Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Musisi - Bytedance Sport Contributor

Olynpics Paris and Grand Slam US Open 2024 will be my last article series. Ready to finish in a month.

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

Race Pembuka Formula E Dimulai Pekan Ini, Ada Rekan Setim Rio Haryanto di F1

25 Januari 2022   16:31 Diperbarui: 26 Januari 2022   04:38 884
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pascal Wehrlein kini membalap di Formula E bersama tim Porsche/foto: vodafone.com

Race pembuka Formula E musim 2022 dimulai akhir pekan ini di Riyadh Street Circuit. 

Penyelenggaraan Formula E di sirkuit jalan raya kota Riyadh yang dikenal dengan nama Diriyah ePrix sudah berlangsung sejak tahun 2018.

2 race akan digelar di Diriyah ePrix akhir pekan nanti. Ada 22 pembalap dari 11 yang ikut serta.

Juara dunia bertahan Formula E asal Belanda, Nyck De Vries, masih membawa mobil milik Mercedes-EQ Formula E Team.

Nyck De Vries yang juga  berstatus sebagai pembalap cadangan tim Mercedes di Formula One, merupakan pemenang race 1 Diriyah e-Prix 2021.

Nyck De Vries juara dunia Formula E 2021/ foto: nu.nl
Nyck De Vries juara dunia Formula E 2021/ foto: nu.nl

Lima pembalap mantan juara dunia Formula E juga akan tampil di race Diriyah ePrix 2022. 

Mereka adalah Antonio Felix da Costa (juara dunia 2020), Jean Eric Vergne (juara dunia 2018 dan 2019), Lucas di Grassi (juara dunia 2017), Sebastien Buemi (juara dunia 2016).

Antonio Giovinazzi, pembalap Italia yang baru lepas kontrak dari tim F1 Alfa Romeo Racing, bakal membalap di Formula E 2022 bersama tim Dragon/Penske Autosport.

Memang ada banyak eks pembalap F1 yang tampil Formula E musim ini. Selain Giovinazzi, eks pilot mobil Formula One adalah Vergne, di Grassi, Buemi, Stoffel Vandoorne, Andre Lotterer, dan Pascal Wehrlein.

Pascal Wehrlein yang memperkuat TAG Heuer Porsche Formula-E Team musim ini adalah rekan satu tim pembalap Indonesia Rio Haryanto di balapan F1 tahun 2016.

Pascal Wehrlein (berkacamata hitam) dan Rio Haryanto (bertopi)/ foto: Manor Racing Grand Prix
Pascal Wehrlein (berkacamata hitam) dan Rio Haryanto (bertopi)/ foto: Manor Racing Grand Prix

Rio Haryanto barengan Pascal Wehrlein membuat debut di balapan jet darat F1 dengan tim Manor Racing.

Kiprah Rio Haryanto sangat singkat di F1. Rio kontraknya diputus di tengah musim 2016 karena tidak ada sponsor untuk membayar fee kepada Manor Racing. 

Posisi Rio Haryanto di tim Manor Racing digantikan oleh Esteban Ocon. Rio Haryanto hanya sempat merasakan 12 race di Formula One tahun 2016. 

Rio Haryanto hanya sempat merasakan 12 race Formula One/foto: AFP
Rio Haryanto hanya sempat merasakan 12 race Formula One/foto: AFP
Setelah itu Rio Haryanto vakum lama dari dunia balapan. Dia baru tampil lagi membalap di tahun 2019 pada ajang T2 Motorsports.

Sedangkan kiprah Pascal Wehrlein bersama Manor Racing berlanjut hingga akhir musim 2016. Wehrlein yang tampil dalam 21 race bersama Manor Racing memberikan 1 poin di Grand Prix Austria.

Manor Racing bangkrut di tahun 2017. Sehingga Wehrlein pindah ke tim Sauber. 

Pembalap asal Jerman itu memberikan kontribusi 5 poin buat Sauber di musim 2017. Namun, Sauber tidak memperpanjang kontrak Wehrlein di musim balap berikutnya.

Pascal Wehrlein lalu memutuskan pindah membalap ke Formula E di tahun 2018. Wehrlein memperkuat tim Mahindra Racing hingga tahun 2019.

Pascal Wehrlein kini membalap di Formula E bersama tim Porsche/foto: vodafone.com
Pascal Wehrlein kini membalap di Formula E bersama tim Porsche/foto: vodafone.com

Wehrlein pindah ke tim Porsche tahun 2020 dan bertahan hingga kini. Prestasi terbaik Pascal Wehrlein bersama Porsche di Formula E yaitu naik podium ketiga di race 2 Rome ePrix 2021.

Sedangkan Esteban Ocon yang menggantikan posisi Rio Haryanto di Manor Racing karier balapnya semakin cemerlang. 

Ocon saat ini memperkuat tim F1 Alpine, dan merasakan juara Grand Prix Hungaria 2021.

Pihak penyelenggara Formula E sudah menjadwalkan 16 race di tahun 2022. Race 1 dan 2 di Riyadh Street Circuit tanggal 28 dan 29 Januari. 

Indonesia kebagian jatah menggelar satu race Formula E. Dijadwalkan tanggal 4 Juni 2022.

Rancangan Jakarta International ePrix Circuit yang sedang dibuat/ dokumentasi: Jakarta Propertindo
Rancangan Jakarta International ePrix Circuit yang sedang dibuat/ dokumentasi: Jakarta Propertindo

Namun, Jakarta International ePrix Circuit di Ancol yang akan digunakan sebagai tempat race Formula E, masih belum tuntas pembangunannya. 

Sambil harap-harap cemas menanti apakah Formula E bakal jadi digelar di Indonesia, kita nikmati dulu adu cepat pembalap dalam seri Diriyah ePrix. 

Daftar Tim dan Pembalap Formula One 2022

Mercedes EQ Formula E Team (Jerman)

  • Stoffel Vandoorne (Belgia)
  • Nyck De Vries (Belanda) 

Jaguar TCS Racing (Inggris)

  • Mitch Evans (Selandia Baru)
  • Sam Bird (Inggris) 

DS Techeetah (China)

  • Antonio Felix da Costa (Portugal)
  • Jean Eric Vergne (Prancis)

Envision Racing (Inggris)

  • Robin Frinjs (Belanda)
  • Nick Cassidy (Selandia Baru)

Avalenche Andretti Formula E (USA)

  • Jake Dennis (Inggris) 
  • Oliver Askew (USA) 

ROKIT Venturi Racing (Monaco) 

  • Lucas di Grassi (Brasil)
  • Eduardo Mortara (Swiss) 

TAG Heuer Porsche Formula-E Team (Jerman)

  • Andre Lotterer (Jerman)
  • Pascal Wehrlein (Jerman)

Mahindra Racing (India)

  • Alexander Sims (Inggris)
  • Oliver Rowland (Inggris) 

Nissan E.dams (Prancis)

  • Maximilian Gunther (Jerman) 
  • Sebastien Buemi (Swiss) 

Dragon/Penske Autosport (USA) 

  • Sergio Settle Camara (Brasil) 
  • Antonio Giovinazzi (Italia) 

NIO 333 FE Team (China) 

  • Oliver Turvey (Inggris) 
  • Dan Ticktum (Inggris) 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Balap Selengkapnya
Lihat Balap Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun