Mohon tunggu...
Angel Di Maria
Angel Di Maria Mohon Tunggu... Musisi - Espana Argentina

Vamos Espana-Argentina Campeon Euro Copa America

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Final Liverpool vs Manchester City di Wembley Bertabur Mantan

28 Februari 2016   12:49 Diperbarui: 29 Februari 2016   02:34 527
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="(sumber foto: anfield-online.co.uk)"][/caption]

Malam nanti, trofi juara Piala Liga Inggris bakal diperebutkan oleh Liverpool dan Manchester City di Stadion Wembley. Liverpool merupakan pemegang gelar juara terbanyak Piala Liga Inggris, yakni sebanyak 8 kali juara. Sedangkan Manchester City baru 3 kali menjadi juara kompetisi yang bernama resmi Capital One Cup ini.

Manajer Juergen Klopp sedang berusaha menuntaskan ambisi meraih gelar juara perdana bersama Liverpool. Sedangkan manajer Manuel Pellegrini bakal berusaha meraih gelar juara kedua di Capital One Cup, sekaligus untuk menambah pundi-pundi juara sebelum berpisah dengan Manchester City pada akhir musim nanti.

Liverpool dan Manchester City sedang dalam tren positif, sama-sama meraih kemenangan dalam pertandingan di kompetisi Eropa yang berlangsung tengah pekan lalu. Manchester City menang 3-1 atas tuan rumah Dynamo Kyiv dalam laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Sementara Liverpool menang 1-0 lawan Augsburg dalam laga leg kedua babak 32 besar Liga Europa, sekaligus memastikan lolos ke babak selanjutnya.

Liverpool sebelumnya sudah pernah 6 kali berduel lawan Manchester City di Piala Liga Inggris. The Reds meraih 3 kali kemenangan, 2 kali seri, dan hanya sekali kalah lawan The Sky Blues di Piala Liga Inggris. Perjumpaan terakhir kedua tim dalam gelaran Piala Liga Inggris terjadi pada dua leg pertandingan semifinal tahun 2012 lalu.

AMBISI KLOPP & PELLEGRINI

[caption caption="(sumber foto: bbc.co.uk/ PA)"]

[/caption]

Dalam leg pertama semifinal tahun 2012, Liverpool menang 1-0 atas Manchester City dalam lawatan ke Etihad Stadium. Gol tunggal The Reds dibuat lewat tendangan penalti Steven Gerrard. Dalam laga leg kedua semifinal di Stadion Anfield, Liverpool seri 2-2 lawan City, yang membawa Liverpool lolos ke final. Liverpool akhirnya menjadi juara Piala Liga Inggris tahun 2012, setelah dalam laga final menang adu penalti lawan Cardiff City. Setelahnya, Liverpool tak mampu lagi meraih trofi juara dalam berbagai kompetisi. Paceklik gelar juara ini bakal coba diakhiri oleh manajer Jurgen Klopp yang baru menangani The Reds sejak lima bulan lalu.

Prestasi Liverpool masih turun naik sejak ditangani oleh Klopp. Dalam 32 pertandingan, Klopp hanya 14 kali mengantarkan Liverpool menang. Sisanya 10 hasil seri, dan 8 kali kalah. Untunglah, jelang tampil dalam final Piala Liga Inggris, performa Liverpool sedang bagus. Liverpool tak terkalahkan serta tak pernah kebobolan gol dalam 3 pertandingan terakhir. Hasil positif tersebut menjadi bekal bagus buat The Reds jelang berebut juara dengan The Sky Blues di Wembley.

Manuel Pellegrini pernah membawa Manchester City jadi juara Piala Liga Inggris tahun 2014 silam. Prestasi gemilang tersebut, tentu ingin diulangi kembali oleh Pellegrini sebelum berpisah dengan The Sky Blues. Pellegrini sudah mengatakan dalam sesi konferensi pers, bahwa dia bakal menurunkan komposisi pemain terbaik dalam laga final nanti. Sepekan silam, Pellegrini membuat keputusan memainkan pemain-pemain muda serta pemain pelapis dalam gelaran FA Cup. Akibatnya Manchester City kalah telak 1-5 lawan Chelsea.

Bulan November 2015 lalu, Liverpool mempermalukan The Sky Blues dalam pertandingan Liga Primer Inggris. Liverpool menang telak 4-1 di Etihad Stadium. Hasil itu pastinya tak ingin dirasakan lagi oleh Pellegrini. Tambahan kekuatan pemain membuat Pellegrini optimis City menang di Wembley. Eliaquim Mangala, Wilfried Bony dan Jesus Navas yang sudah lama absen karena cedera, sudah siap tampil kembali memperkuat City dalam final nanti. Kehadiran Wilfried Bony bisa menjadi solusi bagi City jika Aguero dan Iheanacho kesulitan mencetak gol.

BERTABUR MANTAN PEMAIN

Fakta menarik dalam final Liverpool vs Manchester City di Wembley malam nanti, bakal bertabur kehadiran mantan pemain dari kedua klub. Di kubu Liverpool ada 3 mantan pemain andalan Manchester City, yaitu Jame Milner, Daniel Sturridge dan Kolo Toure. Sedangkan pemain sayap andalan City, Raheem Sterling merupakan mantan pemain andalan Liverpool. Awal musim ini Sterling hijrah ke Manchester City dengan biaya transfer 49 juta Poundsterling, yang menjadikan Sterling sebagai pemain termahal Inggris.

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN
LIVERPOOL:
Simon Mignolet, Mamadou Sakho, Dejan Lovren, Nathaniel Clyne, Alberto Moreno, Emre Can, Jordan Henderson, James Milner, Philippe Coutinho, Roberto Firmino, Daniel Sturridge
MANCHESTER CITY:
Joe Hart, Vincent Kompany, Eliaquim Mangala, Pablo Zabaleta, Aleksandar Kolarov, Fernandinho Luiz Rosa, Yaya Toure, David Silva, Raheem Sterling, Kevin De Bruyne, Kelechi Promise Iheanacho, Sergio Aguero

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun