Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Musisi - Bytedance Sport Contributor

Olynpics Paris and Grand Slam US Open 2024 will be my last article series. Ready to finish in a month.

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Artikel Utama

Menghitung Peluang Calon Juara All England 2017

12 Maret 2017   10:57 Diperbarui: 13 Maret 2017   00:00 632
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menghitung kondisi terkini dan rekor pertemuan, kekuatan finalis ganda putri sangat seimbang. Kedua pasangan sama-sama belum pernah kehilangan set dalam perjalanan ke final. Saya prediksi pertandingan final Denmark Kamilla Rytter Juhl/Christinna Pedersen versus Chang Ye Na/Lee So Hee bakal berlangsung selama tiga set. 

FINAL TUNGGAL PUTRI

Final tunggal putri mempertemukan unggulan pertama Tai Tzu Ying dengan unggulan kelima Ratchanok Intanon. Di semifinal Tai Tzu Ying menyingkirkan pemain Korea Selatan, Sung Ji Hyun, lewat pertarungan sengit tiga set. Sedangkan Ratchanok lolos ke final setelah menumbangkan pemain Jepang, Akane Yamaguchi.

Tai Tzu Ying vs Ratchanok Intanon/ foto mix from allenglandbadminton.com
Tai Tzu Ying vs Ratchanok Intanon/ foto mix from allenglandbadminton.com
Tai sudah sering berjumpa dengan Ratchanok, rekor pertemuan Ratchanok unggul tipis 7-6. Bagi Ratchanok Intanon ini merupakan final keduanya di All England Open. Sebelumnya Ratchanok pernah lolos ke final All England Open tahun 2013, namun waktu itu dia kalah lawan Tine Baun. Sedangkan Tai Tzu Ying mencatatkan sejarah sebagai pemain Taiwan pertama yang mampu lolos ke final All England.

Tai Tzu Ying sama sekali belum pernah kehilangan set dalam perjalanan ke final All England 2017. Sedangkan Ratchanok sempat main tiga set saat berduel dengan Carolina Marin di perempat final.

Tai Tzu Ying dan Ratchanok Intanon mendapatkan hasil sama yang tidak mengenakkan di Olimpiade Rio, tersingkir di babak 16 besar. Tai mampu bangkit setelahnya dengan menjuarai Hong Kong Open SS dan Dubai World Super Series Finals yang membawanya menjadi peringkat 1 dunia tunggal putri. Sedangkan prestasi Ratchanok menurun anjlok pasca Olimpiade Rio, hasil terbaiknya hanya babak perempat final Japan Open sebelum sekarang lolos ke final All England. Memperhitungkan berbagai hal ini, Tai Tzu Ying punya kans lebih besar untuk menjadi pemenang partai final All England.

FINAL GANDA PUTRA

Peluang Indonesia untuk meraih gelar juara All England Open 2017 terjaga setelah pasangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo di semifinal melewati hadangan ganda Denmark, Mads Conrad Petersen/Mads Pieler Kolding. Lewat pertarungan seru dan sengit selama 69 menit, Marcus/Kevin mengungguli duo Mads dengan skor 19-21 21-13 21-17.

Di partai final All England Open 2017, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo akan menghadapi ganda Tiongkok, Li Junhui/Liu Yuchen. Sebelumnya kedua pasangan pernah sekali berjumpa dalam pertandingan semifinal turnamen Vietnam Open tahun 2015. Saat itu duet Li/Liu unggul dalam pertarungan ketat tiga set 15-21 23-21 21-18.

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs Li Junhui/Liu Yuchen/ foto: zimbio.com
Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs Li Junhui/Liu Yuchen/ foto: zimbio.com
Prestasi Marcus/Kevin memang sedang hebat-hebatnya dalam setahun terakhir. Ganda muda Indonesia tersebut sepanjang tahun 2016 lalu mampu meraih tiga gelar juara di turnamen elit China Open Super Series Premier, Australian Open Super Series, dan India Open Super Series. Sedangkan  Li Junhui/Liu Yuchen meraih juara dalam ajang Japan Open Super Series.

Setelah melihat bagaimana cara Marcus/Kevin mengalahkan pasangan Denmark di semifinal, saya optimis pasangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo bakal mampu mengatasi perlawanan Li Junhui/Liu Yuchen. 

Pertandingan final All England Open 2017 yang berlangsung di Barclaycard Arena Birmingham, bisa anda saksikan langsung melalui siaran Kompas TV, malam nanti mulai pukul 19:00 WIB. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun