Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Musisi - Bytedance Sport Contributor

Olynpics Paris and Grand Slam US Open 2024 will be my last article series. Ready to finish in a month.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Rusia vs Kroasia, Dulu Diragukan Kini Dibanggakan

7 Juli 2018   18:48 Diperbarui: 7 Juli 2018   20:41 1123
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
pemain Rusia rayakan kemenangan di babak 16 besar/ foto: fifa.com

Laga Rusia vs Kroasia di  Fisht Olympic Stadium jadi pertandingan penutup babak perempat final Piala Dunia 2018 antara. Kedua tim menang lewat babak  adu penalti di babak sebelumnya. 

Di  babak 16 besar tim tuan rumah Rusia diluar dugaan mampu menyingkirkan  mantan juara Piala Dunia, Spanyol. Sedangkan Kroasia menyisihkan tim dinamit Denmark. 

Sebelum  Piala Dunia 2018 dimulai, banyak pihak meragukan kedua tim bisa berprestasi tinggi. Masyarakat Rusia sempat skeptis melihat timnas negara mereka tak pernah menang dalam 7 pertandingan uji coba sebelum Piala  Dunia 2018 dimulai.

Rusia tak pernah berprestasi baik sejak Uni Soviet pecah menjadi  beberapa negara. Tim nasional sepak bola Rusia selalu tersisih dalam  fase babak grup di Piala Dunia tahun 1994, 2002 dan 2014.

pemain Rusia rayakan kemenangan di babak 16 besar/ foto: fifa.com
pemain Rusia rayakan kemenangan di babak 16 besar/ foto: fifa.com
Setelah membuat prestasi fenomenal menjadi juara ketiga dalam debut di  Piala Dunia 1998, timnas Kroasia tak pernah lagi melewati fase babak  grup di Piala Dunia yang diikuti pada tahun 2002, 2006 dan 2014.

Kroasia  sempat nyaris gagal lolos ke Piala Dunia 2018 setelah terseok-seok di kualifikasi yang berujung pada pemecatan pelatih sebelumnya, Ante Cacic. Akhirnya Zlatko  Dadic dipilih sebagai pelatih Kroasia sejak tanggal 7 Oktober 2017. 

Zlatko Dadic menolong Kroasia lolos ke Piala Dunia 2018, dengan mengantarkan negaranya tak terkalahkan dalam dua pertandingan terakhir kualifikasi Zona Eropa versus Finlandia dan  Ukraina, dan dua pertandingan play-off melawan Yunani. 

Namun, sebelum Piala Dunia 2018 berlangsung Kroasia sempat menderita dua kekalahan dalam empat laga uji coba.

Sejarah Rusia dan Kroasia di Perempat Final Piala Dunia

Rusia  baru kali ini menembus perempat final Piala Dunia pasca negara Uni  Soviet pecah. Pada era Uni Soviet masih bersatu, timnas Rusia sempat empat kali beruntun mencapai perempat final Piala Dunia di tahun 1958,  1962, 1966 dan 1970.

Timnas  Kroasia untuk kedua kalinya sepanjang sejarah dapat menembus perempat final Piala Dunia. Kroasia dalam debut di Piala  Dunia 1998 berhasil melewati perempat final dengan hasil menang telak 3-0 atas Jerman.

Head To Head Rusia vs Kroasia

Rusia  dan Kroasia baru tiga kali bertanding di masa lampau. Kedua tim bermain  imbang 0-0 dalam dua pertandingan di kualifikasi Piala Eropa 2008. 

Dalam pertemuan terakhir di bulan November 2015 silam,  Kroasia ungguli Rusia 3-1.  Rusia sempat unggul 1-0 lewat gol Fyodor Smolov di babak pertama. Kroasia membalas tiga gol di babak kedua melalui sumbangsih Nikola Kalinic, Marcelo Brozovic dan Mario Mandzukic.

pertandingan persahabatan Rusia vs Kroasia di bulan November 2015/ foto: zimbio.com
pertandingan persahabatan Rusia vs Kroasia di bulan November 2015/ foto: zimbio.com
Lini Serang Kroasia dan Rusia yang Berbahaya

Kroasia impresif di Piala Dunia 2018 dengan membuat total 8 gol hingga babak 16 besar berkat cemerlangnya permainan Luka Modric sebagai motor serangan. Kroasia juga masih punya Mario Mandzukic, Ivan Rakitic, Ivan Perisic dan Milan Badelj  yang dapat diandalkan untuk menjebol gawang lawan.

Luka Modric dan Danijel Subasic tampil gemilang di babak 16 besar/ foto: fifa.com
Luka Modric dan Danijel Subasic tampil gemilang di babak 16 besar/ foto: fifa.com
Lini  serang Rusia juga sangat berbahaya dengan kehadiran trio Artem Dzyuba,  Denis Cheryshev dan Aleksandr Golovin. Rusia sudah membuat total 9 gol  hingga babak 16 besar.

Lini  pertahanan Kroasia sedikit lebih solid dibandingkan Rusia yang beberapa kali melakukan kecerobohan. Kroasia sudah dua kali membuat clean sheet  di Piala Dunia 2018, sedangkan Rusia baru sekali melakukannya.

Kroasia  tak bisa menampilkan kekuatan penuh di lini tengah, karena Ivan Strinic  dan Mateo Kovacic sedang mengalami cedera. Sementara di pihak Rusia ada  Yuri Zhirkov yang diperkirakan bakal absen dalam laga perempat final,  karena masih bergelut dengan cedera.

Stanislav Cherchesov beri hormat kepada Artem Dzubya yang baru cetak gol/ fifa.com
Stanislav Cherchesov beri hormat kepada Artem Dzubya yang baru cetak gol/ fifa.com
Pelatih kepala timnas Rusia, Stanislav Cherchesov, beberapa bulan lalu  pernah berucap bahwa dirinya bertekad membawa negaranya tembus babak semifinal Piala Dunia 2018. Cita-cita Cherchesov kini tinggal selangkah  lagi terwujud. 

Tahun ini jadi kesempatan buat Kroasia untuk membuat prestasi tertinggi  di Piala Dunia, bermodalkan diperkuat oleh pemain-pemain top  dunia.

Modric dan kawan kawan merayakan gol/foto: fifa.com
Modric dan kawan kawan merayakan gol/foto: fifa.com
Kroasia dan Rusia dulu diremehkan dan diragukan dapat berbuat banyak di Piala Dunia 2018. Kini kedua timnas tersebut dibanggakan oleh pendukung masing-masing, dan siap melanjutkan kisah epik di Piala Dunia 2018. 

Jangan nonton bola tanpa kacang Garuda, sembari menanti tim mana yang terus melanjutkan kiprah di turnamen sepak bola terbesar dunia ini.

Prediksi Starting Line Up
RUSIA:

Igor Akinfeev; Sergei Ignashevich; Ilya Kutepov; Fyodor Kudryashov; Mario Fernandes; Vladimir Granat; Daler Kuzyayev; Roman Zobnin; Aleksandr Samedov; Aleksandr Golovin; Artem Dzyuba
KROASIA:
Danijel Subasic; Dejan Lovren; Domagoj Vida; Sime Vrsaljko; Ivan Strinic; Milan Badelj; Ivan Rakitic; Luka Modric; Ante Rebic; Ivan Perisic; Mario Mandzukic

Prediksi Skor
RUSIA  1-3 KROASIA

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun