Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Musisi - Bytedance Sport Contributor

Olynpics Paris and Grand Slam US Open 2024 will be my last article series. Ready to finish in a month.

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Megahnya MetLife Stadium, Lokasi Final Copa America 2016

25 Juni 2016   14:34 Diperbarui: 26 Juni 2016   16:40 913
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
MetLife Stadium/ foto: nrg.com

Lusa mendatang, ratusan juta pasang mata akan mengalihkan perhatian ke MetLife Stadium. Di sana bakal berlangsung pertandingan Chile kontra Argentina, yang menentukan siapa pemenang dalam gelaran perayaan ulang tahun ke-100 turnamen Copa America. 

MetLife Stadium salah satu stadion olahraga termegah di Amerika Serikat. Stadion yang terletak di negara bagian New Jersey ini berkapasitas 82.566 tempat duduk. MetLife Stadium jadi lokasi pertandingan terbesar kedua yang digunakan dalam Copa America Centenario, hanya kalah dari Rose Bowl yang berkapasitas maksimal 92.542 penonton. 

METLIFE STADIUM ASLINYA BUKAN LAPANGAN SEPAK BOLA

MetLife Stadium sejatinya bukan tempat pertandingan sepak bola. Stadion yang dibangun sejak bulan September 2007 ini merupakan lokasi pertandingan reguler American Football (kompetisi NFL)-- di USA sana, sepak bola disebut sebagai soccer. MetLife Stadium digunakan sebagai markas oleh dua klub American Football setempat, New York Giants dan New York Jets. 

MetLife Stadium tempat pertandingan reguler American Football/ foto: hok.com
MetLife Stadium tempat pertandingan reguler American Football/ foto: hok.com
Konstruksi eksterior MetLife Stadium menggunakan aluminium louvers. Design Allianz Arena di kota Munich jadi acuan perancang membuat MetLife Stadium. Ada tiga bagian terdapat di MetLife Stadium. Tribun atas berkapasitas 33.346 tempat duduk, tribun tengah berkapasitas 21.323 orang, serta tribun bawah berkapasitas maksimal 27.897 penonton. 

Dua layar lebar serta lampu-lampu LED berkapasitas tinggi menjadikan MetLife Stadium terlihat megah. Tak heran, proses pembuatan stadion ini merupakan salah satu yang termahal di dunia. 

MetLife Stadium dibuka pada tanggal 10 April 2010. Sejak dibuka, stadion ini digunakan oleh berbagai acara selain pertandingan American Football. Pernah digunakan sebagai lokasi pertandingan gulat pro WWF, juga sering digunakan sebagai lokasi konser penyanyi dan band top dunia semisal Bon Jovi, U2, Taylor Swift, Bruce Springsteen, Beyonce, Eminem, Rihanna. 

REKOR PENONTON PERTANDINGAN SEPAK BOLA DI METLIFE STADIUM

MetLife Stadium pertama kali digunakan sebagai tempat pertandingan sepak bola pada tanggal 7 Mei 2010. Namun, bukan tim nasional Amerika Serikat yang mendapat kesempatan istimewa sebagai kesebelasan pertama  penjajal lapangan MetLife Stadium. 

Timnas Meksiko dan Ekuador yang meraih kesempatan spesial tampil di Metlife Stadium pada tanggal 7 Mei 2010. Pertandingan Meksiko dan Ekuador yang berkesudahan 0-0 disaksikan oleh 77.507 penonton. 

Timnas Amerika Serikat baru mendapatkan kesempatan tampil dalam pertandingan sepak bola kedua yang digelar di MetLife Stadium. Timnas USA tampil menghadapi Brasil di MetLife Stadium pada tanggal 8 Agustus 2010. USA kalah 0-2 lawan Brasil disaksikan oleh 77.223 penonton. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun