Para pemain bintang eksodus ke Kamerun di awal tahun 2022. Mereka bersiap tampil membela negara masing-masing di Piala Afrika yang penyelenggaraannya tertunda setahun karena kondisi pandemi Covid-19.
Sederet pemain tenar yang rajin mencetak gol bakal bertanding di Piala Afrika yang dijadwalkan berlangsung pada tanggal 9 Januari hingga 6 Februari.
Dari data yang dilansir FIFA, terdapat 11 pemain di Piala Afrika tahun ini yang sudah membuat 20 gol atau lebih buat negaranya.
Siapa saja mereka? Siapa pemain yang Anda jagokan menjadi top skor Piala Afrika 2022?
Mohamed Salah (Mesir)
Aksi Mohamed Salah yang saat ini gemilang di kompetisi Eropa bersama Liverpool dinantikan banyak orang di Piala Afrika.
Mesir pemilik titel juara Piala Afrika  terbanyak. Namun, gelar juara terakhir sudah lama sekali, yakni di tahun 2010.Â
Mohamed Salah yang sudah mencetak 45 gol dari 74 caps buat negaranya, menjadi tumpuan utama rakyat Mesir yang sudah lama mendambakan trofi juara Piala Afrika direbut kembali.Â
Salah nyaris membawa Mesir juara Piala Afrika tahun 2017 lalu. Namun, Mesir kalah 1-2 di babak final melawan Kamerun
Kuartet Pemain AljazairÂ
Timnas Aljazair berpotensi kuat untuk mempertahankan gelar juara Piala Afrika.
Aljazair punya empat pemain yang sudah mencetak 20 gol atau lebih. Semuanya merupakan anggota skuad Aljazair saat juara Piala Afrika 2019.
Islam Slimani yang kini memperkuat klub Olympique Lyon, berstatus sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa negaranya. Slimani sudah buat 38 gol dari 79 caps.
Pemain bintang Manchester City, Riyad Mahrez, sudah mencetak 26 gol dari 70 kali membela Aljazair.Â
Dua pemain Aljazair lainnya yang rajin membobol gawang lawan adalah, Baghdad Bhounejah (24 gol, 52 caps) dan Sofiane Feghouli (20 gol, 73 caps)
Getaneh Kebede (Ethiopia)
Nama Getaneh Kebede masih asing bagi penggemar sepak bola di dunia. Maklum saja, Getaneh hanya pemain Liga lokal Ethiopia yang memperkuat klub Wolkite City.
Walau tidak terkenal, Getaneh Kebede berpotensi jadi top skor Piala Afrika tahun ini, berbekal 32 gol yang telah dibuatnya dari 61 kali membela timnas Ethiopia.
Gawang lawan yang pernah dibobol Getaneh bukan tim sembarangan, antara lain Aljazair, Ghana, Pantai Gading, dan Afrika Selatan.
Pierre Emerick Aubameyang (Gabon)
Prestasi Aubameyang memang sedang anjlok bersama klubnya Arsenal.Â
Tapi, striker timnas Gabon itu dengan segudang pengalamannya berpotensi tampil cemerlang di Piala Afrika 2022.Â
Aubameyang sudah membuat 29 gol dari 71 caps bersama Gabon.Â
Sadio Mane (Senegal)
Senegal yang saat ini punya banyak pemain top dunia dijagokan banyak pihak bakal menjadi juara Piala Afrika 2022.
Sadio Mane yang sudah membuat 26 gol dari 80 caps bakal memimpin rekan-rekannya di timnas Senegal untuk merebut gelar juara.
Timnas Senegal belum pernah menjadi juara Piala Afrika. Prestasi terbaik Senegal adalah menjadi runner up di Piala Afrika tahun 2002 dan 2019.
Vincent Aboubakar (Kamerun)
Timnas Kamerun tentunya bakal ngotot meraih juara selagi menjadi tuan rumah Piala Afrika.Â
Skuad Kamerun saat ini diperkuat oleh pemain-pemain muda yang kariernya sedang cemerlang di kompetisi Eropa, antara lain Andre Onana dan Frank Zambo Anguissa.
Kamerun juga masih diperkuat pemain berpengalaman seperti Vincent Aboubakar
yang sudah membuat 25 gol dari 77 caps buat negaranya.
Vincent Aboubakar yang pernah bobol gawang timnas Indonesia dalam laga persahabatan tahun 2015, adalah pahlawan Kamerun di Piala Afrika 2017 dengan mencetak gol penentu kemenangan di final lawan Mesir.
Andre Ayew (Ghana)
Andre Ayew satu dari sedikit pemain di Piala Afrika tahun ini yang sudah meraih 100 caps.Â
Mantan striker West Ham United yang sekarang memperkuat Al Sadd tersebut, cukup rajin menjebol gawang lawan.22 gol sudah dibuat Andre Ayew buat Ghana.
Wahbi Khazri (Tunisia)
Khazri pemain Tunisia paling terkenal dalam beberapa tahun terakhir.Â
Dia pemain aktif timnas Tunisia yang jumlah golnya paling banyak. Khazri sudah buat 22 gol dari 65 caps.
Pembagian Grup Piala Afrika 2022
Grup A
Kamerun, Burkina Faso, Cape Verde, Ethiopia
Grup B
Guinea, Malawi, Senegal, Zimbabwe
Grup C
Comoros, Gabon, Ghana, MarokoÂ
Grup D
Guinea Bissau, Mesir, Nigeria, SudanÂ
Grup E
Aljazair, Equatorial Guinea, Pantai Gading, Sierra Leone
Grup F
Gambia, Mali, Mauritania, Tunisia
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H