Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Sports, Music, Technology Expert

pemerhati olahraga dan musik lagi getol nonton surfing, sport climbing, tenis. very welcome to contact me at bolafanatik(at)gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Pihak yang Diuntungkan Batalnya Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U20

30 Maret 2023   03:31 Diperbarui: 30 Maret 2023   04:17 1170
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemain muda sepakbola Indonesia merana batal main di Piala Dunia/ foto: kompas.com

FIFA pada Rabu malam (29/3) mengumumkan secara resmi pembatalan Indonesia sebagai tuan Piala Dunia U20 yang sebelumnya dijadwalkan pada bulan Mei 2023.

Keputusan resmi tersebut dikeluarkan setelah pertemuan yang terjadi antara Presiden FIFA, Gianni Infantino, dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, di Doha pada 29/3 siang. 

Tidak dijelaskan secara spesifik apa alasan utama FIFA membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah, dan memindahkan penyelenggaraan FIFA World Cup U20 ke negara lain.

Hanya dijelaskan secara diplomatis oleh FIFA bahwa alasan pembatalan karena melihat situasi terkini (due to the current circumstances)-di Indonesia. 

Tidak hanya dibatalkan sebagai tuan rumah, Indonesia juga terancam sanksi berat oleh FIFA. 

Tanda-tanda Indonesia gagal jadi tuan rumah Piala Dunia U20 tahun ini sudah kentara ketika FIFA membatalkan drawing jadwal pertandingan di Bali beberapa hari lalu, disusul dengan dihapusnya postingan tentang soundtrack resmi Piala Dunia U20 Indonesia di situs resmi FIFA.

Hal tersebut terjadi menyusul aksi dari Gubernur Bali, I Wayan Koster yang membuat surat resmi tentang penolakan kepada tim Israel yang akan mengikuti Piala Dunia U20 di Indonesia. 

Sebelumnya, banyak politikus, pejabat daerah, pemuka agama, dan organisasi masyarakat yang melakukan aksi protes keras menolak kehadiran timnas sepakbola Israel datang ke Indonesia. 

Banyak pihak yang dirugikan imbas dari dibatalkannya penyelenggaraan Piala Dunia U20 di Indonesia. 

Pemerintah Indonesia, PSSI, pemain dan ofisial timnas U20 Indonesia, sponsor, dan pecinta sepakbola Indonesia, adalah pihak yang paling dirugikan. Sia-sia semua persiapan menyambut Piala Dunia U20 di tanah air yang telah dilaksanakan selama bertahun-tahun. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun