menang 6-4, 6-1, 6-4, atas petenis Australia, Rinky Hijikata.
Frances Tiafoe selanjutnya akan berduel dengan rekan sejawatnya Ben Shelton.
Ben Shelton tembus perempat final usai mengalahkan sesama petenis USA, unggulan 14 Tommy Paul. Duel empat set dimenangkan oleh Ben Shelton dengan skor 6-4, 6-3, 4-6, 6-4.
Taylor Fritz melangkah ke perempat final usai menang 7-6 (7-2), 6-4, 6-4, atas Dominic Stricker.
Petenis legendaris Novak Djokovic yang akan menjadi lawan buat Taylor Fritz di babak delapan besar.
Djokovic yang sedang berburu gelar juara Grand Slam ke-24, di babak keempat menang 6-2, 7-5, 6-4, atas Borna Gojo.
video highlight Djokovic versus Gojo di babak keempat US Open 2023/ sumber: usopen.org
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H