Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Musisi - Bytedance Sport Contributor

Olynpics Paris and Grand Slam US Open 2024 will be my last article series. Ready to finish in a month.

Selanjutnya

Tutup

Raket Pilihan

Aldila Sutjiadi Lolos ke Babak Kedua Australian Open 2023

19 Januari 2023   10:14 Diperbarui: 19 Januari 2023   10:27 265
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
foto dokumentasi fan page facebook Aldilla Sutjiadi 

Aldila Sutjiadi lolos ke babak kedua turnamen grand slam Australian Open 2023 yang berlangsung di Melbourne Park.

Petenis putri Indonesia ranking 36 dunia ganda WTA tersebut, bersama rekan duetnya Miyu Kato, mulus mengalahkan lawan di pertandingan pertama. 

Aldila Sutjiadi/Miyu Kato yang merupakan unggulan 16 turnamen ini, menang straight set 7-6 (7-2), 6-2, atas Kaitlyn Christian/Danka Kovinic.

Pertandingan Aldila/Miyu versus Kaitlyn/Danka sempat tertunda satu hari karena kondisi cuaca buruk di Melbourne. Jadwal asli pada Rabu malam (18/1) di court 15, namun diundur hingga Kamis pagi (19/1) dan pindah tempat ke court 8.

Sutjiadi/Kato terlebih dulu unggul 2-0 di set pertama, setelah sukses break point pada game pertama ketika Kovinic memegang servis. 

Servis Kato sempat dipatahkan lawan pada game 4 dan 8, sehingga Kaitlyn/Danka sempat berbalik unggul 5-4 di set pertama. 

Untunglah servis Aldila di game 10, dan servis Kato di game 12, menghasilkan poin, sehingga skor menjadi berimbang 6-6. 

Dalam rally point di game 13, Aldila/Kato tampil mantap, tiga kali melakukan forehand winner, dan menang dengan skor 7-2. 

Memasuki set kedua, Aldila/Miyu semakin percaya diri memegang kendali permainan. Aldila/Miyu unggul 4-1 setelah mematahkan servis lawan di game kedua dan keempat. 

Duet Aldila Sutjiadi/Miyu Kato akhirnya menang dengan skor 6-2, usai mematahkan servis Kaitlyn Christian dengan backhand winner di angka terakhir.

Semua servis Aldila Sutjiadi selalu menghasilkan poin di pertandingan ini, tak bisa dipatahkan oleh kedua lawannya.

Aldila Sutjiadi/Miyu Kato di babak kedua nanti berhadapan dengan duet Marie Bouzkova (Ceko)/Camila Osorio (Kolombia).

Bouzkova/Osorio di babak pertama menang straight set 6-4, 6-2, atas lawannya Sophie Chang/Angela Kulikov. 

Sebagai pengingat, Sophie Chang/Angela Kulikov setahun lalu mengalahkan Aldila Sutjiadi/Miyu Kato di final turnamen WTA 250 Hamburg Open. 

Petenis kawakan tuan rumah, Samantha Stosur, mengakhiri karir tenis dengan kekalahan di babak pertama ganda putri Australian Open 2023.

Stosur dan rekan duetnya Alize Cornet, kalah 3-6, 4-6, melawan unggulan 11, Chan Hao-Ching/Yang Zhaoxuan.

Samantha Stosur/ foto: theguardian.com
Samantha Stosur/ foto: theguardian.com

Samantha Stosur setelah ini akan pensiun. Stosur sepanjang karirnya pernah menjadi juara tunggal putri grand slam US Open tahun 2011. Stosur juga merebut 7 gelar juara grand slam di nomor ganda. 

Samantha Stosur juara ganda putri US Open 2005 dan 2011, French Open 2006, dan Australian Open 2019. 

Petenis asal Gold Coast Queensland itu juga menjadi juara ganda campuran Australian Open 2005, serta Wimbledon tahun 2008 dan 2014.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Raket Selengkapnya
Lihat Raket Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun