Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Penulis - Digipreneur since 2010

you can contact me at bolafanatik(at)Gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Siapa Saja Pencetak Gol di Semifinal Piala Dunia FIFA? Ini Daftarnya

13 Desember 2022   21:46 Diperbarui: 17 Desember 2022   08:50 548
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sergio Goycochea dan Maradona pahlawan Argentina di adu penalti semifinal Piala Dunia 1990/ foto: FIFA.com

Ada 127 gol tercipta dari total 36 pertandingan semifinal Piala Dunia FIFA yang sudah digelar. Lima pertandingan semifinal berakhir lewat adu penalti.

Hanya empat pemain saja yang bisa membuat gol dalam dua pertandingan semifinal Piala Dunia di tahun yang berbeda. 

Pemain pertama yang melakukannya adalah Hans Schäfer di semifinal Piala Dunia 1954 dan 1958

Lalu legenda Brasil, Vava, di semifinal Piala Dunia 1958 dan 1962. 

Bek kiri legendaris Jerman Barat, Andreas Brehme, membuat gol lewat tendangan penalti di semifinal Piala Dunia 1986 dan 1990.

Striker fenomenal Brasil, Ronaldo Nazario Lima, membobol gawang lawan di semifinal Piala Dunia 1998 dan 2002. 

Pemain Kroasia, Ivan Perisic, di Piala Dunia tahun ini berkesempatan untuk menyamai rekor Vava, Andres Brehme, dan Ronaldo.

Perisic membuat gol saat Kroasia ungguli Belgia di semifinal Piala Dunia 2018.

Ivan Perisic membuat gol di semifinal Piala Dunia 2018/foto: FIFA.com
Ivan Perisic membuat gol di semifinal Piala Dunia 2018/foto: FIFA.com

Pemain Argentina, Luis Monti, pemain pertama yang membuat gol di babak semifinal Piala Dunia di pertandingan melawan Amerika Serikat pada tanggal 26 Juni 1930.

Monti membobol gawang lawan pada menit ke-20, membuka pesta gol Argentina ke gawang Amerika Serikat.

Di pertandingan yang sama, Carlos Peucelle membuat sejarah sebagai pemain pertama yang mencetak dua gol di semifinal Piala Dunia. 

Carlos Peucelle mencetak gol keduanya ke gawang USA pada menit 85, berselang lima menit setelah gol pertamanya.

Dua menit setelah Peucelle membuat brace, giliran Guillermo Stabile yang mencetak gol kedua. Stabile sebelumnya buat gol di menit 69. Argentina menang besar 6-1 atas USA. 

Sehari kemudian giliran tuan rumah Uruguay yang menang besar 6-1 atas Yugoslavia. 

Yugoslavia sempat memimpin 1-0 terlebih dulu di menit keempat lewat gol Dorde Vujadinovic. 

Memasuki menit kesembilan, gol Dorde Vujadinovic dianulir oleh wasit. Menjadi gol pertama pada babak empat besar Piala Dunia yang tidak disahkan wasit.

Uruguay kemudian membuat comeback dahsyat. Juan Peregrino Anselmo membuat dua gol.

Dilanjutkan oleh Jose Pedro Cea yang mencatatkan namanya dalam buku rekor sebagai pemain pertama yang membuat hattrick gol di pertandingan semifinal Piala Dunia FIFA.

Jose Cea tiga kali membobol gawang Yugoslavia pada menit 18, 67, dan 72.

Pele/ foto: FIFA.com
Pele/ foto: FIFA.com

Hingga kini baru tiga pemain yang mampu membuat hattrick gol dalam pertandingan semifinal Piala Dunia, yaitu Jose Pedro Cea, Oldrich Nejedlý di semifinal Piala Dunia 1934, dan Pele di semifinal Piala Dunia 1958.

Sedangkan pemain yang mencetak dua gol di babak semifinal Piala Dunia sejauh ini ada 17 orang. 

Dua pemain terakhir yang melakukannya adalah Toni Kroos dan Andre Schurrle saat Jerman membantai Brasil di semifinal Piala Dunia 2014.

Toni Kroos buat dua gol saat Jerman membantai Brasil di semifinal Piala Dunia 2014/ foto: FIFA.com
Toni Kroos buat dua gol saat Jerman membantai Brasil di semifinal Piala Dunia 2014/ foto: FIFA.com

Kemenangan 7-1 yang dibuat Jerman atas Brasil di Piala Dunia 2014 juga jadi pertandingan yang paling banyak menghasilkan gol di semifinal turnamen ini.

Pemain Swedia, Arne Nyberg, pada semifinal Piala Dunia Dunia tahun 1938 menjebol gawang Hungaria di detik 35. Hingga kini jadi gol tercepat di semifinal Piala Dunia.

Di pertandingan semifinal Piala Dunia 1938 lainnya, Giuseppe Meazza membuat gol dari tendangan penalti. Gol penalti pertama di babak empat besar Piala Dunia.

Pemain legendaris Hungaria, Sndor Kocsis, jadi pemain pertama yang mencetak gol di babak tambahan waktu semifinal Piala Dunia.

Sndor Kocsis menjebol gawang Uruguay di menit 111 dan 116 di Piala Dunia 1954.

Di pertandingan semifinal tahun 1970, striker Italia Luigi Riva menjadi pemain pengganti pertama yang buat gol di semifinal Piala Dunia ketika hadapi Jerman Barat.

Satu-satunya gol bunuh diri yang terjadi di semifinal Piala Dunia dibuat oleh Sven Jacobsson. Pemain Swedia tersebut tak sengaja membobol gawangnya sendiri saat hadapi Hungaria di Piala Dunia 1938.

Sepanjang sejarah, baru sekali terjadi dua pertandingan semifinal Piala Dunia di edisi yang sama berakhir dengan adu penalti.

Terjadi pada semifinal Piala Dunia 1990. Argentina kalahkan tuan rumah Italia dengan skor 4-3 saat adu penalti. Jerman Barat unggul 4-3 juga dalam adu penalti lawan Inggris. 

Sergio Goycochea dan Maradona pahlawan Argentina di adu penalti semifinal Piala Dunia 1990/ foto: FIFA.com
Sergio Goycochea dan Maradona pahlawan Argentina di adu penalti semifinal Piala Dunia 1990/ foto: FIFA.com

Piala Dunia 2002 jadi momen pertandingan semifinal dengan jumlah gol paling sedikit. Jerman unggul 1-0 atas Korea Selatan, dan Brasil menang 1-0 lawan Turki di semifinal Piala Dunia 2002.

Itulah fakta-fakta menarik seputar pencetak gol di babak semifinal Piala Dunia FIFA.

Berikut daftar lengkap pencetak gol di pertandingan semifinal Piala Dunia yang disusun berdasarkan negara yang dibela sang pemain. Data gol berasal dari situs resmi FIFA 

Gol Jerman/Jerman Barat (27)

  • 2 gol: Fritz Walter & Ottmar Walter (semifinal PD 1954),Hans Schafer (semifinal PD 1954 & 1958),  Gerd Mueller (semifinal PD 1970), Andreas Brehme (semifinal PD 1986 & 1990), Toni Kroos & Andre Schurrle (semifinal PD 2014)
  • 1 gol: Rudi Noack (semifinal PD 1934), Maximilian Morlock (semifinal PD 1954),  Helmut Haller & Franz Beckenbauer (semifinal PD 1966), Karl-Heinz Schnellinger (semifinal PD 1970), Pierre Littbarski & Karl-Heinz Rummenigge & Klaus Fischer (semifinal PD 1982), Rudi Vller (semifinal PD 1986), Michael Ballack (semifinal PD 2002), Thomas Mller & Miroslav Klose & Sami Khedira (semifinal PD 2014)

Gol Brasil (17)

  • 3 gol: Pele (semifinal PD 1958), Vava (semifinal PD 1958 & 1962)
  • 2 gol: Garrincha (semifinal PD 1962), Ronaldo Nazario Lima (semifinal PD 1998 & 2002)
  • 1 gol: Romeu Pellicciari (semifinal PD 1938), Didi Pereira (semifinal PD 1958), Clodoaldo & Jairzinho & Roberto Rivellino (semifinal PD 1970), Romrio de Souza (semifinal PD 1994), Oscar dos Santos (semifinal PD 2014)

Gol Italia (14)

  • 2 gol: Paolo Rossi (semifinal PD 1982), Roberto Baggio (semifinal PD 1994)
  • 1 gol: Enrique Guaita (semifinal PD 1934), Luigi Colaussi & Giuseppe Meazza (semifinal PD 1938), Roberto Boninsegna & Tarcisio Burgnich & Luigi Riva & Gianni Rivera (semifinal PD 1970), Salvatore Schillaci (semifinal PD 1990), Fabio Grosso &  Alessandro Del Piero (semifinal PD 2006)

Gol Uruguay (11)

  • 3 gol: Jose Pedro Cea (semifinal PD 1930)
  • 2 gol: Juan Anselmo (semifinal PD 1930), Juan Eduardo Hohberg (semifinal PD 1954)
  • 1 gol: Victoriano Iriarte (semifinal PD 1930), Luis Alberto Cubilla (semifinal PD 1970), Diego Forln Corazzo & Maximiliano Pereira (semifinal PD 2010)

Gol Hungaria (9)

  • 2 gol: Gyula Zsengellr (semifinal PD 1938), Sandor Kocsis (semifinal PD 1954)
  • 1 gol: Pal Titkos & Gyrgy Srosi (semifinal PD 1938), Zoltn Czibor & Nndor Hidegkuti (semifinal PD 1954)
  • 1 gol bunuh diri pemain Swedia (semifinal PD 1938)

Gol Argentina (12)

  • 2 gol: Guillermo Stabile & Carlos Peucelle (semifinal PD 1930), Diego Maradona (semifinal PD 1986), Julian Alvarez (semifinal PD 2022)
  • 1 gol: Luis Monti & Alejandro Scopelli (semifinal PD 1930), Claudio Caniggia (semifinal PD 1990), Lionel Messi (semifinal PD 2022)

Gol Prancis (9)

  • 2 gol: Lilian Thuram (semifinal PD 1998)
  • 1 gol: Just Fontaine & Roger Piantoni (semifinal PD 1958), Michel Platini & Marius  Trsor & Alain Giresse (semifinal PD 1982), Zinedine Zidane (semifinal PD 2006), Samuel Umtiti (semifinal PD 2018)

Gol Cekoslowakia (6)

  • 3 gol: Oldrich Nejedl (semifinal PD 1934)
  • 2 gol: Adolf Scherer (semifinal PD 1962)
  • 1 gol: Josef Kadraba (semifinal PD 1962)

Gol Swedia (4)

  • 1 gol: Arne Nyberg (semifinal PD 1938), Karl Skoglund & Gunnar Gren & Kurt Hamrin (semifinal PD 1958)

Robben dan Sneijder pahlawan Belanda di Piala Dunia 2010/ foto: FIFA.com
Robben dan Sneijder pahlawan Belanda di Piala Dunia 2010/ foto: FIFA.com

Gol Belanda (4)

  • 1 gol: Patrick Kluivert (semifinal PD 1998), Giovanni van Bronckhorst & Wesley Sneijder & Arjen Robben (semifinal PD 2010)

Gol Inggris (4)

  • 2 gol: Bobby Charlton (semifinal PD 1966)
  • 1 gol: Gary Lineker (semifinal PD 1990), Kieran Trippier (semifinal PD 2018)

Gol Kroasia (3)

  • 1 gol: Davor Suker (semifinal PD 1998), Ivan Perisic & Mario Manduki (semifinal PD 2018)

Gol Yugoslavia (2)

  • 1 gol: Dorde Vujadinovic (semifinal PD 1930), Draan Jerkovi (semifinal PD 1962)

Gol Chile (2)

  • 1 gol: Jorge Toro Snchez & Leonel Sanchez (semifinal PD 1962)

Gol Amerika Serikat (1)

  • 1 gol: Jim Brown (semifinal PD 1930)

Gol Austria (1)

  • 1 gol: Erich Probst (semifinal PD 1954)

Gol Uni Soviet (1)

  • 1 gol: Valeriy Semenovych Porkuyan (semifinal PD 1966)

Gol Portugal (1)

  • 1 gol: Eusbio da Silva (semifinal PD 1966)

Gol Bulgaria (1)

  • 1 gol: Hristo Stoichkov (semifinal PD 1994)

Gol Spanyol (1)

  • 1 gol: Carles Puyol (semifinal PD 2010)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun