Mohon tunggu...
Angel Di Maria
Angel Di Maria Mohon Tunggu... Musisi - Espana Argentina

Vamos Espana-Argentina Campeon Euro Copa America

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

5 Alasan Fiorentina Potensial Menang di Final Europa Conference League

7 Juni 2023   07:51 Diperbarui: 7 Juni 2023   08:05 460
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Prestasi Fiorentina lumayan bagus di musim 2022/2023- foto: UEFA.com

Performa Fiorentina cukup mengesankan sepanjang musim 2022/2023, walau minim pemain bintang.

Fiorentina berhasil lolos ke dua pertandingan final, UEFA Europa Conference League dan Coppa Italia. Juga finis di papan tengah klasemen Liga Italia Serie A.

Pertengahan pekan ini, Fiorentina akan menjalani pertandingan terakhir musim ini dalam laga final Europa Conference League melawan West Ham United di Fortuna Arena, Prague.

Ada 5 alasan Fiorentina potensial menang di final Europa Conference League 2023..

 1. Suksesor AS Roma yang Pas

Conference League diperkenalkan oleh UEFA semusim lalu sebagai kompetisi antar klub level terbawah di Eropa. 

Pada awalnya banyak pihak yang memandang sebelah mata kompetisi Europa Conference League. 

Namun, semua berubah 180 derajat karena keberhasilan AS Roma yang dilatih Jose Mourinho menjadi juara musim pertama kompetisi ini.

Kesuksesan AS Roma menjadi pemenang membuat popularitas Europa Conference League melambung tinggi. 

Memotivasi banyak klub besar yang mentas di ajang ini tampil serius menurunkan line up pemain terbaik.

AS Roma saat menjuarai Conference League tahun 2022/foto: UEFA.com
AS Roma saat menjuarai Conference League tahun 2022/foto: UEFA.com

Fiorentina bakal menjadi suksesor AS Roma yang pas sebagai penerus tradisi klub Italia juara di Conference League.

2. Tradisi Klub Italia Juara di Kompetisi Tier Bawah Eropa 

Klub Italia memang punya tradisi juara yang kuat di kompetisi tier menengah dan bawah di Eropa.

Ada tujuh klub Italia yang menjadi juara ketika kompetisi UEFA Winners Cup masih aktif digelar pada tahun. 1960 hingga 1999.

Fiorentina adalah juara UEFA Winners Cup musim 1960/1961.

Kenangan ketika Fiorentina juara Winner's Cup tahun 1961/ foto: acfiorentina.com
Kenangan ketika Fiorentina juara Winner's Cup tahun 1961/ foto: acfiorentina.com

Selain itu, 9 gelar juara pernah diraih 5 klub Italia saat kompetisi Europa League masih bernama UEFA Cup.

3. Lini Serang Fiorentina Lebih Tajam

Kekuatan lini serang La Viola Fiorentina lebih bagus dibandingkan The Hammers West Ham United sepanjang musim ini 

La Viola membuat 53 gol dalam 38 pertandingan Liga Italia. 

West Ham hanya membuat 42 gol dalam 38 laga Liga Inggris musim ini.

Fiorentina juga membuat 38 gol dalam 16 pertandingan menuju final Conference League. Sedangkan The Hammers membuat 33 gol dalam 14 laga.

Arthur Cabral striker Fiorentina paling produktif mencetak gol di musim ini/ foto: acfiorentina.com
Arthur Cabral striker Fiorentina paling produktif mencetak gol di musim ini/ foto: acfiorentina.com

La Viola punya empat pemain yang cukup rajin membuat gol, yaitu Arthur Cabral, Nicolas Gonzalez, Luka Jovic, dan Antonin Barak.

4. Rekor Bagus La Viola Hadapi Klub Inggris 

La Viola punya rekor bagus melawan klub Inggris di kompetisi Eropa. 

5 klub Inggris yang dihadapi di pentas Eropa pernah dikalahkan oleh Fiorentina, yaitu Arsenal, Manchester United, Liverpool, Everton, dan Tottenham Hotspur.

Momen pertandingan Fiorentina kontra Liverpool di Liga Champions musim 2009/2010- foto: UEFA.com
Momen pertandingan Fiorentina kontra Liverpool di Liga Champions musim 2009/2010- foto: UEFA.com

Statistik Fiorentina melawan wakil Inggris di kompetisi Eropa adalah 6 menang, 3 seri, dan 3 kali kalah.

5. Striker Termahal West Ham dari Italia Absen

West Ham punya tiga pemain top dari Italia. Dua di antara mereka adalah pemain bertahan, Emerson Palmieri dan Angelo Ogbonna.

Gianluca Scamacca striker Italia yang direkrut West Ham dari Sassuolo dengan harga sangat mahal. 

Scamacca striker termahal West Ham dari Italia dipastikan absen dalam pertandingan final Conference League melawan Fiorentina, karena masih menjalani perawatan cedera.

Sofyan Amrabat gelandang bertahan andalan Fiorentina/ foto; acfiorentina.com
Sofyan Amrabat gelandang bertahan andalan Fiorentina/ foto; acfiorentina.com

Absennya Scamacca bakal sedikit menguntungkan Fiorentina, mengingat Scamacca sudah mengoleksi 5 gol di Conference League.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun