Salah satu kejutan terbesar sepanjang sejarah tenis tersaji di US Open 2015. Diluardugaan banyak pihak, terjadi All Italian Final di tunggal putri. Flavia Pennetta dan Roberta Vinci lolos ke final setelah mengalahkan pemain kandidat utama juara unggulan 1 dan 2.
Flavia Pennetta sukses mengalahkan pemain unggulan kedua Simona Halep dalam tempo waktu 59 menit. Pada set pertama Pennetta unggul telak 6-1 atas Simona Halep. Flavia Pennetta kembali berhasil membuat Simona Halep tak berdaya di set kedua, dan menang 6-3.
Roberta Vinci membuat Serena Williams gagal membuat rekor Golden Slam pada tahun ini. Roberta Vinci yang tak diunggukan di US Open tahun ini, tampil gigih meladeni permainan bertenaga Serena Williams Pada set pertama Serena bermain perkasa membuat 4 aces dan menang mudah 6-2.
Di set kedua Serena sukses membukukan 8 aces, namun dirinya sering melakukan kesalahan sendiri. Serena 13 kali melakukan unforced errors, sedangkan Roberta Vinci hanya 4 kali membuat unforced errors, yang membuat Roberta Vinci berhasil memenangkan set kedua dengan skor 6-4.
Di set ketiga Serena kembali sering melakukan kesalahan sendiri dengan membuat 19Â unforced errors, di pihak lain Roberta Vinci hanya melakukan 8Â unforced errors. Setelah melewati waktu 49 menit di set ketiga, Robeta Vinci akhirnya memenangkan pertandingan dengan skor 6-4.
Di sektor tunggal putra, bakal berlangsung final klasik antara Novak Djokovic dan Roger Federer. Pemain peringkat 1 dan 2 dunia tunggal putra tersebut, sebelumnya sudah pernah 16 kali berduel dalam partai final. Dua bulan silam Novak Djokovic kalahkan Roger Federer di final Grand Slam Wimbledon. Tiga pekan silam, gantian Federer yang kalahkan Djokvic dalam final Cincinnati Masters.
Novak Djokovic lolos ke final US Open 2015 setelah menaklukkan juara bertahan Marin Cilic. Djokovic tak memberikan kesempatan kepada Cilic untuk mengembangkan permainan. Djokovic menang mudah tiga set langsung dengan skor 6-0 6-1 6-2 dalam tempo waktu pertandingan 85 menit.
Roger Federer lolos ke final setelah kalahkan sesama petenis Swiss unggulan kelima, Stan Wawrinka. Dalam tempo waktu 92 menit, Federer kalahkan Wawrinka tiga set langsung 6-4 6-3 6-1.Â
(sumber foto: eurosport.com/ ansa.it)Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H