Ditulis oleh Alvira Avia Rizka, Asma'ul Khusnah, Bramantara Haikal R.
Kamis, 26 September 2024, mahasiswa Pendidian Profesi Guru (PPG) dari Universitas Islam Malang mengadakan gallery walk mengenai pendidikan berkualitas di Indonesia untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Gols/SDGs). Gallery walk ini diadakan dengan tujuan untuk menampilkan poster yang telah dibuat oleh Mahasiswa, serta untuk meningkatkan pengetahuan dan awareness mengenai pentingnya pendidian berkualitas dalam mendukung pencapaian SDGs yang berfokus pada memastikan pendidikan yang setara dan berkualitas, serta mendorong kesempatan belajar sepanjang hayat bagi semua.
Setiap karya yang dipamerkan merupakan representasi dari pemikiran kritis dan komitmen mahasiswa terhadap pendidikan yang berkualitas. Berikut merupakan salah satu hasil karya dari mahasiswa.
Salah satu tema yang diangkat adalah Functinal Literacy and Numeracy. Karya poster dari kelompok 6 menampilkan isu untuk meningkatkan literasi dan numerasi fungsional. Poster diatas menampilkan pengertian literasi dan numerasi fungsional, sektor yang perlu ditingkatkan, beserta langkah-langkah yang harus dilakukan untuk meningkatkan fungsional literasi dan numerasi. Infografis ini berhasil menarik atensi pengunjung dan menyadarkan akan pentingnya pendidikan yang berkualitas untuk meningkatkan fungsional literasi dan numerasi.
Pendidikan berkualitas yang berfokus pada literasi dan numerasi adalah investasi jangka panjang yang penting. Literasi dan numerasi sendiri meurpakan keterampilan dasar (Foundational Skill) yang harus dimiliki oleh peserta didik. Dengan menguasai keterampilan ini, peserta didik tidak hanya mampu meraih prestasi dalam bidang akademik yang lebih baik, tetapi keterampilan ini juga merupakan bekal untuk berkontribusi dalam kehidupan bermasyarakat dan pembangunannya.
Dalam kesempatan ini, Asma'ul Khusnah (mahasiswa) menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan gallery walk ini adalah untuk meningkatkan kesadaran calon guru akan pentinga pendidikan berkualitas. "Pendidikan yang berkualitas menjadi tanggung jawab bagi pemerintah, warga sekolah, peserta didik, masyarakat, dan orang tua sebagai bentuk komitmen bersama untuk membangun generasi bangsa yang lebih baik agar dapat bersaing dengan negara lain dalam bidang literasi dan numerasi," ujarnya.
Terkait dengan menigkatkan fungsional literasi dan numerasi di Indonesia, terdapat rilis terbaru (2022), skor PISA Indonesia dalam kemampuan literasi adalah 366 dengan rata-rata skor negara OECD yaitu 476 sedangkan skor kemampuan matematika adalah 359 dengan rata-rata skor negara OECD Â yaitu 472. Skor PISA tersebut menunjukkan bahwa kemampuan siswa Indonesia dalam literasi dan matematika masih dibawah rata-rata. Berdasarkan data dan informasi yang kami peroleh, di beberapa wilayah di Indonesia juga masih ada siswa SMP yang belum bisa membaca atau kesulitan memahami bacaan. Belum lagi, masih ada juga siswa SMA yang kesulitan mengerjakan soal kelas 5 SD. Sementara itu, pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dalam bidang pendidikan, kemampuan literasi dan matematika menjadi salah satu indikator ketercapaian targetnya. Lantas adakah cara untuk meningkatkan kualitas pendidikan kita? Dari karya posterdi atas, Â terdapat sektor untuk meningkatkan fungsional literasi dan numerasi siswa di Indonesia dan langkah-langkah yang harus dilakukan.