Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Musisi - Bytedance Sport Contributor

Olynpics Paris and Grand Slam US Open 2024 will be my last article series. Ready to finish in a month.

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Duel Pemain Legendaris Lee Chong Wei vs Lin Dan di Semifinal Kejuaraan Asia 2017

28 April 2017   20:26 Diperbarui: 28 April 2017   20:39 512
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi Lee Chong Wei vs Lin Dan/ dokumentasi yosstory.com

Duel klasik antara dua pemain tunggal putra legendaris, Lee Chong Wei versus Lin Dan, kembali terjadi dalam semifinal Kejuaraan Badminton Asia 2017. Lee Chong Wei merupakan juara bertahan, juga pernah memenangkan Kejuaraan Asiapada tahun 2006. Sedangkan Lin Dan adalah pemegang 4 gelar Kejuaraan Badminton Asia yang diraihnya pada tahun 2010, 2011, 2014 dan 2015.

Lee Chong Wei melangkah ke semifinal setelah menang mudah 21-18 21-13 atas Hsu Jen Hao. Sedangkan Lin Dan unggul mudah 21-14 21-12 atas Chou Tien Chen untuk memastikan tempat ke babak semifinal Kejuaraan Badminton Asia 2017.

Rekor pertemuan Lin Dan masih unggul 25-11 atas LCW. Dalam perjumpaan terakhir, Lin Dan mengalahkan Lee Chong Wei di final Malaysia Open sebulan silam. Walaupun lebih sering menang lawan Lee Chong Wei, bukan berarti Lin Dan akan menang mudah dalam duel kali ini.

Pertandingan semifinal tunggal putra lainnya mempertemukan sesama pemain Tiongkok, Chen Long dan Shi Yuqi. Rekor pertemuan Chen Long sementara unggul 2-0.

Pemain tunggal putri ranking satu dunia asal Taiwan, Tai Tzu Ying melanjutkan keperkasaannya. Tai Tzu Ying melaju ke semifinal Kejuaraan Badminton Asia  2017 usai mengalahkan Chen Yufei 21-11 21-7. Ini merupakan kemenangan 28 kali secara beruntun yang diraih Tai dalam 6 turnamen yang diikutinya. Di semifinal Tai Tzu Ying bakal menghadapi pemain Korea Selatan, Lee Jang Mi. 

Tai Tzu Ying/ foto: bwfbadminton.com
Tai Tzu Ying/ foto: bwfbadminton.com
Partai semifinal tunggal putri lainnya mempertemukan unggulan ke-2 Akane Yamaguchi dengan unggulan ke-8 He Bingjiao. Akane Yamaguchi lolos ke semifinal usai menundukkan pemain putri andalan Thailand, Ratchanok Intanon. Sedangkan He Bingjiao perlu kerja keras selama 77 menit untuk menaklukkan pemain jagoan India, PV Sindhu. 

Tiongkok mendominasi semifinal Kejuaraan Badminton Asia 2017 dengan mengirimkan 10 wakil. Sedangkan asa Indonesia untuk meraih juara dalam kejuaraan ini pupus setelah pasangan Praveen Jordan/Debby Susanto takluk mengahdapi ganda Tiongkok, Wang Yilyu/Huang Dongping.

Mental bertanding yang payah masih terus menghinggapi Praveen/Debby. Pada awal gim pertama Praveen/Debby sempat memimpin skor 4-1. Namun, Wang/Huang mampu mengejar poin dan berbalik unggul 8-5. 

Praveen dan Debby berhasil menyamakan skor dan kembali unggul poin 12-9. Lagi-lagi ganda Tiongkok mampu menyamakan kedudukan jadi 13-13. Setelahnya, PraDeb kembali unggul cukup jauh 18-14. Apa daya, permainan error yang kerap ditampilkan Praveen membuat Wang Yilyu/Huang Dongping mampu mengejar skor, hingga akhirnya memenangkan gim pertama dengan skor 24-22.

Mental payah kembali diperlihatkan oleh pasangan Praveen/Debby di gim kedua. Mereka sempat unggul jauh 12-6, dan terus memimpin angka hingga kedudukan 15-12. Dalam kondisi unggul poin Praveen dan Debby tak mampu mempertahankan konsistensi permainan. Akibatnya Wang Yilyu/Huang Dongping mampu merebut angka demi angka, hingga akhirnya menang 21-19 di gim kedua. 

Di semifinal Wang Yilyu/Huang Dongping akan menghadapi ganda campuran Thailand, Puavaranukroh Dechapol/Sapsiree Taerattanachai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun