Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Editor - Tourism worker until 2010; Digipreneur since 2010

you can contact me at bolafanatik(at)Gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Raket Pilihan

Mengenang Para Legenda Bulu Tangkis Indonesia Pionir Juara Malaysia Open

10 Januari 2023   17:53 Diperbarui: 10 Januari 2023   18:52 861
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Repro nukilan berita surat kabar The Strait Times, 7 Agustus 1956

Gelar juara Malaysia Open direbut lagi oleh wakil Indonesia di tahun 1960 oleh pemain tunggal putri legendaris, Minarni Soedaryanto.

Sosok Minarni yang pernah diabadikan dalam Google Doodle pada 10 Mei 2019, kemudian menjadi pemenang tunggal putri dan ganda putri Malaysia Open di tahun 1966 dan 1967.

Minarni mengalahkan rekan senegara Retno Koestijah di final tunggal putri Malaysia Open 1966 dan 1967.

Yang menarik, Retno Koestijah adalah rekan duet Minarni perebut gelar juara ganda putri Malaysia Open 1966 dan 1967. 

Retno Koestijah dan Minarni Soedaryanto/foto: arsip Kompas
Retno Koestijah dan Minarni Soedaryanto/foto: arsip Kompas

Retno Koestijah juga berhasil juara di nomor ganda campuran Malaysia Open 1967 bersama teman duetnya Tan Joe Hok. 

Yang dikalahkan Retno Koestijah/Tan Joe Hok di final ganda campuran Malaysia Open 1967 adalah sesama wakil Indonesia, Darmadi/Minarni Soedaryanto.

Yang menarik, sesaat setelah merebut gelar juara pertamanya di Malaysia Open 1960, Minarni dalam wawancara dengan surat kabar The Strait Times mengatakan, "My ambition is to be the Tan Joe Hok of women's badminton."

Repro nukilan berita surat kabar The Singapore Free Press, 9 Agustus 1969
Repro nukilan berita surat kabar The Singapore Free Press, 9 Agustus 1969

Siapa yang mengira, Tan Joe Hok meraih gelar juara terakhir turnamen internasional di Malaysia Open 1967 dengan cara mengalahkan Minarni di final.

Total 9 gelar juara diraih pebulu tangkis Indonesia di Malaysia Open dari tahun 1955 hingga 1967. Empat titel juara Indonesia dari sektor tunggal putri, tiga juara dari ganda putri. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Raket Selengkapnya
Lihat Raket Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun