Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Musisi - Kompasiana

ready to finish in a month maybe in 1001 or 1010

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

NBA All-Star 2022, Minus Kapten Tim dan Bertabur Debutan

18 Februari 2022   20:31 Diperbarui: 19 Februari 2022   05:37 1187
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

NBA All-Star Game 2022 segera digelar. Pertandingan NBA All-Star 2022 dijadwalkan tanggal 20 Februari, bertempat di Rocker Morgage FieldHouse markas tim Cleveland Cavaliers. 

Sama seperti setahun sebelumnya, duel antara dua tim di NBA All-Star Game tahun ini mengusung nama kapten yang sama, LeBron. James dan Kevin Durant. 

Lebron dan Durant meraih voting terbanyak dari Wilayah Barat dan Timur, sehingga didaulat menjadi kapten tim yang berlaga di NBA All-Star 2022. 

LeBron dan Durant kembali terpilih sebagai kapten tim NBA All-Star Game/foto: nba.com
LeBron dan Durant kembali terpilih sebagai kapten tim NBA All-Star Game/foto: nba.com

Voting pemilihan roster NBA All-Star diberikan oleh fans, awak media, dan pemain NBA aktif. 

Lima pemain dari masing-masing wilayah yang mendapatkan voting tertinggi langsung terpilih sebagai pemain starter. 

Dua pemain berposisi sebagai guard, tiga pemain area frontcourt (forward & center).

Pemain yang terpilih menjadi starter NBA All-Star Game 2022: dari hasil voting,

Wilayah Timur:

Trae Young (Atlanta Hawks, guard); DeMar DeRozan (Chicago Bulls, guard); Kevin Durant (Brooklyn Nets, forward); Giannis Antetokounmpo (Milwaukee Bucks, forward); Joel Embiid (Philadelphia 76ers, center)

Wilayah Barat:

Stephen Curry (Golden State Warriors, guard); Ja Morrant (Memphis Grizzlies, guard); LeBron James (Los Angeles Lakers, forward); Andrew Wiggins (Golden State Warriors, forward); Nikola Jokic (Denver Nuggets). 

Sayangnya, Kevin Durant terpaksa absen dari NBA All-Star 2022 karena masih cedera lutut. 

Mengulangi kisah tahun 2021. Saat itu Durant juga mundur dari pertandingan All-Star walau terpilih jadi kapten tim.

Walau tak ikut main, Durant tetap mendapatkan hak istimewa untuk memilih pemain mana yang akan bergabung ke timnya. 

Kevin Durant dua tahun beruntun batal tampil di All-Star Game karena cedera/foto: cbssports.com
Kevin Durant dua tahun beruntun batal tampil di All-Star Game karena cedera/foto: cbssports.com

Selain lima pemain starter, ada tujuh pemain cadangan (reserves) dari masing-masing wilayah yang dipilih berdasarkan voting dari pelatih NBA. Setiap pelatih tidak boleh memilih pemain dari timnya sendiri. 

Dua dari 14 pemain cadangan yang terpilih, terpaksa mundur dari All-Star Game karena dibekap cedera, yaitu Draymond Green (Golden State Warriors) dan James Harden (Philadelphia 76ers). 

Sehingga ada tiga pemain dipilih untuk menggantikan yang cedera, yaitu LaMelo Ball (Charlotte Hornets), Dejounte Murray (San Antonio Spurs), dan Jarrett Allen (Cleveland Cavaliers). 

Pelatih Phoenix Suns, Monty Williams, terpilih untuk mengawaki tim LeBron James.

Sedangkan tim Kevin Durant akan dikawal oleh pelatih Miami Heat, Erik Spoelstra.

LeBron yang diberikan kesempatan duluan untuk memilih draft pemain buat timnya, memutuskan Giannis sebagai pemain pilihan pertamanya. 

Sedangkan Durant memilih Embiid sebagai pemain pilihan pertama di timnya. 

Daftar lengkap draft pemain masing-masing tim, sebagai berikut:

Pemain Starter Tim LeBron James:

DeMar DeRozan, Stephen Curry, LeBron James, Giannis Antetokounmpo, Nikola Jokic

Pemain Reserves Tim LeBron James:

Luka Doncic (Dallas Mavericks), Darius Garland (Cleveland Cavaliers), Chris Paul (Phoenix Suns), Jimmy Butler (Miami Heat), Donovan Mitchell (Utah Jazz), Fred VanVleet (Toronto Raptors), Jarrett Allen

Pemain Starter .Tim Kevin Durant: 

Ja Morrant, Trae Young, Andrew Wiggins; Jayson Tatum (Boston Celtics), Joel Embiid

Pemain Reserves Tim Kevin Durant: 

Devin Booker (Phoenix Suns), Zach LaVine (Chicago Bulls), Dejounte Murray, LaMelo Ball; Khris Middleton (Milwaukee Bucks), Karl-Anthony Towns (Minnesota Timberwolves), Rudy Gobert (Ultah Jazz)

Ada 7 pemain yang akan menjalani debut di NBA All-Star Game, yaitu Wiggins, LaMelo, Garland, VanVleet, Jarrett, Ja Morrant, dan Dejounte.

Andrew Wiggins salah satu pemain debutan di NBA All-Star Game 2022/foto:NBA.con
Andrew Wiggins salah satu pemain debutan di NBA All-Star Game 2022/foto:NBA.con

Sedangkan LeBron James akan jalani All-Star Game ke-18, menyamai rekor almarhum Kobe Bryant.

Rekor penampilan di NBA All-Star Game hinggga saat ini masih dipegang oleh Kareem Abdul-Jabbar yang ikut serta sebanyak 19 kali. 

Format Pertandingan

Format pertandingan masih sama seperti tahun sebelumnya. Masing-masing tim bersaing untuk memenangkan tiga kuarter awal 

Pemain dari tim pemenang kuarter, masing-masing akan menerima hadiah sebesar 100 ribu US dollar. 

Sedangkan pemain dari tim yang kalah di kuarter pertandingan menerima hadiah 25 ribu US dollar. Semua hadiah yang diterima pemain akan didonasikan kepada yayasan sosial yang dipilih.

Penentuan pemenang pertandingan di kuarter keempat berdasarkan aturan "Elam Ending".

Target skor yang harus dicapai kedua tim di kuarter keempat adalah 24 poin plus total angka tertinggi yang diraih salah satu tim di kuarter satu hingga tiga. Angka 24 merujuk kepada nomor Jersey yang pernah dipakai Kobe Bryant.

Contoh target skor, tim LeBron meraih skor tertinggi di kuarter ketiga sebanyak 150 poin. Maka pemenang pertandingan di kuarter keempat adalah tim yang duluan mencapai skor 174. Akumulasi 169 poin + 24 poin. 

Tim LeBron James selalu menang di All-Star Game sejak format "Elam Ending" digunakan pertama kali pada tahun 2018. 

Giannis Antetokounmpo MVP NBAAll-Star Game 2021/foto: NBA.com
Giannis Antetokounmpo MVP NBAAll-Star Game 2021/foto: NBA.com

Di NBA All-Star Game 2021, tim LeBron James menang telak 170-150 atas regu Kevin Durant. Penghargaan pemain terbaik (MVP) diberikan kepada Giannis Antetokounmpo yang membuat 35 poin, 7 rebound, dan 3 assist.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun