Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Penulis - Digipreneur since 2010

you can contact me at bolafanatik(at)Gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Artikel Utama

Analisa Performa Rio Haryanto dalam Tes Perdana 2016

26 Februari 2016   11:01 Diperbarui: 13 Oktober 2023   08:54 1478
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

11 tim konstruktor Formula One sudah selesai menjalani tes pramusim perdana dari tanggal 22 hingga 25 Februari di Sirkuit Catalunya. 

Beberapa tim membuat hasil mengesankan, diantaranya Ferrari, Force India dan Red Bull Racing. 

Ada pula tim yang mendapatkan hasil mengecewakan dalam tes pramusim perdana di Sirkuit Catalunya. Contohnya , juara dunia konstruktor 2015, McLaren.

Sebanyak 23 pebalap mengikuti tes di Sirkuit Catalunya. Force India menurunkan tiga pebalap, yakni pebalap utama Nico Hulkenberg dan Sergio Perez, serta development driver Alfonso Celis Jr. 

Pebalap Ferrari pemegang empat gelar juara dunia F1, Sebastian Vettel, membuat catatan waktu terbaik dalam tes, yakni 1 menit 22,810 detik. Vettel menggeber mobilnya hingga total 195 lap.

Penampilan pebalap jagoan Indonesia, Rio Haryanto, dalam sesi tes di Sirkuit Catalunya mendapatkan perhatian cukup besar, karena dia merupakan salah satu pebalap rookie. 

Akun media sosial resmi F1 hingga beberapa kali mengabarkan aksi Rio Haryanto melakukan tes perdana bersama mobil MRT05 bernomor 88.

RIO HARYANTO MASIH KAGOK

Sayangnya penampilan Rio Haryanto masih belum maksimal dalam tes perdana ini. Rio masih kagok beradaptasi dengan mobil F1, dan belum menunjukkan kecepatan yang bagus bersama MRT05. 

Dua kali Rio mengalami insiden. Pada hari pertama sesi pagi, mobil Rio sempat ke luar lintasan masuk gravel  di tikungan 5. 

Pada hari kedua melakukan tes, Rio Haryanto tak bisa mengendalikan mobilnya dengan baik di tikungan 4, sehingga harus menabrak pembatas lintasan.

Catatan waktu terbaik yang dibuat Rio Haryanto dalam satu putaran adalah 1 menit 28,249 detik. 

Raihan waktu terbaik Rio tersebut, paling jelek dari 23 pebalap yang mengikuti tes. Pencapaian waktu terbaik Rio Haryanto berselisih 5,439 detik dari catatan waktu terbaik Vettel. 

Pascal Wehrlein, rekan setim Rio di Manor Racing, membuat catatan waktu lebih baik, yakni 1 menit 25.925 detik.

Dalam kompetisi jet darat F1, perbedaan waktu 0,1 detik bisa berefek besar kepada hasil akhir balapan. 

Seandainya catatan waktu Rio dalam tes terjadi dalam seri balapan sesungguhnya, Rio Haryanto bisa tertinggal 2 hingga 3 lap dari Vettel yang berada paling depan. Rio Haryanto juga bisa tertinggal hingga 1 lap dari Pascal Wehrlein.

MESIN MOBIL RIO BAGUS

Walau belum mendapatkan catatan waktu maksimal, ada hal positif yang diraih Rio Haryanto dalam sesi tes perdana musim ini. 

Daya tahan mesin mobil balap Rio sangat bagus, tidak terjadi kerusakan mesin saat berlangsungnya tes. Rio Haryanto berhasil menggeber mobilnya sepanjang 129 lap. 

Jumlah lap yang dilewati Rio lebih banyak dibandingkan dua rookie lainnya Pascal Wehrlein (125 lap) dan Jolyon Palmer (79 lap).

sumber: formulaone.com
sumber: formulaone.com
Rio Haryanto masih memiliki kesempatan memperbaiki performanya bersama MRT05 dalam sesi tes tanggal 1 hingga 4 Maret di sirkuit yang sama. 

Rio menyatakan memetik pelajaran dari dua kali insiden tergelincir di lintasan dalam sesi tes. Rio mengaku sudah belajar memahami berapa cepat limit laju kendaraan saat berkelok di tikungan. 

Rio mengakui kesalahannya dalam sesi tes perdana, dan berjanji akan memperbaiki penampilan dalam sesi tes berikutnya, sebelum tampil dalam seri perdana Grand Prix Australia.

Hasil tes pramusim perdana F1 tahun 2016 di Sirkuit Catalunya:

  1. Sebastian Vettel- Ferrari
    (best lap time 1:22.810 ; total 195 lap)
  2. Nico Hulkenberg- Force India
    (best lap time 1:23.110 ; total 99 lap)
  3. Kimi Raikkonen- Ferrari
    (best lap time 1:23.477 ; total 157 lap)
  4. Daniel Ricciardo- Red Bull Racing
    (best lap time 1:23.525 ; total 199 lap)
  5. Sergio Perez- Force India
    (best lap time 1:23.650 ; total 101 lap)
  6. Daniil Kvyat- Red Bull Racing
    (best lap time 1:24.293 ; total 169 lap)
  7. Alfonso Celis Jr- Force India
    (best lap time 1:24.840 ; total 133 lap)
  8. Nico Rosberg- Mercedes
    (best lap time 1:24.867 ; total 332 lap)
  9. Marcus Ericsson- Sauber
    (best lap time 1:25.237 ; total 196 lap)
  10. Kevin Magnussen- Renault
    (best lap time 1:25.263 ; total 246 lap)
  11. Max Verstappen- Toro Rosso
    (best lap time 1:25.393 ; total 231 lap)
  12. Esteban Gutierrez- Haas
    (best lap time 1:25.524 ; total 168 lap)
  13. Valtteri Bottas- Williams
    (best lap time 1:25.648 ; total 214 lap)
  14. Romain Grosjean- Haas
    (best lap time 1:25.874 ; total 113 lap)
  15. Pascal Wehrlein- Manor Racing
    (best lap time 1:25.925 ; total 125 lap)
  16. Felipe Nasr- Sauber
    (best lap time 1:26.053 ; total 236 lap)
  17. Fernando Alonso- Mclaren
    (best lap time 1:26.082 ; total 122 lap)
  18. Jolyon Palmer- Renault
    (best lap time 1:26.189 ; total 79 lap)
  19. Carlos Sainz Jr- Toro Rosso
    (best lap time 1:26.239 ; total 216 lap)
  20. Lewis Hamilton- Mclaren
    (best lap time 1:26.295 ; total 187 lap)
  21. Felipe Massa- Williams
    (best lap time 1:26.483 ; total 153 lap)
  22. Jenson Button- Mclaren
    (best lap time 1:26.735 ; total 135 lap)
  23. Rio Haryanto- Manor Racing
    (best lap time 1:28.249 ; total 129 lap)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun