Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Penulis - Digipreneur since 2010

you can contact me at bolafanatik(at)Gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Artikel Utama

5 Final Mendebarkan di Kejuaraan Badminton Asia 2016

30 April 2016   21:23 Diperbarui: 1 Mei 2016   03:11 1593
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

ZZ & ToLyn/ sumber foto: xinhua,net

Siapa pemenang Kejuaraan Badminton Asia 2016 bakal ditentukan besok siang di Wuhan, Tiongkok. Bakal berlangsung 5 final mendebarkan di Kejuaraan Badminton Asia 2016. Dua pertandingan final mempertemukan pemain ranking 1 dan 2 dunia.

FINAL GANDA CAMPURAN

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir satu-satunya wakil Indonesia di final. Ganda campuran ranking 2 dunia tersebut lolos ke final setelah mengalahkan pasangan Korea Selatan, Shin Baek Cheol/Chae Yoo Jung dengan skor 21-16 21-13.

bad2-572510a607b0bd6b0d6e5513.jpg
bad2-572510a607b0bd6b0d6e5513.jpg
Zhao Yunlei-Zhang Nan-Lilyana Natsir-Tontowi Ahmad/ sumber foto: xinhua.net

Tontowi/Liliyana yang merupakan juara bertahan Kejuaraan Badminton Asia, dalam babak final bakal menghadapi pasangan andalan Tiongkok ranking 1 dunia, Zhang Nan/Zhao Yunlei. Sebelumnya kedua ganda campuran terbaik dunia tersebut sudah pernah berjumpa sebanyak 17 kali. Zhang/Zhao menang 12 kali, Tontowi/Liliyana hanya menang 5 kali. Dalam tujuh pertemuan terakhir, ZZ selalu menang.

Zhang/Zhao tentu bakal berusaha menjadi juara selagi main di tanah air sendiri, sekaligus mengulangi kesuksesan menjadi pemenang Kejuaraan Badminton Asia tahun 2011 dan 2012. Namun, bukan perkara mudah bagi ZZ untuk mengalahkan ToLyn Di babak perempat final saja, ToLyn dengan mudah mengalahkan ganda kuat Tiongkok ranking 4 dunia, Xu Chen/Ma Jin. Duet ToLyn juga sedang dalam kondisi prima, tiga pekan lalu mereka berhasil menjadi juara turnamen elit Malaysia Open Super Series Premier.

FINAL TUNGGAL PUTRA

Final mendebarkan lain yang mempertemukan pemain ranking 1 dan 2 dunia, bakal terjadi di sektor tunggal putra. Pemain jagoan tuan rumah ranking 1 dunia, Chen Long bakal berhadapan dengan pemain gaek Malaysia ranking 2 dunia, Lee Chong Wei. Di semifinal Chen Long mengalahkan sesama pemain Tiongkok, Tian Houwei. Sedangkan LCW di semifinal menang atas Lin Dan.

Duel Chen Long versus Lee Chong Wei merupakan pertandingan klasik. Kedua pemain tersebut sudah dua kali berduel dalam final Kejuaraan Dunia 2014 dan 2015, yang semuanya dimenangkan oleh Chen Long. Kasus doping menimpa Lee Chong Wei saat tampil di Kejuaraan Dunia 2014, membuat pemain berusia 33 tahun tersebut selama beberapa bulan mendapatkan skorsing.

bad3-572510b2177b61f806d8758c.jpg
bad3-572510b2177b61f806d8758c.jpg
Chen Long vs Lee Chong Wei/ sumber: badzine.net

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun