Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Musisi - Bytedance Sport Contributor

Olynpics Paris and Grand Slam US Open 2024 will be my last article series. Ready to finish in a month.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Kecanggihan Artificial Intelligence Infomo Membantu Pelaku UMKM Menjangkau Pelanggan yang Tepat

4 Desember 2022   00:36 Diperbarui: 4 Desember 2022   00:52 349
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Live podcast bersama direktur Infomo dan Smesco di Kompasianival 2022/foto: dokpri 

Presiden Joko Widodo dalam satu sesi US-ASEAN Summit pada bulan Februari 2016 yang dihadiri para pimpinan negara ASEAN dan mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, menyampaikan pandangan mengenai pentingnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebagai kunci penopang perekonomian negara di kawasan ASEAN.

Sebanyak 88 hingga 99 persen bentuk usaha di ASEAN adalah UMKM, dan bidang ini menyerap hingga 97 persen tenaga kerja di ASEAN.

Jokowi menyampaikan bahwa UMKM yang memiliki daya tahan tinggi mampu menopang perekonomian negara, bahkan saat terjadi krisis global. 

Di kesempatan pertemuan dengan para pemimpin negara tersebut Presiden Jokowi mengingatkan, bahwa tantangan yang dihadapi UMKM tidak mudah. 

UMKM kerap menghadapi kesulitan dalam mengakses modal, teknologi, dan pasar global. Sehingga perlu dukungan dari pemerintah untuk menyediakan semua akses itu.

Dalam era kecanggihan teknologi sekarang ini, seluruh pelaku UMKM dituntut untuk memasarkan produknya melalui platform digital.

Tetapi, tidak cukup hanya semata-mata sekadar terjun ke ruang digital. Diperlukan strategi pemasaran yang tepat bagi pelaku UMKM di ruang digital yang punya ekosistem luas 

Bagaimana strategi pemasaran yang tepat, jika pelaku UMKM memiliki keterbatasan pengetahuan mengenai platform digital?

Hal inilah yang dibahas secara menarik dalam sesi live podcast Kompasianival 2022 di Bentara Budaya Jakarta bertema "Menghubungkan UMKM Langsung kepada Lebih dari 100 Juta Data Pelanggan".

Sesi live podcast yang juga diramaikan dengan flash blogging Infomo ini menghadirkan narasumber George Papadopoulos (Infomo Global President & Chief Business Officer), Uki Utama (Infomo Indonesia Country Director), dan Leonard Theosabrata (Direktur Utama SMESCO Indonesia).

Infomo adalah perusahaan pengembang teknologi skala global di bidang periklanan digital dan tradisional yang berdiri tahun 2027. 

Infomo memfasilitasi penyedia telekomunikasi, penerbit dan pemilik media, serta pelaku UMKM untuk mendapatkan kesempatan pertumbuhan yang pesat. 

Sedangkan Smesco adalah lembaga resmi di bawah Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia yang bertugas untuk membantu akses pemasaran bagi usaha kecil dan menengah.

Uki Utama pada sesi live podcast di Kompasianival 2022 menyampaikan, Infomo sebagai Transparent Direct Performance Marketing Platform. sudah menggunakan kecanggihan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk menjangkau pelanggan yang tepat. 

Foto: dokpri 
Foto: dokpri 

Penggunaan oleh Infomo  untuk mengotomatisasi dan mengoptimalkan di seluruh kanal (media sosial, pencarian google, dll).

Infomo kini memiliki data pelanggan nasional hingga 140 juta, dengan ribuan segmen seusai target pemasaran. Data pelanggan yang dimiliki Infomo berasal dari perusahaan telko.

Jadi, jika kita beriklan dengan Infomo semisal sebesar 500 ribu, akan tahu sasarannya ke target pembeli yang diinginkan.

Permasalahan umum 75 persen dana iklan menguap ke media yang tidak tepat, bakal terhindarkan karena AI yang digunakan oleh Infomo.

Uki Utama menambahkan, Infomo sudah berkerjasama dengan IDA (Indonesia Digital Association) dan Indonesia Big Publishers Syndication yang terhubung dengan nerizen sekitar 2,6 miliar pageview per bulan. 

Ekosistem dari Infomo adalah dari media, perusahaan telko, dan pengusaha UMKM 

George Papadopoulos selalu Infomo Global President & Chief Business Officer) memberitahukan ada satu tools andalan yang dimiliki Infomo.

Yaitu, Advance Trading Desk yang menjadi tempat pertemuan pembeli dan penjual dalam satu dashboard. Tools yang membuat pelaku UMKM yang berlangganan Infomo menjadi tidak ribet.

Pelanggan Informo juga dimudahkan oleh AI yang akan merekomendasikan tempat iklan di media sosial yang pas.

Leonard Theosabrata selaku Direktur Utama SMESCO Indonesia menyampaikan bahwa Infomo relevan buat UMKM masa kini. 

Infomo sangat membantu pelaku UMKM karena dapat menghubungkan langsung pada 100 juta lebih pelanggan nasional.

Hal terpenting yang harus dipunyai pelaku UMKM adalah mempunyai produk yang bisa punya saya saing kuat. 

Smesco yang sudah dua tahun membangun ekosistem dengan pelaku UMKM, dan mengedepankan pemberdayaan perempuan dan kelestarian lingkungan hidup, terbantu dengan kehadiran Infomo yang menyediakan kecanggihan teknologi untuk mendukung pemasaran produk UMKM.

Ini menjadi bentuk gotong-royong antara pihak pemerintah dan swasta yang membantu masyarakat umum membangun masa depan cerah dunia UMKM.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun