Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Editor - Tourism worker until 2010; Digipreneur since 2010

you can contact me at bolafanatik(at)Gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Tanpa Rafa, Meksiko Porak-poranda oleh La Roja

19 Juni 2016   15:22 Diperbarui: 25 Juni 2016   17:35 321
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

TIADA RAFA, MEKSIKO PORAK-PORANDA 

Dalam pertandingan terakhir grup C melawan Venezuela, pelatih Juan Osorio mengistirahatkan Rafa Marquez. Tanpa diperkuat Rafa, keseimbangan permainan Meksiko terganggu. 

Venezuela leluasa memberikan ancaman ke gawang Meksiko. 10 tembakan dilancarkan pemain Venezuela. Semua peluang Venezuela berawal dari serangan yang dibangun dari area tengah lapangan. Ketidakhadiran Rafa membuat organisasi pertahanan Meksiko amburadul. Tercatat hanya 6 sapuan saja yang dapat dilakukan pemain Meksiko sepanjang pertandingan. 

peluang Venezuela ke gawang Meksiko/ ilustrasi: mlssoccer.com
peluang Venezuela ke gawang Meksiko/ ilustrasi: mlssoccer.com
Meksiko hampir saja kalah oleh Venezuela. Meksiko selamat dari kekalahan karena Jesus Corona membuat gol penyama kedudukan 1-1 pada pengujung babak kedua. Hasil seri menjadikan Meksiko sebagai juara grup C, dan berhadapan dengan La Roja Chile di babak 8 besar.

Sebelum laga dimulai, berbagai media mengibaratkan perjumpaan Meksiko dengan Chile sebagai final dini. Kedua negara dianggap sebagai calon terkuat juara selain Argentina. Poros Guillermo Ochoa dan Rafael Marquez di lini belakang, Andres Guardado di lini tengah, dan Javier Hernandez di lini depan, menjadi kekuatan utama Meksiko. Sedangkan Chile mengandalkan poros Claudio Bravo dan Gary Medel di belakang, Arturo Vidal dan Charles Aranguiz di tengah, serta Eduardo Vargas dan Alexis Sanchez di lini depan. 

Seperti yang kita telah ketahui bersama, pertahanan Meksiko menjadi porak-poranda tanpa kehadiran Rafael Marquez. Tindakan egois Rafael Marquez meninggalkan meninggalkan turnamen Copa America Centenario, pulang kampung demi melihat anak lelakinya yang baru lahir, bakal disesali oleh puluhan juta rakyat Meksiko. 

La Roja Chile leluasa menggempur Meksiko, berkat rangkaian serangan yang diotaki oleh Arturo Vidal dari sentral lini tengah. Tak ada sosok kharismatis yang mampu memimpin organisasi pertahanan Meksiko. Dari 21 tembakan yang dilancarkan pemain Chile, tujuh diantaranya menghasilkan gol. 

peluang Chile ke gawang Meksiko/ ilustrasi: mlssoccer.com
peluang Chile ke gawang Meksiko/ ilustrasi: mlssoccer.com
Kekalahan 0-7 lawan La Roja, bakal meninggalkan luka mendalam bagi Meksiko. Ironisnya, ini merupakan kekalahan perdana Meksiko dalam setahun terakhir. Meksiko sebelumnya terakhir kali kalah dalam pertandingan terakhir grup Copa America 2015 melawan Ekuador. 

Tersingkirnya Meksiko di fase grup Copa America setahun silam, juga karena faktor absennya Rafael Marquez. Dalam pertandingan perdana grup, Meksiko masih bisa terhindar dari kebobolan gol lawan Bolivia karena diperkuat oleh Rafa. Namun, karena cedera Rafa absen dalam laga berikutnya melawan Chile dan Ekuador. Akibatnya Meksiko kebobolan tiga gol lawan Chile, dan kemasukan dua gol lawan Ekuador. 

Tahun ini, bukan karena cedera yang membuat Rafael Marquez tak dapat memperkuat Meksiko dalam pertandingan penting. Rafael Marquez lebih memilih menjenguk anaknya yang lahir, ketimbang berkorban dalam tugas penting negara. 

Padahal ada contoh lebih kesatria yang sudah dipertunjukkan pemain dari negara lain dalam turnamen ini. Angel Di Maria rela tidak pulang kampung melayat neneknya yang meninggal, demi tugas negara membela timnas Argentina. Angel Di Maria bahkan secara kesatria berucap, neneknya pasti marah kalau dia tak mau membela Argentina. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun