Mohon tunggu...
Celestine Patterson
Celestine Patterson Mohon Tunggu... Hoteliers - Hotelier: Hotel Management

🍎Hotelier's Story : Pernak-Pernik Dunia Hospitality (Galuh Patria, 2021). Warna-Warni Berkarir Di Dunia Hospitality (Galuh Patria, 2022). Serba-Serbi Dunia Perhotelan by CL Patterson dkk (Galuh Patria, 2023). Admin of Hotelier Writers Community (9 June 2023 - present)

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Saran bagi Hotelier Terkait Komplain Tamu

25 Maret 2023   12:40 Diperbarui: 25 Maret 2023   15:13 1848
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ada saja yang dikeluhkan tamu hotel. Jangan dilihat siapa pengeluhnya, tapi menyelesaikan masalah adalah tindakan bijak (photo by pixabay gratis)

"Dik, tadi siang saya minta bantal diganti. Sampai saya kembali, belum juga diganti. Gimana nih hotel?" pinta Bu Rena, ketus.

"Kamar nomor berapa Bu?" tanya resepsionis

"208, segera ya. Dari tadi saya tunggu, gak muncul juga!" ia melengos sambil menggendong si kecil.

Bu Rena baru saja check-in. Bantal di kamarnya bau apek. Merasa tak nyaman, ia menelpon petugas hotel agar diganti.

Dari jauh beberapa resepsionis sibuk melayani antrian tamu. Sore itu pukul 16:18, tamu yang check-in masih antri. Mungkin berharap, check-in sore hari, kamar sudah siap. Ternyata...

Dering telpon di resepsion nyaring terdengar. Suasana bertambah hiruk pikuk, baru saja kedatangan rombongan turis dari Thailand.

Belum tuntas masalah bantal apek, muncul Mr. Roger. Pria setengah baya dari Australia ini menginap 5 malam, diutus dari perusahaannya. Ia check-in jam 15:00. Selang tak berapa lama, ia kembali ke lobi.

Ada saja yang dikeluhkan tamu hotel. Jangan dilihat siapa pengeluhnya, tapi menyelesaikan masalah adalah tindakan bijak (photo by pixabay gratis)
Ada saja yang dikeluhkan tamu hotel. Jangan dilihat siapa pengeluhnya, tapi menyelesaikan masalah adalah tindakan bijak (photo by pixabay gratis)

"Miss, can you change it right now?" sambil menunjukkan foto tirai pembatas di kamar mandi yang bernoda hitam.

Saya membaca isi hatinya, wah gimana nih perusahaanku kok kasih hotel kayak gini?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun