Di artikel sebelumnya, ada pembahasan mengenai perencanaan tentang persiapan kendaraan pribadi untuk mudik. Skala perbaikan dan tentu saja bujet menjadi pertimbangan penting.
Dengan persiapan yang lebih prima dan waktu yang masih ada, sisi kenyamanan dan keamanan jadi prioritas utama tanpa harus bikin kantong berdarah darah gara gara salah persiapan. Â . Lumayan kan sisa bujet untuk beramal lebih banyak, beli aksesoris tambahan untuk kendaraan atau bahkan jajan kulineran di tempat tujuan mudik?
Kali ini kita  akan coba  untuk menempatkan skala prioritas perbaikan yang diperlukan dengan pertimbangan bujet dan tingkat kesulitan  yang di mulai dengan nilai yang terendah terlebih dahulu. Dengan bekal peralatan yang tidak terlalu banyak, bisa dilakukan sendiri yang bisa menghemat uang sekaligus kegiatan mengisi waktu ngabuburit yang bisa  bermanfaat. Lumayan kan?
Cekidot.
1. Rotasi Ban : Kapan terakhir kali anda merotasi posisi ban di kendaraan anda?
- Apabila kebetulan ban masih bagus, maka rotasi ban adalah yang harus dilakukan untuk menjaga dan memelihara supaya tingkat keausan masing masing ban pada empat roda bisa sama.
- Rotasi ban adalah memutar posisi /rotasi ban dari kiri ke kanan, depan ke belakang dan sebaliknya    ( lihat ilustrasi)
- Berbekal dengan dua buah dongkrak atau pun satu dongkrak dan jack stand, anda dapat melakukan sendiri hal ini dirumah.
- Catatan : Check juga tingkat ketebalan ban dengan menggunakan koin yang diselipkan pada alur/groove ban.
- Apabila ada bujet lebih, maka anda dapat kembali melakukan spooring pada roda depan atau balancing ulang. Apabila menemukan ban yang 'benjol'? Mau gak mau harus diganti.
- Saat melakukan rotasi posisi ban, tidak ada salahnya untuk sekalian melakukan cek pada kaki kaki. Problem 'bunyi bunyian' aneh bisa dirasakan pada saat posisi ban terdongkrak.Apabila ada keluhan maka saatnya untuk menuju bengkel spesialis kaki kaki untuk skala prioritas kemudian.
Ilustrasi cara melakukan rotasi ban, lengkap dengan ban serep yang sebaiknya pun dirotasi. Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â sumber: toyota surabaya
2. Check Aki : Sumber listrik terpenting didalam kendaraan kita
- Kapan terakhir kali anda ganti aki  ? Aki mobil merupakan sumber daya. Banyak piranti di mobil yang sangat tergantung pada performanya, terutama pada jenis kendaraan sekarang dimana bahkan power steering pun tergantung pada sebentuk barang bernama aki mobil ini, tentu selain lampu dan yang lainnya.
- Sayangnya kualitas aki sekarang tidak lagi sebaik dahulu, sehingga rata rata umur aki dengan asumsi penggunaan normal hanya berkisar antara 12 bulan sampai dengan 18 bulan saja.
- Pada umumnya saat kita membeli aki baru depo penjualan resmi akan memberikan tempelan stiker yang menjelaskan kapan aki tersebut mulai dipergunakan.
- Check level air aki didalamnya dan juga piranti pendukung pengisian seperti alternator. Â Anda bisa melakukannya sendiri berbekal dengan multi tester atau minta bantuan depo untuk melakukan pemeriksaan secara gratis.
- Bersihkan terminal terminal aki di kutub positif dan negatifnya.
- Catatan : apabila ternyata kondisi  aki masih bagus namun seringkali ditemukan kasus bahwa mobil sulit menyala ataupun pengisian kurang bagus, maka indikasi berikutnya adalah alternator. Apabila ini yang terjadi, maka segera lakukan penggantian alternator.  Harga alternator eks singapura lebih miring ketimbang part orisinal, dengan daya tahan yang cukup baik juga.
- Ada baiknya untuk menambahkan alat yang memantau pengisian aki ( voltmeter) yang sekarang ini banyak di jual di toko aksesoris dengan harga terjangkau. Hal ini berguna untuk pemeliharaan aki dan menghindari dari bahaya mobil mogok akibat aki yang drop secara 'tiba tiba'.
3. Penggantian Karet Wiper : Jarak Pandang adalah keselamatan.
- Karet wiper bertujuan untuk menyapu kotoran , air yang membantu kita untuk bisa melihat dengan lebih baik saat mengemudikan kendaraan. Bahan dasarnya yang karet pun memberikan satu kata kunci : bahwa umur pemakaian akibat getas pun ada disana. Â Saat karet tersebut sudah menjadi keras karena kelamaan tidak diganti, saat kaca depan /windscreen kotor akibat kotoran, lumpur atau bahkan curah hujan yang deras maka pandangan kita akan terganggu
- Yang lebih parah lagi malah mengakibatkan baret di kaca depan, baik baret halus maupun yang relatif mengganggu pandangan atau bahkan berbahaya karena ancaman kaca yang retak.
- Ada beberapa jenis karet wiper dewasa ini : ukuran/tipe standar manufactur, frameless ( karena tidak menggunakan rangka besi pada umumnya terdapat di wiper konvensional) ataupun yang terbuat dari full silikon dengan bahan ekstra lentur dengan sapuan yang lebih lembut.
- Pilih sesuai ukuran  dan juga bujet yang tersedia. Bisa lebih murah apabila hanya menggunakan isi refill karet saja dan hanya berbekal ketrampilan sederhana untuk membuka wiper yang lama dan klem kembali karet wiper yang baru pada posisi semula.
- Harga termurah dipasaran adalah Rp. 15.000 untuk karet wiper silikon buatan cina per pcs, medium untuk refill di harga antara Rp. 50-85.000 yang bisa dipergunakan untuk dua penggantian karet ataupun yang model langsung pasang dengan kualitas karet yang bagus untuk iklim tropis seperti di Indonesia sendiri. Hindari terganggunya pandangan ataupun kaca depan baret yang nantinya bikin bengkak bujet kita dikemudian hari.
- Catatan : Apabila ternyata sudah ditemukan baret baret halus pada kaca depan mobil ataupun jamur kaca, maka salon mobil yang spesialis menghilangkan baret atau jamur pada kaca depan bisa menjadi satu pilihan alternatif yang sedikit murah ketimbang penggantian kaca depan. Sisi resiko minimalnya adalah terkikisnya lapisan pada kaca depan yang akhirnya menjadi sedikit mengganggu saat ada cahaya yang datang dari depan karena tingkat peredaman spektrum yang berkurang.
- Saat melakukan ini, sekalian periksadan bersihkan nozzle penyemprot cairan pembersih kaca dan juga isi kembali cairan khusus pembersih kaca mobil di tabung yang tersedia. Jangan pergunakan sabun atau shampoo biasa karena akan menimbulkan kerak ataupun jamur kaca pada penggunaan yang terlalu sering.
4. Penggantian Fan Belt : Usia pemakaian, pengaruh bahan, suhu mesin dan cuaca menjadi satu penentu.
- Untuk jenis kendaraan 'normal', fan belt termasuk suku cadang fast moving yang relatif murah harganya. Dengan bujet berkisar antara 25 ribu rupiah sampai dengan maksimal 100 ribu anda sudah bisa melakukan penggantian fan belt.
- Saat sudah terlalu sering mendengar bunyi berdecit akibat karet fan belt yang selip? Maka lakukan penggantian. Untuk perjalanan mudik yang panjang pun sangat dianjurkan untuk menggantinya  karena barang sepele ini bisa mengakibatkan mogok dan ketidaknyamanan.
- Perhatikan baik baik ukuran panjang  yang ada, yang biasanya dicantumkan pada posisi dalam fan belt tersebut.  Ganti dengan ukuran sesuai , dan apabila ada bujet sedikit lagi sekalian dengan mengganti belt A/C .
5. Tune Up Ringan Sendiri : Sedikit menantang, namun juga membantu mengenali kendaraan lebih baik.
- Tune up meliputi penggantian/ pembersihan busi, pembersihan sistem bahan bakar injeksi ataupun karburator dari kerak karbon ,  pembersihan filter udara maupun juga mengatur setelan perbandingan rasio bahan bakar dan udara ( air - fuel ratio) pada mesin  karburator dan celah klep. Terdengar sedikit rumit namun sebetulnya mudah untuk dilakukan.
- Dimulai dengan kebersihan busi dan sistem bahan bakar baik injeksi maupun karburator dengan menggunakan cairan semprot carbon clean yang bisa dibeli di toko onderdil otomotif, oli maupun hardware shop terdekat. Â Kerak karbon yang menumpuk akibat penggunaan bahan bakar yang kualitasnya kurang baik ( biasanya pada bbm bersubsidi) bisa dikikis dengan mudah menggunakan cairan carbon cleaner tersebut yang hampir mirip dengan cairan semprot kliner karburator ataupun injeksi, namun dengan daya yang lebih mumpuni sehingga karbon pun rontok dan performa mesin menjadi lebih baik.
- Pada mesin injeksi, penyetelan ulang tidak diperlukan karena kalibrasi dilakukan secara digital. Pada mesin berjantung karburator? Disini letak kesenangannya ! Akan kita bahas lebih lanjut pada artikel yang lainnya. Perhatikan juga kebersihan busi dan juga kebersihan filter udara .
- Sesi tune up ringan membantu kita untuk mengenali mesin lebih jauh lagi. Hal yang berguna ditingkat "survival" apabila kelak ada sedikit gangguan performa kendaraan saat mudik.
- Perbanyak referensi apabila anda ingin melakukannya. Bisa dengan obrolan ringan dengan bengkel langganan, maupun melalui referensi via akses web forum yang sekarang ini mudah dilakukan.
Sebetulnya masih banyak hal lain lagi yang dapat dilakukan untuk persiapan seperti servis radiator dan yang lainnya. Checklist yang lebih lengkap dan menyeluruh akan kita bahas di sesi ngoprek persiapan mudik berikutnya. Kata kunci hanyalah bujet, waktu yang tersedia dan yang jelas kemauan. Sekali lagi, mumpung masih ada waktu, mari kita manfaatkan sebaik baiknya sehingga nanti sesi mudik pun dapat dilakukan dengan aman dan nyaman.
Salam Ngoprek.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H