Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Musisi - Bytedance Sport Contributor

Olynpics Paris and Grand Slam US Open 2024 will be my last article series. Ready to finish in a month.

Selanjutnya

Tutup

Raket Pilihan

Rekap US Open 2023 Hari Pertama: Novak Djokovic Rebut Ranking 1 Dunia, 9 Pemain Unggulan Tumbang

29 Agustus 2023   13:37 Diperbarui: 29 Agustus 2023   15:17 660
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Zhang Zhizhen/foto: usopen.org

Pemain favorit juara semuanya menang pada hari pertama Grand Slam US Open 2023, namun ada 9 pemain unggulan yang tumbang.

Novak Djokovic melaju ke babak kedua, usai menang mudah 6-0, 6-2, 6-3, atas Alexandre Muller di lapangan Arthur Ashe Stadium.

Djokovic yang pernah tiga kali memenangkan titel juara US Open, berhasil merebut kembali posisi ranking 1 dunia yang diduduki Carlos Alcaraz.

Novak Djokovic yang sedang berjuang meraih gelar juara Grand Slam ke-24, di babak kedua berhadapan dengan Bernabe Zapata Miralles yang menyingkirkan pemain tuan rumah USA, Ethan Quinn.

Pemain favorit juara tunggal putra lainnya yang berhasil melewati babak pertama US Open 2023 adalah unggulan 5,  Casper Ruud.

Casper Ruud/foto: usopen.org
Casper Ruud/foto: usopen.org

Casper Ruud, runner up US Open 2022, mendapat perlawanan sengit dari Emilio Nava. Pertandingan selama empat set berakhir dengan skor 7-6 (7-5), 3-6, 6-4, 7-6 (7-5).

Di babak kedua nanti Casper Ruud akan menghadapi petenis China, Zhang Zhizhen, yang menyingkirkan JJ Wolf dalam duel seru lima set 7-5, 7-5, 6-7 (5-7), 4-6, 6-3.

Zhang Zhizhen untuk pertama kalinya menembus babak kedua US Open. 

Zhang Zhizhen/foto: usopen.org
Zhang Zhizhen/foto: usopen.org

Pemain tunggal putra lainnya yang untuk pertama kali melaju ke babak 2 US Open adalah Francisco Cerundolo, Rinky Hijikata, Sebastian Ofner, Roman Safiullin, Ben Shelton, Dominic Stricker,Jakub Mensik, Juan Pablo Varillas, Borna Gojo, Hugo Gaston, Fabian Marozsan, Titouan Droguet, dan Juan Manuel Cerundolo.

Dominic Thiem, juara US Open 2020 yang sedang berusaha bangkit dari keterpurukan, melewati babak pertama US Open 2023 dengan kemenangan meyakinkan 6-3, 6-2, 6-4, atas unggulan 25 Alexander Bublik.

Thiem terharu berurai air mata seusai memastikan menang melawan Bublik. Maklum, Thiem yang kariernya sudah lama terpuruk, terakhir kali menang pertandingan Grand Slam di Australian Open bulan Januari 2021.

Selain Alexander Bublik, ada empat pemain unggulan putra lainnya yang tersisih cepat di babak pertama US Open 2023. Yaitu unggulan 4 Holger Rune, unggulan 15 Felix Auger-Aliassime, unggulan 31 Sebastian Korda, dan petenis unggulan 18 Lorenzo Musetti. 

Di nomor tunggal putri ada empat petenis unggulan yang langsung tersingkir di pertandingan pertama US Open 2023. Yakni unggulan 8 Maria Sakkari, unggulan 16 Veronika Kudermetova, unggulan 28 Anhelina Kalinina, dan unggulan 29 Elisabetta Cocciaretto.

Juara bertahan Iga Swiatek melaju mulus ke babak kedua, usai menang telak 6-0, 6-1, atas Rebecca Peterson.

Iga Swiatek/foto: usopen.org
Iga Swiatek/foto: usopen.org

Swiatek di babak selanjutnya ditantang oleh petenis Australia, Daria Saville, yang menyisihkan pemain tuan rumah Clervie Ngounoue.

Petenis putri mantan ranking 1 dunia Caroline Wozniacki, menandai comeback main di Grand Slam dengan kemenangan di babak pertama US Open.

Caroline Wozniacki/foto: usopen.org
Caroline Wozniacki/foto: usopen.org

Caroline Wozniacki sukses melewati babak pertama US Open 2023 dengan kemenangan 6-3, 6-2, atas Tatiana Prozorova.

Wozniacki finalis US Open 2009 dan 2014, sempat tiga tahun lebih berhenti main tenis karena melahirkan dan membesarkan anak. 

Petenis putri Denmark tersebut terakhir kali main di ajang Grand Slam pada ajang Australian Open 2020. 

Wozniacki di babak kedua jumpa dengan pemegang dua titel juara Wimbledon asal Ceko, Petra Kvitova. Pada babak pertama Kvitova menang 6-1, 7-6 (7-5) menghadapi Cristina Bucsa.

Coco Gauff, petenis putri tuan rumah yang difavoritkan juara, melewati babak pertama dengan susah payah. Coco Gauff berjuang rubber set 3-6, 6-2, 6-4, untuk mengalahkan pemain dari kualifikasi , Laura Siegemund.

Coco Gauff/foto: usopen.org
Coco Gauff/foto: usopen.org

Coco Gauff di babak kedua berjumpa pemain bintang remaja asal Rusia, Mirra Andreeva.

Mirra Andreeva melewati debutnya di US Open dengan kemenangan 1-6, 6-3, 6-4, atas Olivia Gadecki.

Selain Mirra Andreeva, petenis tunggal putri lainnya yang sukses melaju ke babak 2 US Open untuk pertama kalinya adalah Elina Avasneyan, Yuriko Miyazaki, Magdalena Frech, dan Wang Xinyu. 

Petenis Tunggal Putra yang Lolos ke Babak 64 Besar French Open (28/5/8023)

  • 1. Casper Ruud (5- Norwegia)
  • 2. Zhang Zhizhen (China)
  • 3. Rinky Hijikata (Australia)
  • 4. Marton Fucsovics (Hungaria)
  • 5. Adrian Mannarino (Prancis)
  • 6. Fabian Marozsan (Hungaria)
  • 7. Sebastian Ofner (Austria)
  • 8. Frances Tiafoe (10- USA)
  • 9. Tommy Paul (14- USA)
  • 10. Roman Safiullin (Rusia)
  • 11. Juan Manuel Cerundolo (Argentina)
  • 12. Alejandro Davidovich Fokina (21- Spanyol) 
  • 13. Dominic Thiem (Austria)
  • 14. Ben Shelton (USA)
  • 15. Aslan Karatsev (Rusia)
  • 16. Roberto Carballes Baena (Spanyol)
  • 17. Stefanos Tsitsipas (7- Yunani)
  • 18. Dominic Stricker (Austria)
  • 19. Benjamin Bonzi (Prancis)
  • 20. Christopher Eubanks (28- USA)
  • 21. Titouan Droguet (Prancis)
  • 22. Jakub Mensik (Ceko)
  • 23. Juan Pablo Varillas (Peru)
  • 24. Taylor Fritz (9- USA)
  • 25. Mackenzie McDonald (USA)
  • 26. Borna Gojo (Kroasia)
  • 27. Jiri Vesely (Ceko)
  • 28. Francisco Cerundolo (20- Argentina)
  • 29. Laslo Djere (32- Serbia)
  • 30. Hugo Gaston (Prancis)
  • 31. Bernabe Zapata Miralles (Spanyol)
  • 32. Novak Djokovic (2- Serbia)

Mirra Andreeva/foto: wtatennis com
Mirra Andreeva/foto: wtatennis com

Petenis Tunggal Putri yang Lolos ke Babak 64 Besar French Open (28/8/2023)

  • 1. Iga Swiatek (1- Polandia)
  • 2. Daria Saville (Australia)
  • 3. Lauren Davis (USA)
  • 4. Kaja Juvan (Slovenia)
  • 5. Jelena Ostapenko (20- Latvia)
  • 6. Elina Avanesyan (Rusia)
  • 7. Wang Xiyu (China)
  • 8. Bernarda Pera (USA)
  • 9. Petra Kvitova (11-Ceko)
  • 10. Caroline Wozniacki (Denmark)
  • 11. Jennifer Brady (USA)
  • 12. Magda Linette (24- Polandia)
  • 13. Elise Mertens (32- Belgia)
  • 14. Danielle Collins (USA)
  • 15. Mirra Andreeva (Rusia)
  • 16. Coco Gauff (6- USA)
  • 17. Elena Rybakina (4- Kazakhstan)
  • 18. Ajla Tomljanovic (Australia)
  • 19. Anna Kalinya (Rusia)
  • 20. Sorana Cirstea (30- Rumania)
  • 21. Victoria Azarenka (18- Belarus)
  • 22. Zhu Lin (China)
  • 23. Yuriko Miyazaki (Britania Raya)
  • 24. Belinda Bencic (15- Swiss)
  • 25. Karolina Muchova (10- Ceko)
  • 26. Magdalena Frech (Polandia)
  • 27. Taylor Townsend (USA)
  • 28. Beatriz Haddad Maia (19- Brasil)
  • 29. Sara Sorribes Tormo (Spanyol)
  • 30. Wang Xinyu (China)
  • 31. Anna Karolina Schmiedlova (Slovakia)
  • 32. Rebeka Masarova (Spanyol)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Raket Selengkapnya
Lihat Raket Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun