Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Musisi - Bytedance Sport Contributor

Olynpics Paris and Grand Slam US Open 2024 will be my last article series. Ready to finish in a month.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Aliou Cisse, Sang Pemimpin yang Bawa Senegal Tiga Kali ke Final Piala Afrika

4 Februari 2022   17:32 Diperbarui: 4 Februari 2022   17:38 2177
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Aliou Cisse sedang berikan instruksi kepada Sadio Mane/foto: sofoot.com

Kiprah fenomenal Senegal berlanjut hingga babak perempat final Piala Dunia 2002. 

Aliou Cisse berebut bola dengan Thierry Henry di World Cup 2002/foto: theguardian.com
Aliou Cisse berebut bola dengan Thierry Henry di World Cup 2002/foto: theguardian.com

Pencapaian The Indomitable Lions menyamai prestasi terbaik negara Afrika lainnya, Kamerun, yang sukses di Piala Dunia 1990.

Sukses dalam debut di Piala Dunia bersama Metsu, seketika pemain-pemain pilar timnas Senegal menjadi rebutan klub-klub elit Eropa. Semisal El Hadji Diouf, Khaliou Fadiga, Henri Camara, dan Aliou Cisse.

Aliou Cisse yang kemudian berlabuh ke klub Liga Inggris, Birmingham City dan Portsmouth, adalah kapten tim Senegal di Piala Dunia 2002.

Beberapa bulan sebelum tampil di Piala Dunia, Aliou Cisse memimpin rekan-rekannya membuat prestasi mengesankan lolos hingga babak final Piala Afrika.

Tembus ke pertandingan puncak di tahun 2002 adalah pengalaman pertama timnas Senegal mencapai final Piala Afrika.

Sayangnya, Senegal kalah menyakitkan dalam drama adu penalti melawan Kamerun di final Piala Afrika 2002. Aliou Cisse salah satu pemain Senegal yang gagal mengeksekusi penalti.

Aliou Cisse selepas gantung sepatu merintis karier sebagai pelatih tim Senegal U23 di tahun 2013. Dua tahun kemudian Aliou diangkat menjadi pelatih kepala timnas senior.

Aliou Cisse memulai karier melatih sejak 2013/foto: theguardian.com
Aliou Cisse memulai karier melatih sejak 2013/foto: theguardian.com
Timnas Senegal yang prestasinya menurun selepas ditinggal Bruno Metsu, berhasil bangkit kembali bersama sang legenda hidup, Aliou Cisse. Senegal lolos ke Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Rusia.

The Indomitable Lions tampil cukup apik di Piala Dunia 2018, namun tersingkir di fase grup dengan cara menyakitkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun