Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka untuk pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Bertema " Aku Sayang Bumi" Â dilaksanakan pada tanggal 8-9 Juli 2024 di Desa Bulak, Kecamatan Jatibarang, Provinsi Jawa Barat. Kegiatan ini merupakan bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen PGPAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta dan diikuti oleh Satuan PAUD di Kecamatan Jatibarang.
Dosen pelaksana kegiatan ini Ibu Catur Wulandari, M.Pd dan juga anggota Ibu Rahmah Novianti, M.Pd memberikan materi di hadapan para pendidik dengan dibantu oleh tim Fasilitator mahasiswa sejumlah 6 orang yaitu Dalilah Tussalma, Ashilah Fathiyyah, Mozza Aulia Mirella, Wella Mayangsari, Mimosa Aurelya, Shinta Oktavia yang merupakan mahasiswa Program Studi PGPAUD UNJ angkatan 2021.
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini turut dihadiri oleh KUWU Desa Bulak Bapak Suradi Budiyanto serta Dosen PGPAUD lainnya seperti Koordinator Program Studi S1 PGPAUD Ibu Dr. Phil. Sri Indah Pujiastuti, M.Pd, Koordinator S2 PAUD Ibu Dr. Sri Wulan, M.Si serta Dosen PGPAUD lainya seperti Ibu Dr. Nurbiana Dhieni, M.Psi, Dra. Winda Gunarti, M.Pd dan Ibu Niken Pratiwi, M.Pd.Â
Rangkaian kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini diawali dengan kegiatan pembukaan dan sambutan dari Koordinator Program Studi PGPAUD yang menyampaikan ucapan terima kasih sudah menerima Dosen PGPAUD untuk melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, selanjutnya kegiatan dibuka secara resmi oleh KUWU Desa Bulak. Peserta sebanyak 38 orang yang merupakan pendidik dari 20 TK dan SPS se- Kecamatan Jatibarang.Â
Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka untuk pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Bertema " Aku Sayang Bumi" Â bertujuan untuk peningkatan kapasitas kompetensi pendidik PAUD di Kecamatan Jatibarang dalam menerapkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau yang sering di sebut sebagai P5 di Satuan Pendidikan. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan Pembelajaran kolaboratif lintas disiplin ilmu dalam mengamati, mengeksplorasi, dan/atau merumuskan solusi terhadap isu atau permasalahan nyata yang relevan bagi Peserta Didik.Â
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan upaya khusus agar karakter Pancasila sudah dibangun sejak dini melalui kegiatan yang dirancang dalam konteks tradisi perayaan lokal, keagamaan, hari besar nasional dan internasional.Â
Pendidik PAUD se- Kecamatan Jatibarang mendapatkan materi untuk lebih memahami tentang dimensi P5, pentingnya penerapan P5 di satuan pendidikan, prinsip-prinsip P5, miskonsepsi P5, penerapan P5 melalui berbagai metode, alur perencanaan P5, tema dan matriks tema kegiatan P5, serta bagaimana skema tahapan dalam pembelajaran proyek.
Dosen dan juga Mahasiswa sebagai Fasilitator secara khusus memberikan materi mengenai Implementasi P5 dengan Tema "Aku Sayang Bumi". Tema "Aku Sayang Bumi" merupakan konsep yang mengangkat kesadaran tentang pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan.Â
Tema ini biasanya digunakan untuk mengedukasi dan mengajak masyarakat agar lebih peduli terhadap bumi melalui tindakan yang ramah lingkungan. Tema "Aku Sayang Bumi" bertujuan untuk mengenalkan anak pada perubahan iklim global serta bagaimana mencari solusi kreatif yang bisa dilakukan oleh anak. Pendidik dapat menyelenggarakan projek-projek kecil agar anak dapat bersyukur atas karunia lingkungan alam sekitar.Â
Melalui projek-projek ini juga diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran anak untuk bersikap dan berperilaku ramah lingkungan. Tim Fasilitator juga menyampaikan kepada peserta bagaimana contoh pemetaan Tema "Aku Sayang Bumi" yang kemudian diturunkan menjadi sub tema, sub-sub tema dan juga topik.
Sesudah dosen dan tim fasilitator menyampaikan materi, workshop pendidik dilakukan dengan membuat pengembangan kegiatan proyek bertema "Aku Sayang Bumi" dan juga bagaimana skema tahapan pembelajaran proyek dilakukan. Pendidik secara berkelompok membuat susunan kerja dan mempresentasikan hasil kerja kelompok di hadapan pendidik lain. Sesudah pendidik mempresentasikan hasil kerjanya, dosen memberikan review hasil workshop dan recalling materi.Â
Kegiatan diakhiri dengan penutupan dan pemberikan bukti cinta terhadap satuan pendidik yang ikut serta berkontribusi aktif dalam kegiatan. Pendidik juga memberikan kesan, pesan serta ucapan terima kasih bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mereka untuk meningkatkan kompetensi dan penguatan P5 serta implementasinya di satuan pendidikan masing - masing.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H