Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Musisi - Bytedance Sport Contributor

Olynpics Paris and Grand Slam US Open 2024 will be my last article series. Ready to finish in a month.

Selanjutnya

Tutup

Music Pilihan

Mengenang Nightbirde, Legenda America's Got Talent yang Tabah Melawan Kanker hingga Akhir

5 Agustus 2023   10:19 Diperbarui: 5 Agustus 2023   11:09 2284
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Nightbirde meninggal dunia di usia 31 tahun/foto: thesun co.uk

Sudah banyak penyanyi di ajang pencarian bakat America's Got Talent yang membawakan lagu karya sendiri saat audisi. Salah seorang peserta yang melakukan hal tersebut saat audisi adalah Putri Ariani.

Putri Ariani dalam audisi America's Got Talent musim 18 membawakan lagu ciptaannya berjudul "Loneliness". Lagu "Loneliness" kemudian menjadi hits populer di Indonesia. 

Rekaman momen Putri Ariani melakukan audisi, dan menerima hadiah Golden Buzzer dari juri Simon Cowell, menjadi salah satu video paling populer di channel YouTube resmi America's Got Talent. Videonya sudah dilihat 48,5 juta penonton.

Hanya ada satu penyanyi peserta audisi America's Got Talent yang popularitasnya melebihi Putri Ariani, yaitu Nightbirde.

Nightbirde adalah nama panggung dari penyanyi wanita bernama lengkap Jane Kristen Marczewski.

Nightbirde di atas panggung AGT/ sumber: NBCNightbirde tampil dalam sesi audisi America's Got Talent (AGT) musim 16 yang ditayangkan NBC pada tanggal 9 Juni 2021.

Fisik Nightbirde kurus dan ringkih saat tampil di atas panggung audisi America's Got Talent. Namun, senyuman dari wajahnya terlihat ramah menyenangkan, sehingga cepat disukai oleh penonton dan juga juri.

Juri Howie Mandel lalu bertanya kepada Nightbirde ingin melakukan aksi apa, dijawab mau menyanyikan lagu ciptaan sendiri berjudul "It's OK".

Nightbirde lalu berkata bahwa lagu "It's OK" adalah kisah kehidupannya dalam setahun belakangan. 

Howie lalu bertanya, apa pekerjaan Nightbirde? Dijawab oleh Nightbirde bahwa dirinya sudah tidak bisa bekerja selama beberapa tahun karena menderita penyakit kanker. 

Semua juri menyatakan simpati, dijawab Nightbirde dengan senyuman, "dirinya tidak apa-apa (It's OK)."

Nightbirde kemudian menjelaskan, dirinya kini berjuang menghadapi kanker yang menjangkiti paru-paru (lung), tulang belakang (spine), dan hati (liver), menjawab bagaimana kondisinya yang ditanyakan oleh Simon Cowell.

Jane 'Nightbirde' Marczewski lalu menyanyikan "It's OK" dengan merdu dan syahdu. Lagu yang liriknya sarat dengan kata-kata penghiburan ketika dilanda kesusahan.

Nightbirde memukau di panggung AGT/sumber: NBC
Nightbirde memukau di panggung AGT/sumber: NBC

"It's okay, it's okay, it's okay, it's okay. If you're lost, we're all a little lost and it's alright,"

Itulah penggalan reffrain lagu yang dinyanyikan Nightbirde.

Nyanyian indah yang dilantunkan Nightbirde membuat penonton di studio tertegun serta terkesima. 

Penonton dan juga juri yang terkesima bahkan sempat terdiam beberapa belas detik setelah Nightbirde menyelesaikan audisinya.

Semua juri dan juga penonton kemudahan memberikan standing applause, sehingga Nightbirde matanya berkaca-kaca karena terharu.

Keempat juri, Howie, Simon, Heidi Klum, dan Sofia Vergara, memberikan kata-kata pujian. Dan Nightbirde mengucapkan quote legendaris saat Simon Cowell memujinya, 

"You can't wait until life isn't hard anymore until you decide to be happy."

Quote yang bermakna, kita tidak boleh berhenti bahagia walau penderitaan menerpa hidup.

Simon Cowell yang kagum dengan ucapan Nightbirde, lalu memberikan hadiah istimewa Golden Buzzer. 

video audisi Nightbirde di America's Got Talent, sumber: NBC

Saat berada di backstage, Nightbirde kembali mengucapkan quote legendaris yang membuat host acara Terry Crews terharu,

"I have a 2 percent chance of survival, but 2 percent is not 0 percent,""Two percent is something, and I wish people knew how amazing it is."

(Saya hanya punya peluang hidup 2 persen, tapi 2 persen bukanlah nol. Dua persen peluang hidup adalah hal istimewa, semoga orang-orang paham ini adalah anugerah)

Simon Cowell, Nightbirde, Terry Crews foto bersama/sumber: thesun co.uk
Simon Cowell, Nightbirde, Terry Crews foto bersama/sumber: thesun co.uk

Ternyata itu adalah penampilan perdana sekaligus terakhir Nightbirde di panggung America's Got Talent. Dia urung tampil dalam sesi live show pada bulan Agustus 2021, karena kesehatannya memburuk.

Lagu "It's OK" kemudian menjadi viral, sempat menempati posisi pertama chart streaming terlaris di USA. Video audisi Nightbirde di channel resmi AGT hingga kini telah dilihat 61,2 juta penonton.

Nightbirde yang kesehatannya memburuk rajin menyapa penggemar dengan bernyanyi lewat siaran streaming. 

Kanker semakin ganas, membuat Nightbirde sempat menangis kesakitan dalam streaming terakhirnya. 

Tapi, dalam kesakitan yang melanda dia malah memberikan kata-kata penyemangat hidup kepada penonton streaming.

Nightbirde meninggal dunia di usia 31 tahun/foto: thesun co.uk
Nightbirde meninggal dunia di usia 31 tahun/foto: thesun co.uk

Nightbirde meninggal dunia pada tanggal 19 Februari 2022 pada usia 31 tahun, yang membuat publik Amerika bersedih. Simon Cowell juri AGT yang paling terpukul kehilangan sosok Nightbirde.

video terakhir Nightbirde melakukan streaming, sumber: TNZ

Semangat hidup Nightbirde yang melegenda, kelak jadi sumber inspirasi buat kumpulan penyanyi remaja di Afrika Selatan bernama Mzansi Youth Choir.

Mzansi Youth Choir dalam audisi AGT beberapa pekan lalu menyanyikan lagu "It's OK" karya Nightbirde dengan versi baru 

Mzansi Youth Choir menyanyikan lagu Nightbirde dihiasi dengan sentuhan tarian ala Afrika yang atraktif. 

Simon Cowell bertanya kenapa anak-anak muda dari Afrika Selatan tersebut membawakan lagu itu? 

Dijawab, bahwa sosok Nightbirde adalah inspirasi yang membuat kumpulan anak di Afrika termotivasi untuk tetap tegar dalam kesusahan.

Simon Cowell lantas terharu dan menangis mendengar jawaban tersebut. Terkenang memori kebersamaan dengan mendiang Nightbirde.

video audisi Mzansi Youth Choir di AGT, sumber: NBC

Mzansi Youth Choir kemudian mendapatkan hadiah Golden Buzzer dari penonton di studio AGT. 

Sementara itu keluarga mendiang Nightbirde membuat yayasan yang membantu orang-orang pengidap kanker. 

Yayasan kanker Nightbirde mendapatkan donasi dari para donatur, dan juga dari hasil royalti lagu-lagu Nightbirde yang dirilis sebelum dan sesudah mendiang tiada 

video klip lagu Fly yang dirilis setelah Nightbirde tiada, sumber: Nightbirde Music Channel 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun