Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Penulis - Digipreneur since 2010

you can contact me at bolafanatik(at)Gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Ulasan Jelang Final Piala Uber 2016: Tiongkok vs Korea Selatan

21 Mei 2016   09:00 Diperbarui: 21 Mei 2016   09:47 172
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Li Xuerui - Sung Ji Hyun/ mix by gue

Turnamen beregu putri Piala Uber sudah memasuki babak akhir. Final Piala Uber 2016 mempertemukan tim tuan rumah Tiongkok dengan Korea Selatan. Di babak semifinal, Tiongkok menang mudah 3-0 atas India. Sedangkan Korea Selatan mengandaskan perlawanan Jepang dengan skor 3-1.

Lolosnya tim Piala Uber Tiongkok ke babak final, memang sudah diperkirakan oleh banyak orang. Tiongkok meratui Piala Uber dengan jumlah koleksi 13 trofi juara. Enam gelar juara diraih tim Uber Tiongkok setelah mengalahkan Korea Selatan di babak final, yakni pada tahun 1988, 1990, 1992, 2002, 2004 dan 2012. Sementara Korea Selatan baru satu kali menjadi juara Piala Uber pada tahun 2010, setelah di babak final mengalahkan Tiongkok.

Berstatus sebagai juara bertahan dan sebagai tuan rumah, Tiongkok merupakan kandidat terkuat juara Piala Uber tahun ini. Namun, Korea Selatan punya potensi membuat kejutan, karena di babak sebelumnya Korsel mampu menundukkan Jepang yang merupakan runner up Piala Uber tahun 2014. Korea Selatan memiliki banyak pemain top 10 dunia yang dapat memberikan perlawanan hebat kepada para pemain Tiongkok.

DUEL PEMAIN TUNGGAL & GANDA PERTAMA

Pemain ranking 3 dunia Li Xuerui menjadi andalan utama tim Uber tuan rumah. Sedangtkan Korsel mengandalkan pemain ranking 7 dunia Sung Ji Hyun sebagai tunggal pertama. Kualitas permainan dan pengalaman Li Xuerui setingkat di atas Sung Ji Hyun. 

Puluhan  gelar juara turnamen Super Series dan meraih medali emas Olimpiade pernah direnngkuh oleh Li Xuerui, sedangkan Sung sama sekali belum pernah memenangkan Super Series. Rekor pertemuan Li Xuerui unggul mutlak 12-1 atas Sung Ji Hyun. Karena itu saya menjagokan Li meraih poin pertama buat Tiongkok.

Ada enam pemain ganda putri Tiongkok berkemampuan setara dan bisa berpasangan satu sama lain. Dari babak penyisihan hingga semifinal, tim pelatih membongkar pasang menduetkan pemain berbeda dari enam pemain ganda tersebut. 

Karena ini partai final, kemungkinan Tang Yuanting/Yu Yang dimainkan sebagai ganda pertama Tiongkok berdasarkan peringkat 3 dunia yang mereka duduki saat ini. Tang Yuanting/Yu Yang dimainkan bareng dalam dua pertandingan awal babak grup Piala Uber 2016 menghadapi ganda Spanyol dan Malaysia. Setelah itu Yu Yang diistirahatkan ,sedangkan Tang Yuanting dipasangkan dengan Chen Qingchen. 

Jung Kyung Eun/Shin Seung Chan yang saat ini menempati ranking 6 dunia, bakal menghadapi Tang Yuanting/Yu Yang. Kedua pasangan pertama kali berjumpa sebulan lalu dalam turnamen Malaysia Open. Saat itu Tang/Yu menang dua set langsung dengan skor 21-11 21-7. 

Cukup sulit untuk menentukan siapa paling berpeluang menang dalam pertarungan ganda pertama Tiongkok dan Korsel. Sejak babak grup Jung Kyung Eun/Shin Seung Chan tampil cemerlang selalu menang dalam empat pertandingan. Di semifinal yang berlangsung kemarin, Jung/Shin mampu mengalahkan ganda Jepang peringkat 1 dunia, Misaki Matsumoto/Ayaka Takahashi. 

DUEL PEMAIN TUNGGAL & GANDA KEDUA

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun