Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Musisi - Kompasiana

ready to finish in a month maybe in 1001 or 1010

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Sejarah Pertemuan Indonesia Vs. Kamboja di Piala AFF

8 Desember 2021   17:38 Diperbarui: 9 Desember 2021   12:27 753
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Selebrasi gol Bambang Pamungkas ke gawang Kamboja/foto: kompas.com

Tim nasional sepak bola Indonesia besok (9/12) akan menjalani pertandingan pertama Piala AFF 2020 menghadapi Kamboja di Bishan Stadium, Singapore. 

Kemenangan mutlak harus diraih timnas Indonesia untuk mempermudah langkah ke babak selanjutnya. 

Kamboja dua hari lalu sudah menjalani pertandingan perdana di AFF Suzuki Cup 2020, kalah 1-3 lawan Malaysia.

Indonesia saat ini menempati ranking 166 FIFA, sedangkan Kamboja di peringkat 170.

Walau peringkat FIFA berdekatan saat ini, timnas Indonesia unggul mutlak dalam pertemuan menghadapi timnas Kamboja.

Dari data yang dilansir oleh world football, tim Garuda Indonesia sudah menang 18 kali atas Kamboja. 

Sedangkan Kamboja hanya pernah menang 2 kali. 3 pertemuan lainnya berakhir seri. 

Pemain Indonesia selalu panen gol dalam empat duel melawan Kamboja di Piala AFF. 

Indonesia vs. Kamboja (Piala AFF 1996) 

Indonesia dan Kamboja tergabung di grup A pada gelaran Piala AFF edisi perdana tahun 1996 (saat itu masih bernama Piala Tiger) yang berlangsung di Singapura.

Indonesia yang dilatih Danurwindo berduel dengan Kamboja di Jurong Stadium, tanggal 7 September. 

Timnas Indonesia yang saat itu diperkuat banyak pemain eks Primavera menang mudah 3-0 atas Kamboja. 

Kurniawan Dwi Yulianto striker andalan Indonesia era 1990an/ foto: bolasport.com
Kurniawan Dwi Yulianto striker andalan Indonesia era 1990an/ foto: bolasport.com

Kurniawan Dwi Yulianto dan Peri Sandria mencetak gol Indonesia di babak pertama. Eri Irianto menambah satu gol buat Indonesia di babak kedua. 

Indonesia yang sukses menjadi juara grup A Piala AFF 1996, sayangnya tersingkir di semi final, kalah 1-3 lawan Malaysia.

Timnas Indonesia juga kalah 2-3 oleh Vietnam di perebutan tempat ketiga. 

Indonesia vs. Kamboja (Piala AFF 2002)

Timnas Indonesia jumpa kembali dengan Kamboja di Piala AFF pada tahun 2002 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. 

Pertandingan grup A, Indonesia versus Kamboja, dilangsungkan pada tanggal 17 Desember. 

Timnas Indonesia yang saat itu dilatih oleh Ivan Kolev dibuat ketar-ketir oleh Kamboja di babak pertama. 

Kamboja unggul 2-1 atas Indonesia di separuh babak. Dua gol Kamboja diborong oleh Hok Sochetra. Satu gol Indonesia dibuat Zaenal Arif. 

Timnas Indonesia berhasil membenahi permainan di babak kedua. Bambang Pamungkas mencetak hattrick gol yang membawa Indonesia menang 4-2.

Selebrasi gol Bambang Pamungkas ke gawang Kamboja/foto: kompas.com
Selebrasi gol Bambang Pamungkas ke gawang Kamboja/foto: kompas.com

Ini adalah satu-satunya momen timnas Kamboja mampu memberikan perlawanan sengit kepada Indonesia di ajang Piala AFF.

Indonesia yang lolos ke babak berikutnya lalu menang 1-0 atas Malaysia di semi final. Sayangnya, Indonesia kalah adu penalti di final melawan Thailand.

Bambang Pamungkas meraih penghargaan Golden Boot setelah sukses menjadi top skor Piala AFF 2002 dengan koleksi 8 gol. 

Indonesia vs. Kamboja (Piala AFF 2004)

Timnas Indonesia dan Kamboja tergabung di grup A Piala AFF 2004 yang berlangsung di Vietnam.

Pertandingan Indonesia versus Kamboja digelar tanggal 13 Desember di My Dinh National Stadium, Hanoi.

Pertandingan berjalan tidak seimbang. Indonesia yang dilatih Peter Withe menang telak 8-0 atas Kamboja. 

Ilham Jaya Kesuma mencetak hattrick gol. Ellie Aiboy dan Kurniawan Dwi Yulianto masing-masing buat dua gol. Ortizan Solossa menambah satu gol di pengujung babak kedua. 

Ilham Jaya Kesuma/foto: AFP-Adek Berry
Ilham Jaya Kesuma/foto: AFP-Adek Berry

Indonesia yang menjadi juara grup A, lalu berhadapan dengan Malaysia di semi final dalam sistem home and away.

Tim Garuda kalah 1-2 pada leg pertama semi final di Stadion Gelora Bung Karno. Untungnya Indonesia bisa bangkit menang telak 4-1 pada leg kedua di kandang Malaysia.

Sayang sekali, performa Indonesia anjlok di babak final. Indonesia kalah 1-2 lawan Singapura pada leg pertama di Stadion GBK. 

Indonesia juga kalah 1-3 dalam lawatan ke Singapura di final leg kedua. 

Indonesia mendapat sedikit hiburan dengan prestasi Ilham Jaya Kesuma yang meraih Golden Boot di Piala AFF 2004 dengan torehan 7 gol. 

 Indonesia vs. Kamboja (Piala AFF 2008)

Indonesia menjadi tuan rumah saat menghadapi Kamboja di penyisihan grup A Piala AFF 2008. Pertandingan digelar tanggal 7 Desember.

Timnas Indonesia yang dilatih Benny Dollo menang telak 4-0 atas Kamboja. Budi Sudarsono mencetak hattrick, Bambang Pamungkas menambah satu gol.

Budi Sudarsono/foto: indosport.com
Budi Sudarsono/foto: indosport.com

Indonesia yang hanya menjadi runner-up grup A kemudian kalah oleh Thailand di semi final.

Budi Sudarsono yang mengoleksi 4 gol di Piala AFF 2008 meraih Golden Boot bersama pemain Singapura Agu Casmir, dan striker Thailand, Teerasil Dangda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun