Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Penulis - Digipreneur since 2010

you can contact me at bolafanatik(at)Gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Piala Dunia Sepak Bola Wanita: Nadeshiko Jepang Mengamuk, Inggris Nyaris Meringis

23 Juli 2023   04:21 Diperbarui: 23 Juli 2023   07:11 350
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemain timnas sepak bola wanita Jepang tampil impresif menghadapi Zambia/Foto: FIFA.com

Timnas wanita Jepang yang punya julukan Nadeshiko, mengamuk hadapi debutan Zambia dalam pertandingan grup C Piala Dunia Sepak Bola Wanita yang berlangsung di Waikato Stadium, Hamilton.

Nadeshiko Jepang yang pernah juara Piala Dunia di tahun 2011, tanpa ampun melibas Zambia dengan lima gol tanpa balas.

Pemain Jepang yang mengurung pertahanan Zambia sejak awal pertandingan, baru bisa membuat gol pertama pada menit 43. 

Hinato Miyazawa menjebol gawang Zambia usai menerima umpan silang datar terukur dari Aoba Fujino.

Nadeshiko membuat gol kedua pada menit 55 lewat sepakan Minami Tanaka yang menyelesaikan umpan silang datar terukur dari Jun Endo.

Hinato Miyazawa (no.7) merayakan gol bersama rekannya/Foto: FIFA.com
Hinato Miyazawa (no.7) merayakan gol bersama rekannya/Foto: FIFA.com

Memasuki menit 62, Hinato Miyazawa membuat gol keduanya di pertandingan ini, menuntaskan umpan silang mendatar dari Minami Tanaka.

Jepang membuat gol keempat di menit 71. Kali ini Jun Endo yang membobol gawang Zambia usai menerima umpan terobosan dari Yui Hasegawa.

Momen dramatis terjadi di pengujung babak kedua. Nadeshiko Jepang mendapatkan hadiah penalti usai Riko Euki dilanggar kiper Catherine Musonda.

Musonda terpaksa keluar dari lapangan karena menerima kartu kuning kedua dari wasit. Eksekusi penalti kemudian diambil oleh Riko Euki. Namun bisa ditepis kiper pengganti Zambia, Eunice Sakala.

Wasit Tess Olofsson memutuskan penalti untuk diulang, karena menilai Eunice Sakala tidak menginjak garis gawang ketika penalti dieksekusi. 

Riko Euki mengulang penalti, dan kali ini berhasil mengecoh Sakala Memastikan Jepang menang 5-0 atas Zambia 

Jepang terlalu kuat buat Zambia/Foto: FIFA.com
Jepang terlalu kuat buat Zambia/Foto: FIFA.com

Timnas Jepang di pertandingan berikutnya akan menghadapi Kosta Rika. Sedangkan Zambia berjumpa dengan Spanyol.

Inggris nyaris meringis hadapi debutan Haiti dalam pertandingan grup D di Lang Park, Brisbane, yang dipadati 44.369 penonton.

Timnas wanita Inggris juara Piala Eropa 2022 dibuat bekerja keras untuk menaklukkan Haiti. Hanya satu gol saja yang bisa dibuat Inggris lewat tendangan penalti.

Eksekusi penalti Georgia Stanway/Foto: FIFA.com
Eksekusi penalti Georgia Stanway/Foto: FIFA.com

Eksekusi penalti Georgia Stanway sempat diblok kiper Kerly Theus. Wasit Emikar Caldera Barrera memutuskan penalti harus diulang karena melihat kaki Theus tidak menginjak garis gawang saat penalti dieksekusi. 

Tendangan penalti yang diulang bisa diselesaikan dengan baik oleh Stanway. Haiti memberikan perlawanan sengit di babak kedua untuk menyamakan skor. 

Peluang terbaik Haiti di menit 90 melalui sepakan Roseline Eloissaint masih bisa digagalkan dengan kaki oleh kiper Inggris, Mary Earps.

Pemain Haiti merepotkan Inggris/Foto: FIFA.com
Pemain Haiti merepotkan Inggris/Foto: FIFA.com

Di pertandingan grup D lainnya, Denmark menang tipis 1-0 atas China dalam laga di Perth Rectangular Stadium.

Pertandingan berlangsung sengit. China lebih mendominasi pertandingan di babak pertama. Kans terbaik China lewat sepakan Zhang Linyan masih bisa ditangkap kiper Lene Christensen.

Duel Denmark kontra China berlangsung sengit/Foto: FIFA.com
Duel Denmark kontra China berlangsung sengit/Foto: FIFA.com

Kedua tim saling serang di babak kedua. Gol baru tercipta pada menit ke 90. Pemain pengganti Denmark, Amalie Vangsgaard, berhasil membuat gol dalam situasi kemelut di kotak penalti China.

Denmark selanjutnya akan berhadapan dengan Inggris, dan China berjumpa dengan Haiti. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun