Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Musisi - Bytedance Sport Contributor

Olynpics Paris and Grand Slam US Open 2024 will be my last article series. Ready to finish in a month.

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Cara Rusia Meredam Hoaks yang Digemborkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky

1 Maret 2022   14:18 Diperbarui: 1 Maret 2022   15:06 1142
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Milisi Ukraina berpaham Neo Nazi/foto:AP-Andrew Marienko

Juga tidak pernah diberitakan oleh media-media Barat, gelombang pengungsi Ukraina yang menuju wilayah Rusia. 

Keseimbangan informasi itu sangat diperlukan untuk melihat secara jernih situasai konflik di sana. 

Lalu, dari mana saya bisa memilah info yang benar terkait konflik Rusia dan Ukraina?  Apakah saya omong kosong membuat opini sembarangan?

Selain membaca dan menonton berita serta video dari media Barat, saya juga menyimak info dari media Rusia. Dan juga memperhatikan medsos warga Ukraina di Telegram. 

Info lebih valid saya dapatkan dari dua orang kawan saya di salah satu aplikasi streaming. Keduanya tinggal di wilayah konflik. 

Satu orang dari teman saya tersebut adalah warga Ukraina yang tinggal di Sevastopol, Crimea. Satu lainnya adalah orang Rusia yang tinggal di Kaluga. 

Saya berteman akrab di aplikasi dengan orang Ukraina dan Rusia itu sejak setahun lalu. 

Bukti perkawanan saya di aplikasi dengan seseorang yang tinggal di wilayah konflik Ukraina/dokpri
Bukti perkawanan saya di aplikasi dengan seseorang yang tinggal di wilayah konflik Ukraina/dokpri

Saya dapat berkomunikasi lancar dengan teman dari Ukraina dan Rusia menggunakan bahasa Inggris, karena kebetulan keduanya pernah tinggal di Kaliningrad. 

Untuk diketahui, orang Rusia dan Ukraina itu enggan menggunakan bahasa Inggris, dan tidak menggunakan aksara Latin. Hanya warga Kaliningrad saja di kawasan Rusia yang fasih berbahasa Inggris. 

Dokomen pribadi
Dokomen pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun