Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Musisi - Bytedance Sport Contributor

Olynpics Paris and Grand Slam US Open 2024 will be my last article series. Ready to finish in a month.

Selanjutnya

Tutup

Raket Pilihan

10 Juara Grand Slam Menang di Hari Pertama Australian Open 2023

16 Januari 2023   21:56 Diperbarui: 16 Januari 2023   23:14 760
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Daniil Medvedev/ foto: ausopen.com

Belum ada kejutan besar di hari pertama babak utama Australian Open 2023. 10 pemain tunggal pemegang titel juara Grand Slam mulus meraih kemenangan.

Juara tunggal putri US Open 2021 asal Inggris, Emma Raducanu, menang mudah dalam sesi pertandingan pagi hari di 1573 Arena. 

Emma Raducanu unggul 6-3, 6-2, atas debutan Australian Open asal Jerman, Tamara Korpatsch. 

Raducanu yang kini berusia 20 tahun, di babak kedua berjumpa sesama pemain muda umur 18 tahun yang merupakan unggulan ke-7, Coco Gauff. 

Coco Gauff, runner up French Open 2022, melewati babak pertama Aussie Open tahun ini dengan kemenangan 6-1, 6-4, atas Katerina Siniokova di Rod Laver Arena.

Juara bertahan tunggal putra, Rafael Nadal, melewati babak pertama Australian Open 2023 di Rod Laver Arena. 

Rafael Nadal/ foto: skysports.com
Rafael Nadal/ foto: skysports.com

Nadal mendapatkan perlawanan sengit dari petenis 21 tahun asal Inggris, Jack Draper, yang baru membuat debut di turnamen ini.

Nadal unggul 7-5 di set pertama. Draper merebut set kedua dengan angka 6-2. 

Rafael Nadal memberikan pelajaran kepada Draper, dan merebut dua set berikutnya dengan skor 6-4, 6-1. 

Nadal di babak kedua bertemu pemain USA, Mackenzie McDonald. Pertandingan babak pertama dilalui McDonald selama 4 jam 2 menit.

Mackenzie McDonald melewati pertandingan pertama Aussie Open 2023 setelah susah payah mengalahkan rekan senegaranya Brandon Nakashima dengan skor 7-6 (7-5), 7-6 (7-1), 1-6, 6-7 (10-12), 6-4.

Daniil Madvedev, juara US Open 2021 dan runner up Australian Open 2022, berhasil lolos ke babak kedua usai menang mudah 6-0, 6-1, 6-2, atas Marcos Giron. 

Daniil Medvedev/ foto: ausopen.com
Daniil Medvedev/ foto: ausopen.com

Medvedev selanjutnya akan bertanding melawan petenis tuan rumah John Millman 

Unggulan pertama tunggal putri, Iga Swiatek, lolos ke babak kedua setelah mendapatkan perlawanab keras dari Jule Niemeier.

Iga Swiatek pemegang 3 titel juara Gramd Slam, butuh waktu 119 menit untuk meredam perlawanan Niemeier dengan skor 6-4, 7-5. 

Iga Swiatek/ foto: wtatennis.com
Iga Swiatek/ foto: wtatennis.com

Di babak kedua nanti Swiatek ditantang oleh Camila Osorio. Pada babak pertama Osorio unggul 6-4, 6-1, atas Panna Udvardy.

Mantan petenis tunggal putri ranking 1 dunia asal Ceko, Petra Kvitova, juga lolos ke babak kedua turnamen ini usai bertanding di John Cain Arena.

Petra Kvitova/ foto: ausopen.com
Petra Kvitova/ foto: ausopen.com

Kvitova juara Wimbledon 2011 dan 2014, unggul 7-6 (7-3), 6-2, atas Alison Van Uytvanck.

Petra Kvitova yang merupakan unggulan 15, di babak selanjutnya bertemu petenis Ukraina, Anhelina Kalinina. 

Pada pertandingan sebelumnya Kalinina menang mudah 6-3, 6-1, atas Coco Vandeweghe.

Juara French Open 2021, Barbora Krejcikova, melewati babak pertama Australian Open tahun ini di 1573 Arena. 

Barbora Krejcikova/ foto: wtatennis.com
Barbora Krejcikova/ foto: wtatennis.com

Krejcikova menang 6-3, 6-1, atas rekan senegaranya dari Ceko yang baru berumur 16 tahun, Sara Bejlek.

Barbora Krejcikova di babak 2 berhadapan dengan petenis putri Prancis, Clara Burel. Di pertandingan sebelumnya Burel menang 6-3, 6-4, atas petenis tuan rumah Talia Gibson 

Petenis tunggal putri mantan juara Grand Slam lainnya yang menang di hari pertama Australian Open 2023 adalah Jelena Ostapenko, Bianca Andreescu, Victoria Azarenka, dan Elena Rybakina.

Jelena Ostapenko/ foto: wtatennis.com
Jelena Ostapenko/ foto: wtatennis.com

Ostapenko sang juara French Open 2017, melewati babak pertama Aussie Open tahun ini dengan kemenangan 6-4, 6-2, atas Dayana Yastremska. 

Bianca Andreescu pemenang US Open mengalahkan pemain unggulan 25, Marie Bouzkova, dengan skor 6-2, 6-4.

Bianca Andreescu/ foto: ausopen.com
Bianca Andreescu/ foto: ausopen.com

Elena Rybakina pemenang Wimbledon 2022, ungguli petenis Italia, Elisabetta Cocciaretto dengan skor 7-5, 6-3.

Jelena Ostapenko di babak kedua bertemu dengan Anna Bondar. Andreescu dijadwalkan tanding dengan Cristina Bucsa di babak 2. Sedangkan Rybakina di babak kedua berjumpa Kaja Juvan. 

Elena Rybakena/ foto: ausopen.com
Elena Rybakena/ foto: ausopen.com

Petenis gaek Victoria Azarenka memenangkan duel melawan sesama mantan juara tunggal putri Australian Open, Sofia Kenin. 

Azarenka sang juara Australian Open 2012 dan 2013, unggul 6-4, 7-6 (7-3), atas Kenin pemenang Australian Open dan runner up French Open tahun 2020.

Victoria Azarenka di babak kedua nanti ditantang petenis Argentina semifinalis French Open 2020, Nadia Podoroska.

Victoria Azarenka/ foto: wtatennis.com
Victoria Azarenka/ foto: wtatennis.com

Podoroska pada babak pertama menang mudah 6-0, 6-3, atas Leolia Jeanjean yang baru membuat debut di babak utama Australian Open. 

Stan Wawrinka satu-satunya pemain tunggal putra mantan juara Grand Slam yang tumbang di hari perdana Australian Open 2023.

Wawrinka juara Australian Open 2014, dan pemenang French Open 2015 serta US Open 2016, kalah dalam duel lima set kontra Alex Molcan.

Molcan menang 6-7 (3-7), 6-3, 1-6, 7-6 (7-2), 6-4, atas Wawrinka setelah berduel selama 4 jam 22 menit di 1573 Arena.

Petenis Tunggal Putri yang Menang di Hari Pertama Australian Open 2023:

  • Iga Swiatek (unggulan 1, Polandia), Camila Osorio (Kolombia), Cristina Bucsa (Spanyol), Bianca Andreescu (Kanada), Elena Rybakina (unggulan 22, Kazakhstan), Kaja Juvan (Slovenia), Karolina Muchova (Ceko), Danielle Collins (unggulan 13, USA)
  • Caty McNally (USA), Kateryna Baindl (Ukraina), Anna Bondar (Hungaria), Jelena Ostapenko (unggulan 17, Latvia), Zheng Qinwen (unggulan 29, China), Bernarda Pera (USA), Emma Raducanu (Inggris), Coco Gauff (unggulan 7, USA)
  • Jessica Pegula (unggulan 3, USA), Aliaksandra Sasnovich (Belarus), Olivia Gadecki (Australia), Marta Kostyuk (Ukraina), Barbora Krejcikova (unggulan 20, Ceko), Clara Burel (Prancis), Anhelina Kalinina (Ukraina), Petra Kvitova (unggulan 15, Ceko)
  • Madison Keys (unggulan 10, USA), Wang Xinyu (China), Nadia Podoroska (Argentina), Victoria Azarenka (unggulan 24, Belarus), Jil Teichmann (unggulan 32, Swiss), Zhu Lin (China), Diana Shnaider (Rusia), Maria Sakkari (unggulan 6, Yunani)

Petenis Tunggal Putra yang Menang di Hari Pertama Australian Open 2023:

  • Rafael Nadal (unggulan 1, Spanyol), Mackenzie McDonald (USA), Dalibor Svrcina (Ceko), Yoshihito Nishioka (unggulan 31, Jepang), Karen Khachanov (unggulan 18, Rusia), Jason Kubler (Australia), Shang Juncheng (China), Francis Tiafoe (unggulan 16, USA)
  • Hubert Hurkacz (unggulan 10, Polandia), Lorenzo Sonego (Italia), Taro Daniel (Jepang), Denis Shapovalov (unggulan 20, Kanada), Sebastian Korda (unggulan 29, USA), Yosuke Watanuki (Jepang), John Millmann (Australia), Daniil Medvedev (unggulan 7, Rusia)
  • Stefanos Tsitsipas (unggulan 3, Yunani), Rinky Hijikata (Australia), Tallon Griekspoor (Belanda), Botic Van De Zandschulp (unggulan 32, Belanda), Llyod Harris (Afrika Selatan), Marton Fucsovics (Hungaria), Tomáš Martin Etcheverry (Argentina), Jannik Sinner (unggulan 15, Italia)
  • Cameron Norrie (unggulan 11, Inggris), Constant  Lestienne (Prancis), Christopher Eubanks (USA), Jiri Lehecka (Ceko), Francisco Cerundolo (unggulan 28, Argentina), Corentin Moutet (Prancis), Alex Molcan (Slovakia), Felix Auger-Aliassime (unggulan 6, Kanada)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Raket Selengkapnya
Lihat Raket Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun