Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Musisi - Bytedance Sport Contributor

Olynpics Paris and Grand Slam US Open 2024 will be my last article series. Ready to finish in a month.

Selanjutnya

Tutup

Raket Pilihan

5 Bintang Tenis Indonesia Ikut SEA Games di Kamboja, Peluang Sapu Bersih Medali Emas Sektor Putri

4 Mei 2023   17:15 Diperbarui: 4 Mei 2023   17:16 485
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Christopher Rungkat dan Aldila Sutjiadi merebut medali emas tenis Asian Games 2018/foto: Kompas.id- Hendra A. Setiawan 

5 bintang tenis Indonesia dipastikan ikut SEA Games 2023 di Kamboja, yaitu kuartet petenis putri Aldila Sutjiadi, Priska Madelyn Nugroho, Jessy Rompies, dan Beatrice Gumulya. Serta pemain kawakan putra Christopher Rungkat.

Lima petenis Indonesia lainnya yang akan main di SEA Games Kamboja adalah Fitirana Sabrina, David Agung Susanto, Nathan Anthony Barki, Ignatius Anthony Susanto, dan Muhammad Rifqi Fitriadi.

Kehadiran lima pemain bintang memperbesar peluang Indonesia untuk merebut banyak medali emas di SEA Games 2023. 

Bahkan berpeluang sapu bersih medali emas di sektor putri (tunggal, ganda, dan beregu), mengingat kualitas pemain Indonesia sudah masuk level menengah tenis dunia.

Aldila Sutjiadi saat ini tempati ranking 30 dunia ganda WTA. Aldila dengan peringkat duniannya yang tinggi tersebut mendapat kemewahan leluasa tampil menghadapi pemain-pemain top dunia di turnamen elit WTA 1000 dan 500. 

Karir tenis Aldila Sutjiadi sedang cemerlang/ foto: wtatennis.com
Karir tenis Aldila Sutjiadi sedang cemerlang/ foto: wtatennis.com

Prestasi Aldila sangat bagus di kuartal pertama tahun 2023. Dia sukses dua kali juara ganda putri turnamen WTA 250 di Austin USA, dan di Auckland Selandia Baru. 

Aldila Sutjiadi juga sukses menembus semifinal ganda putri WTA 1000 Indian Wells.

Sebelum main di SEA Games Kamboja, Aldila Sutjiadi baru saja bertanding di turnamen WTA 1000 Madrid Open.

Priska Nugroho petenis tunggal putri terbaik Indonesia saat ini, berada di ranking 279 WTA. Priska juga menempati ranking 209 dunia ganda WTA.

Priska Nugroho/ foto: wtatennis.com
Priska Nugroho/ foto: wtatennis.com

Prestasi Priska Nugroho meroket di paruh kedua tahun 2022. Dia berhasil enam kali menjuarai turnamen ITF, sehingga sempat mendapat wawancara eksklusif dari pihak WTA. 

Karena prestasinya tersebut, Priska Nugroho sebulan lalu diundang main pada babak kualifikasi turnamen WTA 1000 Miami Open.

Jessy Rompies pemain kawakan putri Indonesia yang kini tempati ranking 151 ganda WTA, sebelum ke Kamboja baru saja main pada babak semifinal ITF 100 di Charleston, USA.

Beatrice Gumulya sekarang menempati ranking 250 ganda WTA. Prestasi bagus teranyar Beatrice, yaitu berhasil tembus final ganda ITF 100 di Spanyol pada Oktober 2022.

Beatrice Gumulya di nomor ganda putri SEA Games 2023 akan berpasangan dengan Jessy Rompies. Sedangkan Aldila Sutjiadi berduet dengan Priska Nugroho. 

Jessy Rompies dan Beatrice Gumulya/ foto: antaranews.com
Jessy Rompies dan Beatrice Gumulya/ foto: antaranews.com

Priska Nugraha juga tampil di nomor tunggal putri. Beatrice Gumulya dan Aldila Sutjiadi turun di nomor ganda campuran.

Beatrice Gumulya di ganda campuran berduet dengan David Agung Susanto.

Aldila Sutjiadi reuni duet dengan Christopher Rungkat. Sebagai pengingat, Rungkat dan Sutjiadi adalah peraih medali emas ganda campuran Asian Games 2018 dan SEA Games 2021.

Christopher Rungkat pernah menempati ranking 33 dunia ganda ATP. Sekarang dia berada di peringkat 232 ganda ATP. 

Prestasi Rungkat lumayan bagus di kuartal pertama tahun 2023. Rungkat mencapai final ganda putra ATP Challenger di Nonthaburi Thailand, dan juara ganda putra turnamen ITF M15 di Jakarta.

Petenis dari Thailand pesaing terkuat Indonesia dalam perebutan emas di SEA Games 2023. Filipina tidak diperkuat sejumlah pemain top seperti Treat Huey, Ruben Gonzalez, dan Alexandra Eala.

Pertandingan tenis SEA Games 2023 digelar di lapangan tenis Morodok Techo Sport Complex Phnom Penh. 

Pertandingan beregu putra dan putri dimulai tanggal 6 Mei, dan finalnya pada tanggal 9 Mei. Lima nomor pertandingan non beregu dimulai tanggal 10 hingga final pamungkas pada 14 Mei.

Priska Nugroho dan Aldila Sutjiadi bertemu di gelaran Miami Open 2023/ foto dokpri Indrianto Sutjiadi 
Priska Nugroho dan Aldila Sutjiadi bertemu di gelaran Miami Open 2023/ foto dokpri Indrianto Sutjiadi 

Ranking Dunia WTA/ATP Petenis Indonesia yang Berlaga di SEA Games 2023 Kamboja,

Ranking WTA Petenis Putri Indonesia 

  • Aldila Sutjiadi (rank.623 tunggal, 30 ganda)
  • Jessy Rompies (rank.1211 tunggal, 151 ganda)
  • Priska Nugroho (rank.279 tunggal, 209 ganda)
  • Beatrice Gumulya (rank.1240 tunggal, 250 ganda)
  • Fitriana Sabrina (ranking 1100 ganda)

Ranking ATP Petenis Putra Indonesia 

  • Christopher Rungkat (ranking 232 ganda)
  • M. Rifqi Fitriadi (rank.804 tunggal, 1397 ganda)
  • Nathan Barki (ranking 842 ganda)
  • David Susanto (ranking 1617 ganda)
  • Anthony Susanto (rank.1803 tunggal, 1732 ganda)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Raket Selengkapnya
Lihat Raket Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun