Mohon tunggu...
Angel Di Maria
Angel Di Maria Mohon Tunggu... Musisi - Espana Argentina

Vamos Espana-Argentina Campeon Euro Copa America

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Manchester City Juara, Kado Indah Perpisahan Manuel Pellegrini di Stadion Wembley

29 Februari 2016   02:34 Diperbarui: 13 Oktober 2023   09:08 1002
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Trofi juara Capital One Cup musim 2015/16 akhirnya menjadi milik Manchester City, setelah dalam pertandingan final di Stadion Wembley menang adu penalti lawan Liverpool. 

Gelar juara yang direngkuh Manchester City menjadi kado indah perpisahan buat manajer Manuel Pellegrini di Stadion Wembley

Akhir musim nanti Pellegrini akan digantikan oleh Josep Guardiola. Manchester City tak berkesempatan lagi tampil di Stadion Wembley pada musim ini karena sudah tersingkir dari kompetisi Piala FA.

selebrasi juara pemain Manchester City/ sumber: bbc.co.uk/ Reuters
selebrasi juara pemain Manchester City/ sumber: bbc.co.uk/ Reuters
Bagi Manuel Pellegrini, keberhasilan menjadi juara malam ini menjadi kesuksesan keduanya mengantarkan The Citizens menjadi juara Capital One Cup. 

Tahun 2014 silam, Pellegrini membawa Manchester City memenangkan trofi juara Capital One Cup setelah mengalahkan Sunderland dengan skor 3-1.

Keberhasilan The Citizens menjadi juara, sekaligus mengubur ambisi manajer Jurgen Klopp yang ingin mempersembahkan gelar pertama buat Liverpool. 

Pellegrini kini menatap dua kesempatan lagi untuk mempersembahkan trofi juara bagi The Citizens sebelum mundur, yakni Liga Primer Inggris dan Liga Champions Eropa. 

SEKILAS PERTANDINGAN

Pellegrini memutuskan kiper kedua Manchester City, Willy Caballero, tampil sebagai starter. Sedangkan Jurgen Klopp tidak mengubah susunan pemain starter dari pertandingan sebelumnya melawan Augsburg di Liga Europa.

starting line up/ sumber: soccerway.com
starting line up/ sumber: soccerway.com
Hingga pertandingan berjalan sekitar 20 menit, belum ada peluang berarti dibuat kedua tim. Memasuki menit 23, City nyaris mencetak gol. Sergio Aguero melewati Sakho yang terpeleset setelah mendapatkan bola umpan dari David Silva. 

Aguero lalu melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti Liverpool. Bola yang ditepis Simon Mignolet, bergulir membentur tiang gawang. 

Beberapa saat kemudian, cedera menimpa Mamadou Sakho, sehingga bek sentral Liverpool tersebut digantikan oleh pemain gaek Kolo Toure. Hingga babak pertama usai, skor masih 0-0.

Empat menit pasca turun minum, Manchester City akhirnya sukses memecah kebuntuan. 

Fernandinho melepaskan tendangan kencang setelah menerima operan bola dari Aguero. Bola meluncur deras mengarah masuk ke tiang jauh Liverpool. Skor 1-0 buat keunggulan The Citizens.

Liverpool mendapatkan peluang pada menit ke-56. James Milner menyepak bola usai menerima umpan dari Sturridge. Namun arah bola masih melenceng ke samping gawang City. 

Empat menit kemudian, Sterling menyia-nyiakan kesempatan menambah gol buat City. Berdiri bebas di dalam kotak penalti Liverpool, bola yang disepaka Sterling malah melebar dari gawang.

Menit ke-65, arah bola hasil tendangan bebas David Silva masih melayang tipis di atas mistar gawang Liverpool. Empat menit kemudian, Aguero melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, bola masih bisa diamankan Mignolet.

Liverpool berhasil menyamakan skor jadi 1-1 pada menit ke-83. Proses gol bermula dari umpan silang Sturridge yang diteruskan dengan sepakan jarak dekat oleh Adam Lallana. 

Bola lantas menghantam tiang gawang. Bola mental jatuh ke kaki Coutinho. Dengan cepat Coutinho menendang keras bola, dan sukses menjebol gawang City.

Liverpool kembali mengancam gawang City lima menit berselang. Jordan Henderson menendang bola dari jarak jauh. 

Bola sempat membentur badan Origi sebelum ditangkap oleh Caballero. Tak lama berselang, Simon Mignolet membuat penyelamatan krusial, memblok bola yang berusaha disepak Yaya Toure di depan kotak penalti. 

Skor 1-1 bertahan hingga 2x45 menit usai, sehingga pertandingan berlanjut ke masa babak perpanjangan waktu.

Ketika laga memasuki menit ke-105, Aguero terlepas sendirian di dalam kotak penalti Liverpool usai menerima bola dari Henderson. Aguero lalu menendang bola, namun secara luar biasa Mignolet berhasil memblok bola.

Menit ke-108, gantian Willy Caballero melakukan penyelamatan spektakuler menepis bola sundulan Divock Origi. 

Beberapa saat kemudian, Caballero menangkap bola sepakan dari Sturridge. Skor 1-1 tetap bertahan hingga babak perpanjangan waktu berakhir, sehingga pemenang ditentukan lewat  adu penalti.

Emre Can menjadi penendang penalti pertama Liverpool, lalu melepaskan tendangan ala Panenka yang sukses mengelabui Caballero. Fernandinho yang jadi penendang penalti pertama City, tendangannya membentur tiang gawang.

Willy Caballero memblok penalti Coutinho/ sumber: bbc.co.uk
Willy Caballero memblok penalti Coutinho/ sumber: bbc.co.uk
[/caption] Caballero kemudian berhasil memblok bola tiga tendangan penalti pemain Liverpool, Lucas Leiva, Coutinho dan Adam Lallana. 

Sedangkan tiga penendang penalti City, Jesus Navas, Aguero dan Yaya Toure, semuanya sukses mengecoh Simon Mignolet. 

Manchester City memenangkan adu penalti dengan skor 3-1, yang membawa Manchester City meraih trofi juara Capital One Cup 2015/16.

pemain Liverpool lesu/ sumber: bbc.co.uk/Reuters
pemain Liverpool lesu/ sumber: bbc.co.uk/Reuters
SUSUNAN PEMAIN

LIVERPOOL:
Simon Mignolet, Mamadou Sakho (Kolo Toure '25), Lucas Leiva, Nathaniel Clyne, Alberto Moreno (Adam Lallana '72), Emre Can, Jordan Henderson, James Milner, Philippe Coutinho, Roberto Firmino (Divock Origi '80), Daniel Sturridge
MANCHESTER CITY:
Willy Caballero, Vincent Kompany, Nicolas Otamendi, Bacary Sagna (Pablo Zabaleta '91), Gael Clichy, Fernandinho Luiz Rosa, Fernado Reges (Jesus Navas '91), Yaya Toure, David Silva (Wilfried Bony '110), Raheem Sterling, Kevin De Bruyne, Kelechi Promise Iheanacho, Sergio Aguero

PEMAIN CADANGAN
LIVERPOOL:
Adam Bogdan; John Flanagan; Joe Allen; Christian Benteke
MANCHESTER CITY:
Joe Hart, Martin Demichelis, Aleksandar Kolarov, Kelechi Promise Iheanacho

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun