Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Musisi - Bytedance Sport Contributor

Olynpics Paris and Grand Slam US Open 2024 will be my last article series. Ready to finish in a month.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Aksi Bela Indonesia di Hanoi Sukses Ngeri-ngeri Sedap

7 Desember 2016   21:47 Diperbarui: 8 Desember 2016   03:35 1737
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Sukses aksi bela Indonesia di Hanoi pada malam ini walau berjalan mendebarkan 'ngeri-ngeri sedap'. Para patriot Indonesia 'berseragam tempur' warna putih berhasil mengusung kejayaan negaranya di lapangan hijau My Dinh Stadium. Dengan gagah berani pemain tim nasional sepak bola Indonesia menjinakkan perlawanan pemain tuan rumah Vietnam dalam pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF.

Para pemain dari berbagai latar suku, agama dan latar belakang berbeda saling bekerja sama mengejar kemenangan buat Indonesia di negara asing. Mereka dipandu oleh pengatur strategi dari manca negara berkebangsaan Austria bernama Alfred Riedl. Suatu bentuk kerja sama yang mengagumkan demi keharuman nama Indonesia.

Tim Garuda sempat 'demam panggung pada awal pertandingan. Beberapa kali terjadi kesalahan dilakukan oleh pemain di lini pertahanan. Di sepanjang babak pertama, para pemain tuan rumah mengepung daerah pertahanan Indonesia. Untunglah kiper Kurnia Meiga serta Fachrudin dengan sigap mengamankan gawang Indonesia dari kebobolan. 

Pemain Vietnam terlihat terlalu percaya diri dalam melakukan penyerangan, sehingga menjadi abai mengawal pertahanan. Kelengahan pemain Vietnam bisa dimanfaatkan dengan cerdik oleh pemain idola asal Papua, Boas Solossa yang membuat umpan lambung brilian. Pemain naturalisasi Indonesia berdarah Maluku, Stefano Lilipaly dengan sigap memanfaatkan bola liar. Jebrettt... Lilipaly sukses menjebol gawang tim tuan rumah. Indonesia unggul 1-0.

Timnas Indonesia semakin ' di atas angin' pada menit ke-76, karena kiper tim tuan rumah menerima kartu merah karena melakukan protes keras terhadap wasit. Unggul jumlah pemain membuat pemain Indonesia lalai mengendurkan serangan. Akibatnya Vũ Văn Thanh mampu menjebol gawang tim Garuda pada menit ke-83, sehingga skor berimbang 1-1.

Ketegangan membuat pemain Indonesia teledor. Akibatnya Vietnam kembali membuat gol pada masa injury time babak kedua lewat sumbangsih pemain pengganti, Vũ Minh Tuấn. Skor 2-1 buat keunggulan Vietnam. Pertandingan berlanjut ke masa tambahan waktu, karena agregat gol kini seimbang 3-3. 

Kecemasan mulai menghinggapi pendukung Indonesia yang menyaksikan langsung pertandingan di dalam stadion, maupun yang menonton lewat tayangan televisi dan live streaming. Tiga pemain andalan di lini serang Indonesia, Boas, Lilipaly dan Andik sudah keburu digantikan oleh pemain cadangan. 

Lima menit perpanjangan waktu bergulir, Vietnam dihukum penalti karena kiper dadakan mereka melakukan pelanggaran kepada pemain berdarah Batak, Ferdinand Sinaga. Eksekusi penalti diselesaikan dengan sempurna oleh pemain asal Maluku, Manahati Lestusen. Skor kini 2-2. 

Di sisa menit pertandingan, wasit sempat membuat keputusan kontroversial, membatalkan penalti buat Indonesia. Hingga berakhirnya babak perpanjangan waktu, skor tetap bertahan imbang 2-2. Hasil ini membawa tim nasional Indonesia lolos ke final Piala AFF 2016 berkat keunggulan agregat gol 4-3 atas Vietnam.

Berakhir sudah penantian panjang enam tahun buat Indonesia bisa tampil kembali ke partai puncak turnamen sepak bola se-Asia Tenggara. Sukses aksi bela Indonesia di Hanoi berkat perjuangan maksimal pahlawan bangsa kita di lapangan hijau. 

Susunan Pemain:
Vietnam: 

Nguyên Mạnh Tran, Trương Đình Luật, Quế Ngọc Hải,Trần Đình Đồng, Vũ Văn Thanh, Lương Xuân Trường, Nguyễn Trọng Hoàng, Nguyễn Văn Toàn/Vũ Minh Tuấn 57',  Đinh Thanh Trung/Phạm Thành Lương 74', Nguyễn Văn Quyết/Nguyễn Công Phượng 69', Lê Công Vinh
Indonesia: 
Kurnia Meiga, Hansamu Yama Pranata, Fachrudin Haryanto, Beny Wahyudi, Muhammad Abduh Lestaluhu, Manahati Lestusen, Bayu Pradana, Stefano Lilipaly/Zulham Zamrun 85', Rizky Rizal Ripora, Andik Vermansyah/Dedi Kusnandar 88', Boas Solossa/Ferdinand Sinaga 72'

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun