Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Sports, Music, Technology Expert

pemerhati olahraga dan musik lagi getol nonton surfing, sport climbing, tenis. very welcome to contact me at bolafanatik(at)gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola

Inilah 12 Kiper Deputi Casillas Selama Berkarir Di Real Madrid

19 Juli 2015   13:00 Diperbarui: 15 Januari 2022   20:35 3958
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Untuk pertama kalinya dalam 25 tahun, Iker Casillas duduk di bangku cadangan klub lain. 

Iker Casillas duduk di bangku cadangan Porto dalam pertandingan persahabatan pra musim melawan Fortuna Sittard. 

Casillas merupakan produk asli akademi Real Madrid, dan dipercaya masuk tim senior sejak musim 1999-2000. 

Selama 16 tahun memperkuat tim senior, Saint Iker nyaris tak tergantikan sebagai penjaga gawang utama Los Blancos.

Casillas membuat kiper-kiper kompetitornya di Real Madrid lebih sering duduk di bangku cadangan. 

Padahal kiper saingan Casillas di Real Madid bukan kiper sembarangan. Ini menunjukkan bahwa kemampuan Iker Casillas sebagai kiper sangat luar biasa.

Berikut ini, penulis coba rangkumkan siapa saja kiper deputi Iker Casillas selama berkarier di Real Madrid:

MUSIM 1999-2000

Iker Casillas yang masih berusia 18 tahun, secara mengejutkan langsung menjadi kiper pilihan utama tim senior Real Madrid pada musim debutnya. 

Selama semusim Casillas tampil sebanyak 47 kali di empat kompetisi yang berbeda.

Padahal kiper pesaing Casillas di Real Madrid bukan kiper sembarangan, yaitu Bodo Ilgner dan Albano Bizzarri.

Bodo Illgner merupakan kiper utama timnas Jerman saat menjuarai Piala Eropa tahun 1996. Illgner juga sudah jadi kiper utama Real Madrid sejak musim 1996-1997. 

Setelah posisinya sebagai kiper utama Real Madrid digeser oleh Casillas, jumlah penampilan Illgner menurun drastis pada musim 1999-2000. 

Ilgner hanya tampil 5 kali di Liga Spanyol, sekali tampil di Liga Champions, dan sekali tampil di Copa Del Rey.

Bodo Illgner/ sumber: viejomadrid.com
Bodo Illgner/ sumber: viejomadrid.com

Albano Bizzarri merupakan anggota skuad timnas Argentina di Copa America tahun 1999. 

Saat jadi deputi Casillas di Real Madrid, Bizzarri hanya sempat tampil 7 kali di Liga Spanyol, 4 kali di Liga Champions, dan sekali di Piala Dunia Antar Klub.

MUSIM 2000-2001

Pada musim keduanya bersama tim senior Real Madrid, Casillas juga tampil 47 kali di lima kompetisi yang berbeda. 

Real Madrid membeli kiper baru pada musim ini, yaitu Cesar Sanchez Dominguez untuk menggantikan Bizzarri yang dilepas ke Real Valladolid. 

Cesar Sanchez mendapat kesempatan tampil dalam 5 pertandingan Liga Spanyol, 5 laga Liga Champions, dan satu pertandingan Copa Del Rey. 

Sementara itu Bodo Illgner sama sekali tak mendapatkan kesempatan bermain di sepanjang musim. Illgner akhirnya memutuskan pensiun setelah musim ini berakhir.

MUSIM 2001-2002

Cesar Sanchez mendapatkan kesempatan bermain lebih banyak pada musim keduanya bersama Real Madrid. 

Cesar Sanchez bahkan diberikan kepercayaan oleh pelatih Vicente Del Bosque tampil sebagai starter dalam pertandingan final Liga Champions. 

Namun, Cesar Sanchez mengalami cedera di pertengahan babak kedua, sehingga digantikan oleh Iker Casillas. 

Cesar Sanchez/ sumber: squawka.com
Cesar Sanchez/ sumber: squawka.com

Pada musim 2001-02 ini Cesar Sanchez tampil 12 kali di Liga Spanyol, 9 kali di Liga Champions, 4 kali tampil di Copa Del Rey, dan sekali tampil di Piala Super Spanyol. 

Sepanjang musim ini, ada satu kiper muda Real Madrid yang mendapatkan kesempatan tampil saat Casillas dan Cesar Sanchez absen, yaitu Carlos Sanchez Garcia yang tampil sekali di Liga Spanyol, dan sekali tampil di Copa Del Rey.

MUSIM 2002-2003

Pada musim ini Casillas nyaris selalu tampil bersama Real Madrid. Saint Iker turun bermain dalam 55 pertandingan di empat kompetisi yang berbeda. 

Cesar Sanchez hanya mendapatkan kesempatan 6 kali tampil di Copa Del Rey, dan sekali tampil di Liga Champions. 

Sedangkan Carlos Sanchez sama sekali tak mendapatkan kesempatan bermain.

MUSIM 2003-2004

Casillas tampil 50 kali pada musim ini, yang membuat Cesar Sanchez minim mendapatkan kesempatan main. 

Cesar Sanchez hanya sekali tampil di Liga Spanyol, 7 kali main di Copa Del Rey, dan sekali tampil di Liga Champions. 

Carlos Sanchez sama sekali tak pernah main, dan musim berikutnya dilego ke Ejido.

MUSIM 2004-2005

Cesar Sanchez menjalani musim terakhirnya bersama Real Madrid. Pada musim ini Casillas tampil 47 kali dalam tiga kompetisi berbeda.

Cesar Sanchez hanya sempat tampil 2 kali di Liga Spanyol, dan 4 kali di Copa Del Rey.

MUSIM 2005-2006

Diego Lopez Rodríguez naik pangkat dari tim junior ke tim senior Real Madrid untuk menggantikan posisi Cesar Sanchez yang hengkang. 

Diego Lopez tampil 2 kali di Liga Spanyol, 3 kali di Copa Del Rey, serta sekali bermain di Liga Champions. Sedangkan Casillas tampil sebanyak 48 kali pada musim ini.

MUSIM 2006-2007

Casillas tak pernah absen dalam 38 pertandingan Liga Spanyol pada musim ini, dan hanya sekali absen dalam 8 pertandingan Real Madrid di Liga Champions. 

Diego Lopez hanya mendapatkan sekali kesempatan tampil di Liga Champions, dan 4 kali tampil di Copa Del Rey. Semusim kemudian Diego Lopez pindah ke Villarreal. 

MUSIM 2007-2008

Real Madrid merekrut Jerzy Dudek dari Liverpool untuk menggantikan Diego Lopez. 

Jerzy Dudek merupakan pahlawan Liverpool saat menjuarai Liga Champions musim 2005-05. Sementara itu Jordi Codina naik pangkat dari tim junior Real Madrid.

Jerzy Dudek/ sumber: images99.com
Jerzy Dudek/ sumber: images99.com
Pada musim ini Casillas tampil 46 kali, yang membuat Dudek hanya sempat tampil dalam satu pertandingan di Liga Spanyol, dan 4 kali bermain di Copa Del Rey. Sedangkan Jordi Codina hanya sekali bermain di Liga Spanyol

MUSIM 2008-2009

Saint Iker selalu tampil di Liga Spanyol pada musim ini, 7 kali tampil di Liga Champions, dan 2 kali bermain di Piala Super Spanyol. 

Jumlah penampilan Jerzy Dudek semakin minim. Dudek hanya tampil 2 kali di Copa Del Rey, dan sekali bermain di Liga Champions. 

Sedangkan Jordi Codina sama sekali tak bermain, dan kemudian pindah ke Getafe.

MUSIM 2009-2010

Iker Casillas kembali tampil penuh dalam semua pertandingan di Liga Spanyol. 

Casillas juga selalu tampil dalam 8 pertandingan Real Madrid di Liga Champions. Jerzy Dudek hanya tampil dalam 2 pertandingan di Copa Del Rey. 

Antonio Adan yang naik pangkat dari tim junior Real Madrid, sama sekali tak mendapatkan kesempatan bermain.

MUSIM 2010-2011

Jerzy Dudek menjalani musim terakhir sebelum pensiun. Dudek hanya mendapatkan kesempatan sekali tampil di Liga Spanyol, dan sekali tampil di Liga Champions. 

Antonio Adan mendapatkan kesempatan tampil 3 kali di Liga Spanyol, sekali di Liga Champions, dan sekali di Copa Del Rey.

Antonio Adan/ sumber: talksport.com
Antonio Adan/ sumber: talksport.com
Dua kiper muda Real Madrid, Tomas Mejias Osorio dan Jesus Fernandez Collado, masing-masing mendapatkan kesempatan satu kali tampil di Liga Spanyol. 

Sementara itu Casillas tampil dalam 54 pertandingan sepanjang musim ini.

MUSIM 2011-2012

Casillas tampil dalam 53 pertandingan di empat kompetisi berbeda pada musim ini.

Antonio Adan hanya tampil sekali di Liga Spanyol, dua kali tampil di Liga Champions, dan dua kali main di Copa Del Rey. 

Kiper muda Fernando Pachecho Flores diberikan kesempatan tampil sekali di Copa Del Rey. Sedangkan Jesus Fernandez sama sekali tak pernah main pada musim ini.

MUSIM 2012-2013

Pada musim ini posisi Casillas sebagai penjaga gawang utama Real Madrid mulai goyah, karena pelatih Jose Mourinho mulai sering mencadangkannya. Casillas hanya tampil dalam 29 pertandingan pada musim ini.

Diego Lopez yang kembali bergabung bersama Real Madrid setelah dibeli dari Sevilla, tampil sebanyak 16 kali di Liga Spanyol, 6 kali main di Liga Champions, dan 3 kali tampil di Copa Del Rey. 

Diego Lopez/ sumber: sportsmole.co.uk
Diego Lopez/ sumber: sportsmole.co.uk

Antonio Adan yang menjalani musim terakhirnya bersama Real Madrid, mendapatkan kesempatan tampil 3 kali di Liga Spanyol, 4 kali main di Copa Del Rey, dan sekali tanding di Liga Champions. Jesus Fernandez tampil sekali di Liga Spanyol.

MUSIM 2013-2014

Musim ini musim yang sulit buat Casillas selama berkarir bersama Real Madrid. 

Pelatih Carlo Ancelotti memutuskan untuk mempercayai Diego Lopez sebagai kiper utama di Liga Spanyol. Diego Lopez tampil 36 kali di Liga Spanyol, dan sekali tampil di Liga Champions.

Sedangkan Casillas jadi kiper utama pada ajang Liga Champions dan Copa Del Rey.

Tuah Casillas terasa setelah Real Madrid sukses menjadi juara Liga Champions dan Copa Del Rey, walau gagal juara di Liga Spanyol.

Casillas tampil 13 kali di Liga Champions, 9 kali di Copa Del Rey, dan hanya dua kali di Liga Spanyol pada musim ini.

Sementara itu, Jesus Fernandez sama sekali tak main sepanjang musim.

MUSIM 2014-2015

Iker Casillas mendapatkan tempatnya kembali sebagai kiper utama Real Madrid. Casillas tampil dalam 47 pertandingan di berbagai kompetisi.

Keylor Navas yang baru dibeli dari Levante sebagai pengganti Diego Lopez yang pindah ke AC Milan, tampil sebanyak 6 kali di Liga Spanyol, dua kali main di Liga Champions, dan tiga kali tampil di Copa Del Rey. 

Fernando Pachecho mendapatkan kesempatan bertanding sekali di Copa Del Rey.

Keylor Navas/ sumber: skysports.com)
Keylor Navas/ sumber: skysports.com)

------------------------------------------------------------------

Deputi Iker Casillas di Real Madrid:

  • Bodo Illgner; Albano Bizzarri; Cesar Sanchez Dominguez; Carlos Sanchez Garcia; Diego Lopez Rodríguez; Jerzy Dudek; Jordi Codina; Antonio Adan; Tomas Mejias Osorio; Jesus Fernandez Collado; Fernando Pachecho Flores; Keylor Navas

(statistik: bdfutbol.com)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun