Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Penulis - Digipreneur since 2010

you can contact me at bolafanatik(at)Gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Potensi Besar Arjuna-Srikandi Panahan Indonesia Raih Medali Olimpiade

28 Juli 2016   07:02 Diperbarui: 28 Juli 2016   07:08 281
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ria Ega Agatha/ worldarchery.org

Panahan kegiatan olahraga yang sudah diperlombakan sejak olimpiade tahun 1900. Walau kurang populer, panahan jadi bagian dalam sejarah olahraga Indonesia.

Indonesia meraih medali perdana olimpiade dari cabang olahraga panahan, persembahan trio srikandi pemanah Nurfitriyana Saiman Lantang, Lilies Handayani dan Kusuma Wardhani yang meraih medali perak di Olimpiade 1988 Seoul. 

Dalam Olimpiade 2016 yang berlangsung di Rio De Janeiro, ada 4 pemanah Indonesia yang akan tampil. Mereka punya potensi besar raih medali di olimpiade tahun ini. 

TRIO ARJUNA MUDA INDONESIA
Tiga pemanah putra berusia muda mewakili Indonesia di Olimpiade 2016. Ria Ega Agatha menjadi andalan utama. Pemanah berusia 24 tahun tersebut membuat berbagai prestasi gemilang dalam setahun terakhir.

Riau Agatha saat ini menempati ranking 31 dunia kategori recurve. Pada bulan Mei 2015 lalu Riau Agatha berhasil meraih peringkat 3 seri Piala Dunia yang berlangsung di Shanghai. Dalam perebutan peringkat 3, Riau mengalahkan pemanah ranking 6 dunia Lee Seung-yun.

Dalam kategori beregu recurve di seri Piala Dunia Shanghai 2015, Riau Agatha bersama dua rekannya Hendra Purnama dan Muhamad Hanif Wijaya sukses meraih peringkat tiga. 

M.Hanif Wijaya-Ria Ega Agatha-Hendra Purnama/ worldarchery.org
M.Hanif Wijaya-Ria Ega Agatha-Hendra Purnama/ worldarchery.org
Trio arjuna muda Indonesia tersebut meraih medali perunggu Piala Dunia 2015 Shanghai setelah mengalahkan tim Korea Utara, India dan Spanyol. Berbakal prestasi ini, Indonesia boleh berharap banyak dapat meraih medali panahan beregu putra di Olimpiade 2016 Rio.

SRIKANDI INDONESIA JUARA PIALA DUNIA

Ika Yuliana Rochmawati satu-satunya pemanah putri Indonesia yang berkompetisi di Olimpiade Rio De Janeiro. Ika Rochmawati merupakan pemanah senior yang berpengalaman tampil di Olimpiade tahun 2008 dan 2012.

Ika Yuliana Rochmawati / worldarchery.org
Ika Yuliana Rochmawati / worldarchery.org
Tahun 2014 silam, Ika sukses menjadi pemenang seri 4 Piala Dunia yang berlangsung di Wroclaw, Polandia. Dalam proses menjadi juara Piala Dunia di Wroclaw, Ika sempat mengalahkan pemanah Meksiko, Aida Roman yang merupakan peraih medali perak Olimpiade 2012 London.

Ika Yuliana Rochmawati sukses menembus babak 16 besar dalam Kejuaraan Dunia Panahan yang berlangsung di Copenhagen bulan Agustus 2015 silam. Dalam Kejuaraan Dunia 2015 itu, Ika Rochmawati menang lawan Tan Ya-ting yang merupakan pemanah recurve putri ranking 2 dunia saat ini. 

Ika Rochmawati saat ini berperingkat 27 dunia dan memiliki potensi cukup besar untuk mempersembahkan medali bagi Indonesia di Olimpiade 2016. 

ARTIKEL TERKAIT

Maria Londa, Wanita Pertama Pembawa Bendera Indonesia di Olimpiade 

Rider BMX Indonesia Toni Syarifudin Siap Melayang Tinggi 

Kuartet Atlet Indonesia Buat Hattrick di Olimpiade Rio

Kisah Inspiratif Dua Wanita Difabel Peserta Olimpiade 2016

( catatan: 50 persen isi artikel ini sebelumnya sudah tayang dalam blog pribadi, berjudul 'Panahan Olimpiade 2016 Rio De Janeiro' )

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun