Mohon tunggu...
Cerita_Esa
Cerita_Esa Mohon Tunggu... Guru - Menulis dan membaca tidak membuatmu kaya sekejap, tapi yakini dapat membuat hidupmu beradap

@Cerita_esa karena setiap jengkal adalah langkah, dan setiap langkah memiliki sejarah, maka ceritakanlah selama itu memberi manfaat.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Asesmen Akhir Semester 1, Bahasa Indonesia Kelas 7

2 Desember 2024   08:02 Diperbarui: 2 Desember 2024   08:31 19
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bacalah teks berikut untuk mengerjakan soal nomor 1-4!

Kunyit

(1) Kunyit adalah salah satu tanaman herbal yang mudah ditemui. (2) Kunyit dimanfaatkan masyarakat Indonesia sebagai bumbu dapur maupun obat-obatan, (3) Kunyit memiliki nama latin Curcuma Longa.

Tinggi batang kunyit mencapai 40-100 cm. Memiliki daun berwarna hijau pucat dengan panjang 20-40 cm dan lebar 8 cm. Daun kunyit mempunyai struktur yang mirip dengan sirip ikan. Satu batang tumbuhan kunyit menghasilkan 3 sampai 8 helai daun.

Bunga kunyit berwarna putih atau kuning muda dengan bentuk kerucut. Bagian utama tanaman ini terletak pada rimpang yang merupakan tempat tumbuhnya tunas. Rimpang dilapisi kulit berwarna kecoklatan dan bagian dalamnya berwarna kuning tua, kuning jingga, atau kuning jingga kemerahan sampai kecoklatan.

Kunyit mempunyai manfaat sebagai antioksidan, anti inflamasi, obat malaria, obat sakit perut, hingga mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Kamu bisa menanam tanaman ini di rumah dengan memecah rimpang menjadi tunas-tunas kecil.

1.Teks tersebut menginformasikan secara rinci tentang kunyit. Suatu teks yang menggambarkan sebenarnya secara rinci terhadap objek disebut teks....

A.narasi

B.eksposisi

C.eksplanasi

D.deskripsi

2.Perhatikan penulisan tanda akhir kalimat dan huruf kapital pada paragraf pertama. Penulisan tanda baca akhir kalimat dan huruf kapital yang salah ditunjukkan pada nomor ....

A.(1)

B.(2)

C.(3)

D.(1) dan (2)

3.Topik yang dibahas pada paragraf keempat teks deskripsi yang berjudul "Kunyit" adalah ....

A.dampat konsumsi kunyit

B.manfaat mengonsumsi kunyit

C.pengertian kunyit

D.bentuk dan ukuran kunyit

4.Kunyit memiliki bahasa latin yang berbeda penyebutannya seperti yang kita gunakan sehari-hari. Setelah membaca teks tersebut, bahasa latin dari kunyit yaitu ....

A.Curcuma Longa

B.Alpinia Galangal

C.Cymbopogon Citratus

D.Antioksidan

5.Perhatikan kalimat-kalimat berikut!

1) Bukit hijau menjadi latar pantai.

2) Debur ombak pantai terddengar berirama.

3) Udara di pinggir pantai terasa segar.

4) Gelombang air dengan buih-buih kecil.

5) Pantai panjang dengan pasir putih.

Kalimat yang digambarkan dengan indra penglihatan ditunjukkan nomor ....

A.1), 4), dan 5)

B.2), 3), dan 4)

C.1), 2), dan 5)

D.1), 2), dan 4)

6.Hal pertama yang harus dilakukan saat menyusun teks deskripsi, yaitu ....

A.menentukan alat dan bahan

B.menentukan objek penulisan

C.mencari bahan penulisan

D.membuat kerangka kesimpulan

Perhatikan teks berikut untuk mengerjakan soal nomor 7-11!

(1)

Orang menganyam sambil duduk

Kalau sudah bawa ke balai

Melihat ayam memakai tanduk

Datang musang meminta berdamai(2)

Orang kaya jangan suka menghina

Karena kaya miskin sama saja

Tiada manusia yang hina

Karena hidup itu layaknya roda

(3)

Jikalau engkau belajar kitab

Maka haruslah taati adab(4)

Kita terlalu bermaksiat

Sampai lupa membaca sholawat

Carilah ilmu yang bermanfaat

Maka hidupmu akan selamat

(5)

Jika belajar besungguh-sungguh

Keberhasilan akan kau rengkuh(6)

Pergi ke laut membawa jala

Pulangnya membawa kura-kura

Meski hidup banyak kendala

Janganlah kamu mudah putus asa

7.Sesuai ciri-cirinya terdiri dari 8-12 suku kata dan pola rimanya a-b-a-b, jenisnya pantun ditunjukkan pada nomor ....

A.(1) dan (2)

B.(2) dan (3)

C.(4) dan (6)

D.(5) dan (6)

8.Terdiri dari 8-14 suku kata, larik pertama merupakan syarat, larik kedua merupakan jawaban, pola rimanya a-a, isinya bertopik agama. Jika melihat dari ciri-ciri tersebut maka sesuai dengan puisi rakyat nomor ....

A.(6)

B.(5)

C.(4)

D.(3)

9.Makna dari baris isi puisi rakyat nomor 1 adalah ....

A.perkelahian ayam dan musang

B.orang bekerja membuat nayaman

C.orang menganyam diganggu musang dan ayam

D.saling memaafkan, jangan menunggu orang marah

10.Bacalah puisi rakyat nomor 2. Puisi rakyat nomor 2 memiliki pola rima a-a-a-a dan semua barisnya merupakan isi, hal ini sesuai dengan ciri puisi rakyat ....

A.pantun

B.gurindam

C.syair

D.mantra

11.Jumlah kata dan suku kata pada puisi rakyat nomor 6 yang tepat adalah ....

A.Baris 1 ada 5 kata dan 10 suku kata

Baris 2 ada 4 kata dan 10 suku kata

Baris 3 ada 4 kata dan 10 suku kata

Baris 4 ada 5 kata dan 11 suku kata

B.Baris 1 ada 5 kata dan 10 suku kata

Baris 2 ada 3 kata dan 10 suku kata

Baris 3 ada 4 kata dan 9 suku kata

Baris 4 ada 5 kata dan 11 suku kata

C.Baris 1 ada 6 kata dan 10 suku kata

Baris 2 ada 4 kata dan 10 suku kata

Baris 3 ada 5 kata dan 9 suku kata

Baris 4 ada 6 kata dan 11 suku kata

D.Baris 1 ada 5 kata dan 11 suku kata

Baris 2 ada 3 kata dan 11 suku kata

Baris 3 ada 4 kata dan 10 suku kata

Baris 4 ada 5 kata dan 12 suku kata

12.Baris isi yang tepat untuk melengkapi pantun yang rumpang berikut adalah ....

Ada bebek di sungai

Bebek berenang sudah biasa

..................................

..................................

A.Jangan terlalu banyak bersantai

Sukses tidak akan terasa

B.Jika berenang di sungai

Kamu tidak akan apa-apa

C.Ayo kita kepantai

Jalan-jalan naik onta

D.Masa muda harus bekerja

Jangan sampai kamu lalai

Perhatikan teks prosedur berikut untuk mengerjakan soal nomor 13-17!

13.Tujuan dari teks prosedur tersebut adalah ....

A.untuk mengetahui cara membuat bronies

B.pembaca mengetahui cara membuat kue kering

C.mengenalkan alat dan bahan membuat brownies

D.pembaca mengetahui seberapa lama waktu pembuatan brownies

14.Kalimat yang menunjukkan kalimat imperatif/perintah ditunjukkan pada kalimat ....

A.Brownies rasanya manis dan berwarna cokelat menjadi karakteristik kue ini.

B.Masukkan 2 butir telur dan gula pasir ke dalam wadah.

C.75 gram gula pasir, mentega, dan terigu.

D.Untuk membuat brownies ternyata sangat mudah.

15.Keterangan tempat ditunjukkan pada kalimat ....

A.Siapkan bahan-bahan terlebih dahulu.

B.Brownies rasanya manis dan berwarna cokelat menjadi karakteristik kue ini.

C.Masukkan 2 butir telur dan gula pasir ke dalam wadah.

D.Aduk hingga mengembang.

16.Teks prosedur tersebut termasuk jenis teks prosedur ....

A.penggunaan alat

B.melakukan sesuatu

C.membuat alat

D.membuat sesuatu

17.Informasi yang diberikan dalam teks prosedur tersebut berupa ....

A.gambar

B.gambar dan tulisan

C.pamflet

D.tulisan

18.Perhatikan kutipan teks berikut!

Posisikan telunjuk tangan kanan melipat kea rah dalam. [ ... ], ujung kuku telunjuk tangan kanan menyentuh senar-senar kecapi.

Konjungsi/kata penghubung yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ....

A.bahkan

B.  melainkan

C.  sebaiknya

D.selanjutnya

19.Cermati langkah-langkah berikut!

Pertama-tama, gunting kardus sesuai ukuran dan bentuk yang diinginkan. Dalam contoh ini, tas dibuat berbentuk persegi panjang.

Petunjuk tersebut merupakan langkah-langkah membuat ....

A.kerajinan kotak dari kardus

B.  kreasi dari kardus

C.  kerajinan tas dari kardus

D.kerajinan kardus

20.Perhatikan kutipan teks prosedur berikut!

1) Panaskan malam/lilin di wadah dengan api kecil hingga mencair. 2) Jangan menggunakan api yang besar untuk menjaga kestabilan suhu kompor. 3) Ambil malam mengunakan canting. 4) Lukislah kain putih dengan canting tersebut sesuai pola yang terdapat pada kain.

Kalimat larangan dalam kutipan teks prosedur tersebut ditunjukkan oleh nomor ....

A.1)

B.2)

C.3)

D.4)

Uraian

21.Buatlah paragraf deskripsi berkaitan tentang objek sekolah. Buatlah dalam bentuk paragraf minimal 10 kalimat dan diberi judul sesuai dengan topik yang kamu tuliskan. Tulislah sesuai dengan ejaan dan tanda baca yang benar!

22.Tentukan imbuhan dan kata dasar dari kosa kata berikut!

KataPrefiks (awalan)Kata DasarSufiks (akhiran)

a.Mewariskan

b. Pendidikan

23.Buatlah 1 gurindam bertema keluarga! Dengan ketentuan terdiri dari 2 baris, berima a-a, satu baris terdiri dari 8-14 suku kata!

24.Lengkapilah pantun yang masih rumpang berikut!

Jalan-jalan ke kota Blitar

Jangan lupa beli sukun

...............................

..............................

25.Tuliskan prosedur cuci tangan yang urut yang tepat!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
  15. 15
  16. 16
  17. 17
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun