Hingga saat ini sudah ada lima juara dunia F1 yang mengawali debut di Sirkuit Albert Park, yaitu Jacques Villeneuve, Jenson Button, Kimi Raikkonen, Fernando Alonso dan Lewis Hamilton.
Lintasan Sirkuit Albert Park nan indah yang mengelilingi danau, juga menjadi tempat debut pebalap-pebalap hebat F1 yang pernah menjadi juara seri, yakni Giancarlo Fisichella, Jarno Trulli, Ralf Schumacher, Juan Pablo Montoya, Mark Webber, Felipe Massa, Heikki Kovalainen dan Pastor Maldonado.
Sepanjang penyelenggaraan Grand Prix Australia di Sirkuit Albert Park, sudah banyak kisah epik nan heroik yang pernah dibuat pebalap rookie F1.Â
Pembalap tuan rumah, Mark Webber, membuat debut fenomenal tahun 2002 silam. Start dari grid 18, Webber berhasil meraih poin setelah finis di peringkat 5.Â
Tiga tahun sebelumnya, Pedro De La Rosa melakukan debut F1 di Albert dengan cara spesial. Pedro De La Rosa berhasil finis di urutan 6 dari posisi start ke-18.
Hingga tahun ini, Jacques Villeneuve menjadi pebalap debutan F1 paling sukses di Albert Park.Â
Jacques Villeneuve meraih pole position dalam babak kualifikasi, dan finis di urutan kedua
Pembalap debutan di Sirkuit Albert Park tak semuanya sukses merintis karir di Formula One.Â
Ricardo Rosset, Vincenzo Sospiri, Esteban Tuerro, Toranosuke Takagi, Gaston Mazzacane, Enrique Bernoldi, Allan McNish, Giorgio Pantano, Gianmaria Bruni, Jerome D'Ambrosio, Charles Pic, Max Chilton, Giedo Van Der Garde dan Roberto Merhi, yang melakukan debut di Albert Park, menjalani karir singkat dalam balapan Formula 1 tanpa pernah meraih poin.
Nasib paling sial dialami oleh Vincenzo Sospiri yang gagal mengikuti start dalam debutnya, karena gagal melewati limit waktu 107% dalam sesi kualifikasi.Â
Mirisnya, tim Lola Ford yang diperkuat Vincenzo Sospiri bangkrut setelah Grand Prix Australia. Vincenzo Sospiri sepanjang hidupnya tak pernah merasakan start balapan di Formula 1.