Mengikuti tren adalah upaya mengikuti perkembangan jaman supaya menyesuaikan gaya hidup kekinian. Kebanyakan orang mengikuti trend namun tidak sedikit dari mereka tetap mencari gayanya sendiri, menurut kehendak pribadi masing-masing.
Pergantian tahun pasti diikuti perubahan tren. Dalam bidang pemasaran ada pula disebut marketing trend yaitu cara menjual kita, mengikuti perubahan pasar kekinian. Keadaan pasar dinamis menunjukan masyarakatnya bergairah.
Perubahan dari masa ke masa menonjolkan kemajuan suatu area, wilayah, kota, negri. Contohnya ketika model fesyen tahun 70-an kakak saya sering memakai model celana panjang cutbray. Jaman now remaja milenial tahu model cutbray melalui internet.
Ada pula celana model baggy, meski model sudah terbilang kuno, masih banyak pria, wanita memakainya hingga sekarang. Fesyen model klasik kita menyebutnya, tak lekang oleh waktu.
Ketika Princess Diana tampil dengan potongan rambut pendek, serempak remaja wanita termasuk saya meniru model rambut istri Pangeran Charles di tahun 1981-an.
Di sampul buku tulis, tempat pensil, tas sekolah, dompet penuh gambar sang Princess. Meniru gaya selebritis menjadi kesenangan tersendiri.
Mari kita lihat sesuatu yang ngetren seiringnya waktu menurut analisa saya ya, (jika salah mohon dimaafkan, hehe)
Tahun 70-an: konon fesyen yang ngetren seperti celana cutbray, celana kulot, rok panjang A line, baju cinderela, polkadot, rok rempel. Koleksi: perangko
Tahun 80-an: celana baggy, rok sepan panjang, rambut pendek model Lady Di. rok mini, jaket kulit, legging, atasan longgar. Koleksi: peranko, kartu pos, kaset, sepatu Puma, Nike