Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Musisi - Bytedance Sport Contributor

Olynpics Paris and Grand Slam US Open 2024 will be my last article series. Ready to finish in a month.

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Kontingen Indonesia Tampil Keren dalam Defile Pembukaan Olimpiade Rio

6 Agustus 2016   10:57 Diperbarui: 6 Agustus 2016   11:14 806
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ap olimpiade di kauldron Stadion Maracana/ bbc.com

Seremonial pembukaan Olimpiade 2016 Rio De Janeiro selesai digelar di Stadion Maracana. Pembukaan Olimpiade Rio berlangsung meriah. Mantan atlet Marathon Brasil, Vanderlei Cordeiro de Lima mendapatkan kesempatan spesial menyalakan api olimpiade di kauldron. Pembuat film legendaris asal Brasil, Fernando Meirelles jadi sutradara acara pembukaan Olimpiade 2016.

ap olimpiade di kauldron Stadion Maracana/ bbc.com
ap olimpiade di kauldron Stadion Maracana/ bbc.com
Sebanyak 206 negara mengikuti defile pembukaan Olimpiade 2016. Terdapat satu tim khusus atlet pengungsi ikut defile pembukaan. Kontingen Indonesia tampil keren berjalan di Stadion Maracana dalam balutan pakaian bernuansa tradisional. 

Atlet lompat jauh asal Bali, Maria Natalia Londa menjadi pembawa bendera Indonesia. Maria Londa tampil manis mengenakan kebaya dan kain batik. 

Maria Londa pembawa Sang Saka Merah Putih/ bbc.com
Maria Londa pembawa Sang Saka Merah Putih/ bbc.com
Perenang putri Yessy Yosaputra menjadi pusat perhatian karena tampil menawan mengenakan pakaian tradisional Lampung. Sedangkan anggota kontingen Indonesia lainnya mengenakan seragam bercorak batik bernuansa warna merah putih. 

Yessy Yosaputra sering diminta foto bersama oleh atlet negara lain/ @IndonesiaBisaEmas
Yessy Yosaputra sering diminta foto bersama oleh atlet negara lain/ @IndonesiaBisaEmas
HASIL PERTANDINGAN TIM PANAHAN INDONESIA 

Beberapa jam sebelum acara pembukaan Olimpiade 2016, kuartet pepanah Indonesia sudah menjalani pertandingan ranking round. Pepanah putra andalan Indonesia, Riau Eka Agatha menempati urutan ke-33 ranking round dengan raihan 660 poin. Pepanah Indonesia putra Indonesia lainnya, Hendra Purnama dan Muhammad Hanif Wijaya, masing-masing menempati ranking 39 dan 47. 

Riau Agatha & Hanif Wijaya/ sumber foto: worldarchery.org
Riau Agatha & Hanif Wijaya/ sumber foto: worldarchery.org
Hasil itu membuat Riau Eka Agatha di babak pertama fase knock out bakal menghadapi pepanah asal China, Xing Yu yang menempati ranking ke-32. 

Pepanah Indonesia putra Indonesia lainnya, Hendra Purnama dan Muhammad Hanif Wijaya, masing-masing menempati ranking 39 dan 47.
Hendra Purnama yang membuat 655 poin dalam ranking round, di babak pertama fase knock out akan menghadapi pepanah gaek asal Ukraina juara Olimpiade tahun 2008, Viktor Ruban. 

M.Hanif Wijaya di babak pertama fase knock out bakal melawan pepanah gaek asal Italia, Mauro Nespoli. Dalam ranking round, sebanyak 647 poin diraih oleh  Muhammad Hanif Wijaya. 

Pepanah putri Indonesia, Ika Yuliani Rochmawati menempati urutan 42 ranking round dengan perolehan 617 poin. Ika di babak pertama akan menghadapi pepanah Britania Raya, Naomi Folkard.

Akumulasi poin yang dibuat oleh Riau Eka Agatha-Hendra Purnama-Muhammad Hanif Wijaya membuat Indonesia berada di urutan ke-10 ranking round beregu. Tim beregu panahan putra Indonesia malam nanti akan menghadapi Chinese Taipei di babak pertama knock out. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun