Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Musisi - Bytedance Sport Contributor

Olynpics Paris and Grand Slam US Open 2024 will be my last article series. Ready to finish in a month.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Caomhin Kelleher dan Deretan Gol Kiper Penentu Juara di Babak Adu Penalti

28 Februari 2022   13:25 Diperbarui: 28 Februari 2022   19:53 686
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Geronimo Rulli memeluk trofi Europa League 2021/foto: UEFA com 

Kemudian, Rost memblok sepakan penalti Lothar Matthaeus, dan memastikan Werder Bremen menjadi juara.


____________________

Selain enam kiper yang telah saya sebutkan, ada empat kiper yang turut sukses menjebol gawang lawan dalam babak adu penalti di pertandingan final. 

Tapi, empat kiper yang saya sebutkan berikut bukan penendang penalti penentu timnya juara, karena setelahnya ada pemain lain yang menjadi eksekutor.

Kennedy Mweene (Zambia, final Piala Afrika 2012)

Timnas Zambia pada tahun 2012 membuat heboh dunia sepak bola. Zambia meraih juara Piala Afrika 2012 setelah di final menang adu penalti melawan Pantai Gading ya g diperkuat pemain-pemain top dunia sekelas Didier Drogba, Yaya Toure, Gervinho dan Kolo Toure.

Setelah dalam 120 menit tak ada gol, final Piala Afrika 2012 dilanjutkan dengan adu penalti. Kiper Kennedy Mweene, berhasil menjadi eksekutor kelima Zambia.

Hingga penendang ketujuh, semua pemain Zambia dan Pantai Gading berhasil. Kolo Toure lalu mengambil penalti, tapi diblok oleh Mweene.

Kemudian, eksekusi penalti Zambia yang diambil Rainford Kalaba malah melambung tinggi.

Gervinho penendang penalti kesembilan Pantai Gading, eksekusinya melenceng jauh. Stoppila Sunzu tak menyia-nyiakan penalti Zambia, berhasil mengecoh kiper Boubacar Barry. Zambia menang 8-7 dan sukses juara.

Alain Goumamene (Pantai Gading , final Piala Afrika 1992)

Timnas Pantai Gading meraih gelar juara perdana Piala Afrika di tahun 1992, setelah di final menang adu penalti lawan Ghana. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun