Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Sports, Music, Technology Expert

pemerhati olahraga dan musik lagi getol nonton surfing, sport climbing, tenis. very welcome to contact me at bolafanatik(at)gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

4 Laga 'Kelas Berat' di 16 Besar Liga Champions Pekan Ini

14 Februari 2017   10:54 Diperbarui: 14 Februari 2017   13:58 877
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
foto dokumentasi: skysports.com

Liga Champions Eropa berlangsung kembali pada tengah pekan ini. Bakal terjadi 4 laga 'kelas berat' di babak 16 besar Liga Champions pekan ini. Delapan klub elit Eropa bakal saling beradu mengejar kemenangan di pertandingan leg pertama babak 16 besar demi memuluskan langkah ke babak selanjutnya.

Juara bertahan Liga Champions, Real Madrid, siap menjamu Napoli di Stadion Santiago Bernabeu. Juara bertahan Liga Prancis, Paris Saint Germain, bakal menjajal kekuatan klub raksasa Spanyol, FC Barcelona. Penguasa Bundesliga Jerman, Bayern Munchen, menghadapi tim elit Liga Primer Inggris, Arsenal. Sedangkan jagoan Liga Portugal, Benfica, akan beradu kuat dengan jagoan Bundesliga, Borussia Dortmund. 

PARIS SAINT GERMAIN versus BARCELONA 

Laga ini bakal menghadirkan persaingan sengit antara pemain-pemain kelas satu dunia yang dimiliki oleh kedua klub. Terakhir kali berduel, Paris Saint Germain dan Barcelona sempat berjumpa sebanyak empat kali pada Liga Champions musim 2014/2015. Di fase babak grup Liga Champions musim 2014/15, PSG memenangkan pertemuan pertama yang berlangsung di Parc Des Princes. PSG unggul dengan skor 3-2. Barcelona membalas kekalahan di pertemuan berikutnya di Camp Nou. Barca menang 3-1. 

Kedua tim kembali berjumpa pada babak perempat final musim 2014/15. Kali ini Barcelona merajalela unggul dalam dua leg pertandingan. Dalam lawatan tandang, Barca menaklukkan PSG dengan skor 3-1. Dalam laga kandang di Camp Nou, Barcelona kembali menang atas PSG dengan skor 2-0 berkat sepasang gol yang dibuat oleh Neymar. 

foto dokumentasi: uefa.com
foto dokumentasi: uefa.com
Pertarungan kedua klub bakal ketat dan sengit, karena PSG dan Barcelona sama-sama sedang dalam trend positif walau saat ini masih menempati peringkat kedua di liga masing-masing. Paris Saint Germain sudah tak terkalahkan dalam 11 pertandingan terakhir di kompetisi lokal Prancis. Begitu halnya dengan Barcelona yang tak terkalahkan dalam 11 laga terakhir di kompetisi lokal Spanyol. 

Pada awal musim ini Paris Saint Germain mengganti pelatih. Laurent Blanc yang berjasa membawa PSG tiga kali beruntun juara Liga Prancis, serta membawa PSG tiga kali beruntun tembus perempat final Liga Champions, diluardugaan dipecat oleh pihak manajemen. Unai Emery yang berprestasi membawa Sevilla tiga kali beruntun jadi juara Liga Europa, dipilih untuk menggantikan posisi Blanc, dengan harapan dapat membawa PSG berjaya di kompetisi Eropa.

Hingga pertengahan musim ini, di bawah kendali Unai Emery prestasi PSG terseok-seok di kompetisi lokal dan Liga Champions. Untunglah, memasuki tahun 2017 prestasi PSG kembali moncer. Kekuatan skuat PSG semakin bertambah jelang Barcelona, setelah pada bursa bulan Januari lalu PSG merekrut dua pemain bintang muda, Julian Draxler dan Goncalo Guedes.

Kehadiran Julian Draxler membuat lini tengah PSG yang sudah diperkuat pemain sekaliber Angel Di Maria, Blaise Matuidi, Marco Verratti, Lucas Moura, Thiago Motta dan Hatem Ben Arfa, semakin solid. Edinson Cavani sedang garang-garangnya membobol gawang lawan. Cavani sejauh ini sudah mencetak 25 gol di Liga Prancis dan 6 gol di Liga Champions musim ini. Sayangnya, dalam pertandingan malam nanti PSG tidak bisa diperkuat oleh sang kapten THiago Silva karena mengalami cedera.

Barcelona seperti biasa tetap mengandalkan trio MSN (Messi- Luis Suarez-Neymar) di lini depan.  Trio MSN masih jadi momok menakutkan bagi lini pertahanan tim lawan. Sejauh musim ini bergulir, trio MSN sudah membuat lebih dari 60 gol di berbagai kompetisi. 

Daya gedor serangan Barca semakin garang berkat kehadiran Arda Turan, Ivan Rakitic, Andres Iniesta dan Paco Alcacer. Lini pertahanan Barcelona kian solid setelah pada awal musim ini merekrut dua pemain bintang  muda asal Liga Prancis, Samuel Umtiti dan Lucas Digne. Menjadi keuntungan tersendiri bagi Barcelona merekrut Umtiti dan Digne, karena kedua pemain ini paham betul bagaimana corak permainan PSG. Terlebih, Digne merupakan mantan pemain andalan PSG. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun