Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Musisi - Bytedance Sport Contributor

Olynpics Paris and Grand Slam US Open 2024 will be my last article series. Ready to finish in a month.

Selanjutnya

Tutup

Raket Pilihan

Aldila Sutjiadi Tembus Babak Kedua US Open 2023, Samai Rekor Kemenangan Yayuk Basuki di 4 Grand Slam

31 Agustus 2023   01:24 Diperbarui: 31 Agustus 2023   11:37 803
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Miyu Kato dan Aldila Sutjiadi ketika juara di Tennis in The Land/foto: wtatennis.com

Mengawali kiprah di court 15 USTA Billie Jean King National Tennis Center, Aldila Sutjiadi dan rekan duetnya Miyu Kato tembus babak kedua ganda putri US Open 2023.

Aldila Sutjiadi/Miyu Kato tampil apik raih kemenangan straight set 7-5, 6-2, atas lawannya Ekaterina Alexandrova/Aliaksandra Sasnovich.

Aldila dan Miyu menyamai prestasi setahun lalu, menembus babak kedua US Open. 

Pada babak pertama US Open 2022, Aldila/Miyu menang atas duet petenis mantan ranking satu dunia, Latisha Chan/Samantha Stosur.

Sukses mengalahkan Alexandrova/Sasnovich, sekaligus meneruskan prestasi gemilang Aldila Sutjiadi/Miyu Kato di tahun 2023 yang selalu menang dalam pertandingan babak pertama empat turnamen Grand Slam.

Miyu Kato dan Aldila Sutjiadi ketika juara di Tennis in The Land/foto: wtatennis.com
Miyu Kato dan Aldila Sutjiadi ketika juara di Tennis in The Land/foto: wtatennis.com

Aldila/Miyu sebelumnya lolos hingga babak ketiga ganda putri Grand Slam Australian Open, French Open, dan Wimbledon.

Aldila Sutjiadi secara khusus samai rekor kemenangan Yayuk Basuki di era 1990an. Rekor selalu menang pada babak pertama empat turnamen Grand Slam di tahun yang sama.

Prestasi Yayuk Basuki bahkan lebih fenomenal. Petenis legendaris Indonesia asal Jogja tersebut pernah tak pernah kalah di babak pertama nomor ganda putri empat turnamen Grand Slam selama tiga tahun berturut-turut, pada 1996, 1997, dan 1998.

Yayuk Basuki di Wimbledon 1996/foto: AFP
Yayuk Basuki di Wimbledon 1996/foto: AFP

Pada babak kedua nanti, Aldila Sutjiadi dan Miyu Kato akan berhadapan dengan pemenang pertandingan Emma Navarro/Peyton Stearn versus Anna Danilina/Heather Watson yang digelar besok.

Sekilas Pertandingan Babak Pertama Ganda Putri US Open 2023 yang Dimenangkan Aldila Sutjiadi 

Set pertama berlangsung ketat. Kedua pasangan berhasil mengamankan poin saat memegang servis hingga game 11, dalam posisi Aldila/Miyu unggul 6-5.

Aliaksandra Sasnovich yang memegang servis pada game 12, dan sempat unggul poin 30-0.

Setelahnya Aldila Sutjiadi dan Miyu Kato berhasil merebut empat poin beruntun, sehingga sukses mematahkan servis Sasnovich. Merebut game 12 dan memenangkan set pertama dengan skor 7-5.

Memasuki set kedua, Aldila dan Miyu tampil lebih agresif. Keduanya berhasil mematahkan servis Alexandrova di game kedua. Dilanjutkan dengan servis Kato meraih poin sehingga unggul skor 3-0.

Keempat pemain sukses mengamankan poin saat pegang servis di enam game berikutnya. Sehingga Aldila Sutjiadi dan Miyu Kato sukses memenangkan set kedua dengan skor 6-3.

Aldila Sutjiadi dan Miyu Kato membuat 23 pukulan winners sepanjang pertandingan, sedangkan lawan hanya 17. 

statistik pertandingan Aldila Sutjiadi di babak pertama ganda putri US Open 2023/sumber: usopen.org
statistik pertandingan Aldila Sutjiadi di babak pertama ganda putri US Open 2023/sumber: usopen.org

Alexandrova/Sasnovich membuat 23 unforced errors sedangkan Dila dan Miyu hanya 15 kali melakukannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Raket Selengkapnya
Lihat Raket Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun