Mohon tunggu...
Celestine Patterson
Celestine Patterson Mohon Tunggu... Hoteliers - Hotelier: Hotel Management

🍎Hotelier's Story : Pernak-Pernik Dunia Hospitality (Galuh Patria, 2021). Warna-Warni Berkarir Di Dunia Hospitality (Galuh Patria, 2022). Serba-Serbi Dunia Perhotelan by CL Patterson dkk (Galuh Patria, 2023). Admin of Hotelier Writers Community (9 June 2023 - present)

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Tamu Misteri di Hotel

27 Oktober 2020   13:13 Diperbarui: 27 Oktober 2020   13:35 894
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
"Mystery guest", tamu yang tidak diundang namun sebagai penyelamat hotel (photo ilustrasi, sumber IG ndaruRanuhandoko)

Beberapa laman terdahulu, saya pernah menjelaskan tentang keuntungan hotel-hotel yang menginduk pada Management Group HotelTujuan utamanya untuk memuluskan aktivitas bisnis hotel, memenuhi standar hotel berbintang serta  menjaga reputasi hotel.

Kehadiran operator hotel (disebut juga management hospitality), membantu hotel-hotel yang tak ingin menjalankan bisnis sendiri. Walaupun management fee yang dibayarkan hotel tak sedikit namun hasilnya lebih menguntungkan ketimbang riweuh sorangan.

Ditinjau dari sisi marketing, hotel memiliki prestise, apalagi dengan menyandang nama dibawah group hotel besar. Tak dipungkiri lagi seperti Group hotel Marriott, IHG, Hilton dll menjadi kedipan mata pebisnis hotel.

Contoh group hotel lokal seperti Santika Hotel Group, Harris, dalam wadahnya masing-masing  memiliki ciri lokal, mungkin juga mencontoh platform International chains.

Sebab lulusan hotel International chains itu menyebar, sekalipun menclok di hotel kecil. Meniti karir dan berbagi pengetahuan. Tentu saja dengan umpan upah lebih tinggi.

Salah satu kontribusi operator hotel terhadap hotel dibawah 'kuasanya' tersebut, akan selalu  terlibat dalam setiap langkah hotel selama masa kontrak 5 tahun, 10 tahun atau 15 tahun, dsb.

Program dengan menghadirkan 'mystery guest

Suatu hari resepsionis hotel Xyz mengabarkan bahwa seorang tamu, Mr. Patter  bermaksud menemui  General Manager.  Disepakatilah, mereka bertemu di lobby. Mr. Patter, sang tamu mengenalkan diri sebagai  utusan  dari Group hotel Abc. Ya, Management hospitality Abc adalah operator hotel Xyz.

Setelah 15 menit percakapan,  Mr. Patter membawa GM beserta team (departemen head) menuju kamar yang telah ditinggalinya selama 2 malam. Tampak kamar tidak tertata rapi layaknya kamar hotel. Bed sheet telah terlepas, Mini Bar bergeser dari tempatnya. Berantakan.

Dengan gaya professional bersuara lantang, ia menjelaskan setiap bagian di kamar itu. Di bawah tepat letak mini bar, serpihan debu. Tempat tidur bernoda hitam sebesar telapak tangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun