Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Musisi - Founder Komontok

Grand Slam US Open & Paralympics 2024 will be my last article series. Ready to finish

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Daftar Pencetak Gol Pertandingan Penentuan Juara 3 Piala Dunia, Ada 7 Peraih Golden Boot

17 Desember 2022   09:09 Diperbarui: 18 Desember 2022   01:12 635
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Just Fontaine peraih Golden Boot Piala Dunia 1958/ foto: alamy.com

Tercatat ada 73 gol tercipta dari 19 pertandingan perebutan juara 3 Piala Dunia yang telah digelar. 

Rata-rata 3,8 gol setiap pertandingan. Menandakan perebutan juara ketiga Piala Dunia selalu menarik untuk disaksikan.

Harapan pertandingan seru pun dinantikan pecandu sepak bola dalam duel Kroasia versus Maroko yang memperebutkan juara tiga Piala Dunia 2022.

Ada 7 pemain peraih Golden Boot, penghargaan kepada top skor Piala Dunia, yang mencetak gol di pertandingan perebutan juara ketiga.

Mereka adalah Leonidas (Brasil, Piala Dunia 1938), Just Fontaine (Prancis, PD 1958), Eusebio (Portugal, PD 1966), Grzegorz Lato (Polandia, PD 1974), Salvatore Schillaci (Italia, PD 1990).

Lalu ada Davor Suker (Kroasia, PD 1998), dan yang terakhir Thomas Muller (Jerman, 2010).

Menjadi hiburan tersendiri bagi peraih Golden Boot walau negaranya gagal merebut gelar juara dunia.

Rekor 6 gol yang dibuat Davor Suker buat Kroasia di Piala Dunia 1998, berpeluang dilampaui oleh Ivan Perisic dalam laga melawan Maroko.

Ivan Perisic sudah menyamai rekor gol terbanyak pemain Kroasia di Piala Dunia yang dibuat Suker saat membobol gawang Jepang di babak 16 besar.

Ivan Perisic berpeluang lewati jumlah gol Suker buat Kroasia di Piala Dunia/foto: fifa.com 
Ivan Perisic berpeluang lewati jumlah gol Suker buat Kroasia di Piala Dunia/foto: fifa.com 

Dua gol paling cepat di Piala Dunia pernah tercipta di fase pertandingan ini. Pemain Jerman, Ernst Lehner, membobol gawang Austria saat pertandingan baru berjalan 25 detik, pada duel perebutan juara tiga di Piala Dunia 1934.

Rekor gol cepat Ersnt Lehner bertahan cukup lama, hingga akhirnya diperbarui oleh pemain Cekoslowakia, Vaclav Masek, di Piala Dunia 1962. Vaclav Masek membobol gawang Meksiko ketika laga baru dimulai 15 detik.

Rekor gol tercepat Piala Dunia kemudian diperbarui lagi oleh striker Turki, Hakan Sukur, di Piala Dunia 2002.

Hakan Sukur membobo gawang Korea Selatan saat pertandingan baru dimulai 10,8 detik di pertandingan perebutan juara tiga.

Hakan Sukur pembuat gol tercepat di Piala Dunia/ foto: FIFA.com
Hakan Sukur pembuat gol tercepat di Piala Dunia/ foto: FIFA.com

Sejauh ini hanya ada lima pemain saja yang membuat lebih dari satu gol di pertandingan penentuan juara 3 Piala Dunia..

Striker legendaris Prancis, Just Fontaine, membuat rekor 4 gol di laga kontra Jerman Barat pada tahun 1958.

Empat pemain membuat dua gol, yaitu Ernst Lehner (PD 1934), Leonidas (PD 1938), Ilhan Mansiz (PD 2002), dan Bastian Schweinsteiger (PD 2006).

Bastian Schweinsteiger/ foto: FIFA com
Bastian Schweinsteiger/ foto: FIFA com

Berikut daftar lengkap pencetak gol di pertandingan semifinal Piala Dunia yang disusun berdasarkan negara yang dibela sang pemain. Data gol disusun berdasarkan sumber dari situs resmi FIFA.

Gol Jerman/Jerman Barat (13)

2 gol: Ernst Lehner  (PD 1934), Bastian Schweinsteiger (PD 2006)

1 gol: Edmund Conen (PD 1934), Hans Cieslarczyk & Helmut Rahn & Hans Schafer  (PD 1958), Wolfgang Overath (PD 1970), Thomas Muller & Marcell Jansen & Sami Khedira (PD 2010

1 gol bunuh diri pemain Portugal, Armando Petit (PD 2006(

Gol Prancis (12)

4 gol: Just Fontaine (PD 1958)

1 gol: Raymond Kopa & Yvon Douis (PD 1958), Ren Girard & Alain Couriol (PD 1982), Jean-Marc Ferreri & Jean-Pierre Papin & Bernard Genghini & Manuel Amoros (PD 1986)

Just Fontaine peraih Golden Boot Piala Dunia 1958/ foto: alamy.com
Just Fontaine peraih Golden Boot Piala Dunia 1958/ foto: alamy.com

Gol Brasil (6)

2 gol: Leonidas da Silva (PD 1938)

1 gol: Romeu Pellicciari & Jose Percio Berjun (PD 1938), Manoel Rezende Nelinho & Dirceu(PD 1978)

Gol Swedia (6)

1 gol: Sven Jonasson & Arne Nyberg (PD 1938), Tomas Brolin & Hakan Mild & Henrik Larsson & Kennet Andersson (PD 1994)

Gol Austria (5)

1 gol: Johann Horvath & Karl Sesta (PD 1934) Ernst Stojaspal & Ernst Ocwirk (PD 1954)

1 gol bunuh diri pemain Uruguay, Luis Alberto Cruz (PD 1954)

Gol Polandia (4)

1 gol: Grzegorz Lato (PD 1974), Andrzej Szarmach & Stefan Majewski & Janusz Bogdan Kupcewicz (PD 1982)

Gol Belanda (4)

1 gol: Boudewijn Zenden (PD 1998), Robin Van Persie & Daley Blind & Georginio Wijnaldum (PD 2014)

Gol Belgia (4)

1 gol: Jan Ceulemans & Nico Claesen (PD 1986) Thomas Meunier & Eden Hazard (PD 2018)

Gol Italia (3)

1 gol: Franco Causio (PD 1978), Roberto Baggio & Salvatore Schillaci (PD 1990)

Gol Turki (3)

2 gol: llhan Mansiz (PD 2002)

1 gol: Hakan Sukur (PD 2002)

Gol Portugal (3)

1 gol: Eusebio da Silva & Jos Augusto Senica Torres (PD 1966) Nuno Gomes (PD 2006)

Gol Uruguay (3)

1 gol: Juan Eduardo Hohberg  (PD 1954), Edinson Cavani & Diego Forlan (PD 2010)

Gol Kroasia (4)

1 gol: Robert Prosinecki & Davor Suker  (PD 1998), Josko Gvardiol, Mislav Orsic (PD 2002)

Gol Korea Selatan (2)

1 gol: Lee Eul-yong & Song Chong-gug (PD 2002)

Gol Chile (1)

1 gol: Eladio Rojas (PD 1962)

Gol Uni Soviet (1)

1 gol: Eduard Vassilievich Malofeyev  (PD 1966)

Gol Inggris (1)

1 gol: David Platt (PD 1990)

Gol Maroko (1)

1 gol: Achraf Dari (PD 2022)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun