Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Musisi - Bytedance Sport Contributor

Olynpics Paris and Grand Slam US Open 2024 will be my last article series. Ready to finish in a month.

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Partisipasi SEA Games Terbaik Indonesia di Era Pemerintahan Jokowi

17 Mei 2023   17:00 Diperbarui: 17 Mei 2023   17:01 344
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Klasemen akhir medali SEA Games 2023/ sumber: Kemenpora.go.id

Presiden Joko Widodo jelang akhir masa jabatannya mendapatkan kado manis dari ratusan atlet yang bertanding di ajang multi olahraga se-Asia Tenggara, SEA Games.

Atlet Indonesia yang bertanding di SEA Games 2023 Kamboja berhasil membawa pulang 87 medali emas, 80 perak, 109 perunggu. 

Ini adalah partisipasi SEA Games terbaik Indonesia di era pemerintahan Jokowi, melampaui hasil di SEA Games 2015, 2017, 2019, 2021.

Pada SEA Games tahun 2015 yang berlangsung di Singapura, kontingen Indonesia yang berjumlah 529 atlet meraih 47 medali emas, 67 perak, dan 74 perunggu. Indonesia berada di peringkat 5 klasemen medali, di bawah Thailand, Singapura, Vietnam, dan Malaysia.

Indonesia mengirimkan 535 atlet ketika Kuala Lumpur, Malaysia, menjadi tuan rumah SEA Games tahun 2017. 

Prestasi Indonesia menurun di SEA Games 2017. Hanya meraih 38 emas, 63 perak, 90 perunggu.

Indonesia mengirim kekuatan besar, hingga 837 atlet, saat Filipina menjadi tuan rumah SEA Games 2019. 

Efeknya, Indonesia berhasil meraih 72 emas, 84 perak, 111 perunggu. Tapi, Indonesia hanya berada di peringkat 4 klasemen medali, di bawah tuan rumah Filipina, Vietnam, dan Thailand.

Perolehan medali emas Indonesia sedikit menurun pada SEA Games 2021 yang berlangsung di Vietnam. 

Atlet Indonesia meraih 69 emas, 91 perak, 81 perunggu. Walau begitu Indonesia malah naik peringkat di klasemen medali. Berada di posisi tiga besar di bawah Vietnam dan Thailand.

Ketika melepas rombongan kontingen Indonesia yang akan berangkat ke SEA Games 2023 di Kamboja, Presiden Jokowi sempat berpesan agar prestasi Indonesia paling tidak bisa menyamai SEA Games sebelumnya yang meraih 69 emas.

Ternyata target dari Presiden Jokowi berhasil dilewati oleh para atlet Indonesia.

Odekta Naibaho peraih medali emas atletik Marathon putri buat Indonesia di SEA Games 2023/foto: antaranews.com
Odekta Naibaho peraih medali emas atletik Marathon putri buat Indonesia di SEA Games 2023/foto: antaranews.com

Diluar perkiraan, atlet Indonesia di cabang olahraga gulat, atletik, finswimming, dan kun bokator, meraih banyak medali emas.

Atlet pencak silat, bulu tangkis, tenis, wushu, angkat besi, dan balap sepeda, juga berjaya menyumbang banyak emas buat Indonesia. 

Petenis Indonesia berjaya rebut 4 emas di SEA Games 2023/ foto: Pelti Indonesia 
Petenis Indonesia berjaya rebut 4 emas di SEA Games 2023/ foto: Pelti Indonesia 

Performa spesial ditampilkan oleh regu basket putri, regu hoki indoor putra, regu cricket putri, yang untuk pertama kalinya membawa Indonesia meraih emas SEA Games. 

Keberhasilan Indonesia meraih banyak medali emas di Kamboja semakin paripurna dengan kesuksesan timnas sepak bola putra meraih meas setelah di final ungguli Thailand. Ini emas sepakbola pertama Indonesia di SEA Games setelah 32 tahun.

Timnas sepak bola putra Indonesia sukses meraih emas SEA Games 2023/sumber: PSSI
Timnas sepak bola putra Indonesia sukses meraih emas SEA Games 2023/sumber: PSSI

Hampir semua cabang olahraga yang diikuti oleh Indonesia meraih medali SEA Games 2023. Atlet tenis meja Indonesia yang mendadak diikutsertakan ke SEA Games Kamboja, satu-satunya cabang olahraga yang gagal mendulang medali buat Indonesia. 

Banyak momen bahagia dan juga duka dirasakan oleh atlet Indonesia yang bertanding sepanjang dua pekan di SEA Games Kamboja. 

Kita patut bersyukur dan berterima kasih kepada mereka yang telah berjuang mengharumkan nama bangsa dan negara Indonesia.

Perolehan Medali Kontingen Indonesia di SEA Games 2023 Per Cabang Olahraga:

  • AKUATIK (9 emas-13 perak-10 perunggu)

    • Finswimming (6-10-5)
    • Swimming (3-1-3)
    • Diving (0-1-1)
    • Water Polo (0-1-1)
  • MARTIAL ARTS (9 emas -10 perak-31 perunggu) 
    • Kun Bokator (3-5-12)
    • Kickboxing (3-4-5)
    • Vovinam (3-1-14)
  • PENCAK SILAT (9 emas -6 perak -1 perunggu)
  • ATLETIK (7-3-9)
  • GULAT (6-6-2)
  • WUSHU (6-6-2)
  • BULU TANGKIS (5-3-3)
  • ANGKAT BESI (5-2-4)
  • BALAP SEPEDA (5-2-1)
    • Mountain Bike (4-1-1)
    • Road Race (1-1-0)
  • TENIS (4-2-3)
  • E-SPORTS (3-2-0)
  • TRADITIONAL BOAT RACE (3-1-4)
  • KARATE (2-4-7)
  • SOFT TENNIS (2-2-1)
  • SEPAK TAKRAW (2-1-2)
  • BOLA VOLI (2-1-1) 
    • Voli Pantai (1-1-0)
    • Voli Indoor (1-0-1)
  • TAEKWONDO (1-4-4)
  • ENDURANCE RACE (1-2-3)
    • Aquathlon (1-1-1)
    • Triathlon (0-1-0)
    • Duathlon (0-0-2)
  • CRICKET (1-2-1)
  • JUDO (1-0-5)
  • HOKI (1-0-3)
    • Indoor Hockey (1-0-1)
    • Field Hockey (0-0-2)
  • JET SKI (1-0-2)
  • BOLA BASKET (1-0-1)
  • SEPAK BOLA (1-0-0)
  • TINJU (0-5-3)
  • OBSTACLE RACE (0-1-2)
  • GOLF (0-1-1)
  • SENAM (0-1-1)
  • DANCE SPORTS (0-0-1)
  • BILLIARD (0-0-1)
  • ANGGAR (0-0-1)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun