Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Penulis - Digipreneur since 2010

you can contact me at bolafanatik(at)Gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Artikel Utama

Analisa Performa Rio Haryanto dalam Tes Perdana 2016

26 Februari 2016   11:01 Diperbarui: 13 Oktober 2023   08:54 1478
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Catatan waktu terbaik yang dibuat Rio Haryanto dalam satu putaran adalah 1 menit 28,249 detik. 

Raihan waktu terbaik Rio tersebut, paling jelek dari 23 pebalap yang mengikuti tes. Pencapaian waktu terbaik Rio Haryanto berselisih 5,439 detik dari catatan waktu terbaik Vettel. 

Pascal Wehrlein, rekan setim Rio di Manor Racing, membuat catatan waktu lebih baik, yakni 1 menit 25.925 detik.

Dalam kompetisi jet darat F1, perbedaan waktu 0,1 detik bisa berefek besar kepada hasil akhir balapan. 

Seandainya catatan waktu Rio dalam tes terjadi dalam seri balapan sesungguhnya, Rio Haryanto bisa tertinggal 2 hingga 3 lap dari Vettel yang berada paling depan. Rio Haryanto juga bisa tertinggal hingga 1 lap dari Pascal Wehrlein.

MESIN MOBIL RIO BAGUS

Walau belum mendapatkan catatan waktu maksimal, ada hal positif yang diraih Rio Haryanto dalam sesi tes perdana musim ini. 

Daya tahan mesin mobil balap Rio sangat bagus, tidak terjadi kerusakan mesin saat berlangsungnya tes. Rio Haryanto berhasil menggeber mobilnya sepanjang 129 lap. 

Jumlah lap yang dilewati Rio lebih banyak dibandingkan dua rookie lainnya Pascal Wehrlein (125 lap) dan Jolyon Palmer (79 lap).

sumber: formulaone.com
sumber: formulaone.com
Rio Haryanto masih memiliki kesempatan memperbaiki performanya bersama MRT05 dalam sesi tes tanggal 1 hingga 4 Maret di sirkuit yang sama. 

Rio menyatakan memetik pelajaran dari dua kali insiden tergelincir di lintasan dalam sesi tes. Rio mengaku sudah belajar memahami berapa cepat limit laju kendaraan saat berkelok di tikungan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun