Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Musisi - Bytedance Sport Contributor

Olynpics Paris and Grand Slam US Open 2024 will be my last article series. Ready to finish in a month.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

11 Ratu Gol Berbahaya di Piala Dunia Sepak Bola Wanita 2023, Ada Pemain Vietnam

19 Juli 2023   09:11 Diperbarui: 21 Juli 2023   10:30 680
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Piala Dunia Sepak Bola Wanita 2023 segera digelar oleh FIFA di Australia dan Selandia Baru. Dimulai tanggal 20 Juli besok, hingga pertandingan final tanggal 20 Agustus mendatang.

Untuk pertama kalinya ada 32 negara yang mengikuti Piala Dunia  Sepak Bola Wanita 2023. Sebelumnya hanya diikuti oleh 24 negara peserta.

Piala Dunia Sepak Bola Wanita 2023 akan semarak dengan kehadiran 4 peserta mantan juara (Amerika Serikat, Jerman, Norwegia, dan Jepang), dan 8 tim debutan.

Dua dari 8 debutan di Piala Dunia Wanita 2023 berasal dari kawasan Asia Tenggara, yaitu Vietnam dan Filipina.

Ratusan pesepakbola wanita top siap memperlihatkan kemampuan terbaik mereka di Piala Dunia 2023. 

Belasan dari pesepakbola wanita top tersebut adalah pemain berbahaya yang gemar membobol gawang lawan. 

Berikut profil singkat 11 ratu gol berbahaya di Piala Dunia 2023. Salah satunya adalah pemain bintang Vietnam.

1. Christine Sinclair (Kanada)

Christine Sinclair pemain sepakbola aktif yang membuat gol internasional paling banyak. 

Sinclair yang merupakan kapten timnas Kanada, telah membuat 190 gol dari 323 tampil membela negaranya.

Christine Sinclair/foto: goal.com
Christine Sinclair/foto: goal.com

Dia adalah satu dari hanya dua pemain yang bisa membuat gol dalam 5 edisi Piala Dunia Wanita berbeda.

Prestasi terbaik Christine Sinclair bersama timnas Kanada di Piala Dunia ketika menempati peringkat keempat tahun 2003 lalu.

Dua tahun lalu Christine Sinclair membawa timnas sepakbola wanita Kanada untuk pertama kalinya merebut medali emas Olimpiade di Tokyo.

2.Alex Morgan (USA)

Alex Morgan adalah ikon sepak bola wanita dalam sedekade lebih terakhir. Dia telah membuat 121 gol dari 206 kali membela negaranya.

Morgan sudah pernah membawa Amerika Serikat menjadi juara Piala Dunia di tahun 2015 dan 2019. Serta sekali membawa USA runner-up Piala Dunia 2011.

Alex Morgan/foto: FIFA.com
Alex Morgan/foto: FIFA.com

Alex Morgan adalah satu dari tiga pencetak gol terbanyak di Piala Dunia 2019. Prestasi yang mungkin akan diulangi lagi olehnya pada tahun ini.

3. Marta (Brasil)

Pemain legendaris Brasil yang punya nama lengkap Marta Vieira da Silva ini, pernah menjadi top skor Piala Dunia Wanita 2007.

Marta pernah 6 kali terpilih sebagai pemain wanita terbaik FIFA. Dia sudah mencetak 115 gol dari 175 tampil memperkuat Brasil.

Marta/ foto: skysports.com
Marta/ foto: skysports.com

Tapi ada satu prestasi tertinggi yang belum pernah diraih Marta, yaitu membawa Brasil menjadi juara Piala Dunia Wanita.

Tahun ini adalah kesempatan terakhir buat Marta untuk mengantarkan Brasil untuk pertama kali menjadi juara Piala Dunia  Sepak Bola Wanita FIFA. 

4.Eugenie Le Sommer (Prancis)

Klub Olympique Lyonnais Feminin pernah 8 kali menjadi pemenang Liga Champions Wanita Eropa. 

Eugenie Le Sommer adalah salah satu pemain yang turut mengantarkan Lyon Feminis sukses delapan kali juara Liga Champions.

Eugenie Le Sommer/foto: UEFA.com
Eugenie Le Sommer/foto: UEFA.com

Eugenie Le Sommer pesepakbola Prancis yang paling banyak mencetak gol internasional. Dia sudah membuat 89 gol dari 179 caps.

Prancis di dua edisi Piala Dunia Wanita sebelumnya selalu mentok di babak perempat final. 

Kepiawaian Le Sommer mencetak gol bakal sangat penting buat timnas Prancis untuk meraih gelar juara perdana di Piala Dunia Sepak Bola Wanita 2023.

5.Pernille Harder (Denmark)

Pernille Harder yang baru saja pindah klub dari Chelsea ke Bayern Munchen, adalah kapten timnas wanita Denmark yang biasa main di posisi gelandang serang.

Pernille Harder/foto: UEFA.com
Pernille Harder/foto: UEFA.com

Harder sudah membuat 70 gol dari 140 tampil bersama timnas. Ini adalah kesempatan pertama buat Pernille Harder untuk unjuk kemampuan di Piala Dunia, karena Denmark absen di tiga edisi sebelumnya.

6.Ana-Maria Crnogorcevic (Swiss)

Crnogorcevic pemain bintang di Barcelona Feminin, telah membawa klubnya empat kali juara Liga Spanyol, dan dua kali juara Liga Champions.

Ana-Maria Crnogorcevic rajin membuat gol buat timnas, walau posisi mainnya bukan penyerang. Dia biasa tampil sebagai pemain sayap kanan.

Ana-Maria Crnogorcevic/foto: FIFA.com
Ana-Maria Crnogorcevic/foto: FIFA.com

70 gol telah dibuat Crnogorcevic dari  145 pertandingan internasional. Kontribusi Crnogorcevic sangat dibutuhkan Swiss yang bakal tampil untuk kedua kalinya.di Piala Dunia Wanita.

Timnas sepakbola wanita Swiss hanya pernah sekali tampil di Piala Dunia pada tahun 2015,  dengan pencapaian hingga babak 16 besar.

7.  Huynh Nhu (Vietnam)

Keberhasilan timnas sepakbola wanita Vietnam lolos ke Piala Dunia untuk pertama kalinya, tak lepas dari kontribusi penting Huynh Nhu.

Huynh Nhu telah membuat 67 gol dari 103 pertandingan internasional bersama Vietnam. 

Huynh Nhu/foto: FIFA.com
Huynh Nhu/foto: FIFA.com

Gol Huynh Nhu ke gawang Thailand dan Chinese Taipei di Piala Asia 2022 yang mengantarkan Vietnam lolos ke Piala Dunia.

Huynh Nhu pernah 5 kali mengantarkan Vietnam meraih medali emas SEA Games. Karier sepakbolanya sedang bagus di Liga Portugal bersama klub Lank FC,  

8 Ji So-yun (Korea Selatan)

Aksi gemilang Ji So-yun membuat 5 gol di Piala Asia 2022, membawa Korea Selatan tampil hingga final. Sekaligus mengantarkan Korsel ke Piala Dunia Wanita 2023.

Nama Ji So-yun tenar di Inggris, karena dia pernah delapan musim membela Chelsea, dengan prestasi 14 trofi juara. 

Ji So-yun/ foto: goal.com
Ji So-yun/ foto: goal.com

Ji So-yun yang telah membuat 66 gol dalam 144 pertandingan bersama Korsel, pernah dinominasikan sebagai pemain  sepakbola wanita terbaik dunia oleh FIFA pada tahun 2010 lalu 

9 Sam Kerr (Australia)

Nama Sam Kerr tidak asing bagi penggemar sepak bola di Indonesia. 

Setahun lalu dia lima kali membuat gol saat timnas Australia membantai Indonesia dengan skor 18-0 di Piala Asia.

Sam Kerr/ foto: FIFA.com
Sam Kerr/ foto: FIFA.com

Pesepakbola berusia 29 tahun yang memiliki nama lengkap Samantha May Kerr ini, memiliki gaya bermain yang indah untuk disaksikan  

Sam Kerr menjadi tumpuan bagi Australia untuk berprestasi tinggi di Piala Dunia 2023. 

Timnas wanita Australia sebelumnya sering mentok di babak perempat final Piala Dunia.

10. Megan Rapinoe (USA)

Rapinoe dipilih FIFA sebagai pemain sepak bola wanita terbaik tahun 2019.

Dia tampil gemilang membawa  timnas USA menjadi juara Piala Dunia di tahun tersebut. 

Megan Rapinoe/foto: FIFA.com
Megan Rapinoe/foto: FIFA.com

Megan Rapinoe juga sukses menjadi top skor Piala Dunia 2019. Dia telah membuat total 60 gol dari 199 tampil membela USA.

11. Alexandria Popp (Jerman)

Pemenang kompetisi Bundesliga wanita sebanyak tujuh kali, pemenang Liga Champions Eropa hingga tiga kali.

Juga meraih medali emas Olimpiade di tahun 2016, dan runner up Piala Eropa tahun 2022

Alexandra Popp/ foto: UEFA.com
Alexandra Popp/ foto: UEFA.com

Itulah karier gemilang Alexandra Popp bersama klub dan timnas.  Popp telah membuat 62 gol dalam 128 pertandingan internasional bersama Jerman.

Gelar juara dunia bersama Jerman adalah impian tertinggi bagi Popp. Timnas wanita Jerman sudah lama tak menjadi juara dunia, terakhir kali pada tahun 2007.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun